Autentisitas Bacaan dalam Buku Ajar BIPA “Sahabatku Indonesia” untuk Tingkat BIPA 4

Authors

  • Kristophorus Divinanto Adi Yudono Unika Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i1.44666

Keywords:

Autentisitas, BIPA, Simplifikasi, Teks Bacaan.

Abstract

Autentisitas teks saat ini dipandang sebagai teks dengan tingkat yang lebih rendah atau tinggi. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan autentisitas teks pada buku teks BIPA "Sahabatku Indonesia" untuk BIPA Level 4. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah buku Ajar BIPA Tingkat 4 “Sahabatku Indonesia” yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016. Analisis data kualitatif dilakukan dengan tiga tahap yakni reduksi data, presentasi data, dan penarikan simpulan. Data disajikan dalam bentuk tabel dan grafik untuk memperjelas analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaslian bacaan yang terdapat dalam buku pengajaran BIPA "Sahabatku Indonesia" untuk BIPA Level 4, masuk dalam kategorisasi materi 2 atau materi penyederhanaan karena adanya intervensi guru dalam mengubah atau memodifikasi bacaan. Teks bacaan pada buku ajar didominasi oleh bacaan yang telah mengalami proses simplifikasi. Simplifikasi dilakukan dengan mempertimbangkan capaian dan tujuan pembelajaran BIPA, serta menjadi fenomena yang biasa dilakukan ketika pembelajaran bahasa berada pada tahap permulaan maupun tahap madya atau tahap menengah.

References

Astuti, W., & Bewe, N. (2020). Listening Learning of Indonesian gor Speakers of Other Languages (BIPA) for Academic Purposes. Journal of Education, Teaching, and Learning, 5(2), 401-408.

Bakhshizadeh, Y. (2018). The Effect of Authentic and Simplified Literary Texts on the Reading Comprehension of Iranian Advanced EFL Learners. Iranian Journal of English for Academic Purposes. 7 (2), 32-44.

Bruyckere, P. D. & Paul A. K. (2017). Measuring Teacher Authenticity: Criteria Students Use In Their Perception of Teacher Authenticiy. Cogent Education. 4 (1), 1-18. DOI: https://doi.org/10.1080/2331186X.2017.1354573

Budiana, N. B., Indrowaty, S. A., & Ambarastuti, R. D. (2018). Pengembangan Buku Teks BIPA Berbasis Multikulturalisme bagi Penutur Asing Tingkat Pemula. Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan, 9(2), 108. https://doi.org/10.26594/diglossia.v9i2.1141

Ciornei, S. I., & Tatiana A. D. (2015). Authentic Text in Teaching English. Proceeding The 6th International Conference Edu World 2014 "Education Facing Contemporary World Issues" 7th-9th November 2014. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 180, 274 – 279.

Crossley, A S., Allen, B. David., McNamara, & Danielle S. (2011). Text Readability and Intuitive Simplification: A Comparison of Readability Formulas. Reading in Foreign Language. 23 (1), 84-101. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ926371.pdf

Hariyadi, A. (2018). Authenticity of Narrative Text Models Used in Junior High School Textbooks. Tell Journal. 6 (2), 62-73.

Kreber, C. (2010). Academics’ teacher identities, authenticity and pedagogy. Studies in Higher Education, 35 (2), 171-194. DOI: https://doi.org/10.1080/03075070902953048

Kurniasih, D. & Siti I. (2019). Penerapan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) "Sahabatku Indonesia" Tingkat Dasar di IAIN Surakarta. JBIPA Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, 1 (2), 62-71. DOI: 10.26499/jbipa.v1i2.1793

Kusmiatun, A. (2016). Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K Media.

Melasari., Alan J., & Movi R. R. (2021). A Narrative Inquiry Study on Teaching Reading Using Authentic Materials. English Journal. 13(2), 55-70. DOI: 10.32832/english.v15i2.5534

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Multiastuti, L. (2017). Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing : Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Rahadhiyanti, Dyah A., Zakiyah T., & Siti S. (2016). Using Authentic Reading Materials from Internet to Enhance the Eighth Grade Students` Reading Comprehension. EFL Education, 3(8), 73-84.

Rofiuddin A., Gatut S., Didin W., Sultan S., Helmi M., Pensri P. (2021).Pengembangan Bahan Ajar BIPA Daring Tingkat Pemula Rendah. Ranah, Jurnal Kajian Bahasa, 10(1), 153-169. DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v10i1.3376

Saddhono, K. (2018). Cultural Elements in the Indonesian Textbooks as a Foreign Language (BIPA) in Indonesia. KnE Social Sciences, 3(9), 126. https://doi.org/10.18502/kss.v3i9.2619

Sari, D. E., & Ansari, K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Bermuatan Budaya Sumatera Utara Berbantuan Media Audio Visual Bagi Tingkat Pemula. Kode: Jurnal Bahasa, 10(1), 138–147.

Sari, R., & Cahyani, D. D. (2020). Pengembangan Buku Ajar Bipa Untuk Tingkat Pemula Berbasis Kebutuhan Pemelajar. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(1), 448-455. https://doi.org/10.31002/ijel.v4i1.3398

Strobel, J., Wang, J., Weber, N. R., & Dyehouse, M. (2013). The Role of Authenticity in Design-Based Learning Environments: The Case of Engineering Education. Computers and Education, 64, 143-152. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.11.026

Suyitno, I., Susanto, G., Kamal, M., & Fawzi, A. (2019). The Cultural and Academic Background of BIPA Learners for Developing Indonesian Learning Materials. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 27(2), 173-186.

Syaiful, I., & Edi S. (2019). The Effectiveness of Using Authentic Text in the Teaching Reading Comprehension. ETERNAL (English Teaching Learning and Research Journal). 4(2), 181-199. DOI: http://dx.doi.org/10.24252/Eternal.V42.2018.A3

Tanwin, S., & Rosliani, R. (2020). The Development of Indonesian Language Teaching Materials for Beginner Level of Foreign Speakers with Local Content. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(3), 1600-1613. https://doi.org/10.33258/birle.v3i3.1250

Utami, D. A., & Rahmawati, L. E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Pemelejar BIPA Tingkat A1. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(2), 277-294. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4747

Utami, R. (2019). Tingkat Keterbacaan Buku Teks Sahabatku Indonesia Terbitan Badan Bahasa untuk Level B1 Berdasarkan Grafik Fry, SMOG dan Autentisitasnya. Laporan Penelitian: Universitas Sanata Dharma. https://repository.usd.ac.id/35847/2/151224087_full.pdf

Widharyanto, B. (2016). Autentisitas di Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta. https://repository.usd.ac.id/10494/1/3280_Makalah+B.+Widharyanto_Autentisitas+di+dalam+Pembelajaran+Bahasa+Indonesia.pdf

Zhang, X., & Mirella L. (2017). Sentence Simplification with Deep Reinforcement Learning. Proceedings of the 2017 Conference on Empirical Methods in Natural Language Processing. Copenhagen, Denmark, September 7–11, 2017. Association for Computational Linguistics. 584-594.

Downloads

Published

2022-03-20

Issue

Section

Articles