Autentisitas Bacaan dalam Buku Ajar BIPA “Sahabatku Indonesia” untuk Tingkat BIPA 4
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i1.44666Keywords:
Autentisitas, BIPA, Simplifikasi, Teks Bacaan.Abstract
Autentisitas teks saat ini dipandang sebagai teks dengan tingkat yang lebih rendah atau tinggi. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan autentisitas teks pada buku teks BIPA "Sahabatku Indonesia" untuk BIPA Level 4. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah buku Ajar BIPA Tingkat 4 “Sahabatku Indonesia” yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016. Analisis data kualitatif dilakukan dengan tiga tahap yakni reduksi data, presentasi data, dan penarikan simpulan. Data disajikan dalam bentuk tabel dan grafik untuk memperjelas analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaslian bacaan yang terdapat dalam buku pengajaran BIPA "Sahabatku Indonesia" untuk BIPA Level 4, masuk dalam kategorisasi materi 2 atau materi penyederhanaan karena adanya intervensi guru dalam mengubah atau memodifikasi bacaan. Teks bacaan pada buku ajar didominasi oleh bacaan yang telah mengalami proses simplifikasi. Simplifikasi dilakukan dengan mempertimbangkan capaian dan tujuan pembelajaran BIPA, serta menjadi fenomena yang biasa dilakukan ketika pembelajaran bahasa berada pada tahap permulaan maupun tahap madya atau tahap menengah.
References
Astuti, W., & Bewe, N. (2020). Listening Learning of Indonesian gor Speakers of Other Languages (BIPA) for Academic Purposes. Journal of Education, Teaching, and Learning, 5(2), 401-408.
Bakhshizadeh, Y. (2018). The Effect of Authentic and Simplified Literary Texts on the Reading Comprehension of Iranian Advanced EFL Learners. Iranian Journal of English for Academic Purposes. 7 (2), 32-44.
Bruyckere, P. D. & Paul A. K. (2017). Measuring Teacher Authenticity: Criteria Students Use In Their Perception of Teacher Authenticiy. Cogent Education. 4 (1), 1-18. DOI: https://doi.org/10.1080/2331186X.2017.1354573
Budiana, N. B., Indrowaty, S. A., & Ambarastuti, R. D. (2018). Pengembangan Buku Teks BIPA Berbasis Multikulturalisme bagi Penutur Asing Tingkat Pemula. Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan, 9(2), 108. https://doi.org/10.26594/diglossia.v9i2.1141
Ciornei, S. I., & Tatiana A. D. (2015). Authentic Text in Teaching English. Proceeding The 6th International Conference Edu World 2014 "Education Facing Contemporary World Issues" 7th-9th November 2014. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 180, 274 – 279.
Crossley, A S., Allen, B. David., McNamara, & Danielle S. (2011). Text Readability and Intuitive Simplification: A Comparison of Readability Formulas. Reading in Foreign Language. 23 (1), 84-101. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ926371.pdf
Hariyadi, A. (2018). Authenticity of Narrative Text Models Used in Junior High School Textbooks. Tell Journal. 6 (2), 62-73.
Kreber, C. (2010). Academics’ teacher identities, authenticity and pedagogy. Studies in Higher Education, 35 (2), 171-194. DOI: https://doi.org/10.1080/03075070902953048
Kurniasih, D. & Siti I. (2019). Penerapan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) "Sahabatku Indonesia" Tingkat Dasar di IAIN Surakarta. JBIPA Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, 1 (2), 62-71. DOI: 10.26499/jbipa.v1i2.1793
Kusmiatun, A. (2016). Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K Media.
Melasari., Alan J., & Movi R. R. (2021). A Narrative Inquiry Study on Teaching Reading Using Authentic Materials. English Journal. 13(2), 55-70. DOI: 10.32832/english.v15i2.5534
Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Multiastuti, L. (2017). Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing : Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Rahadhiyanti, Dyah A., Zakiyah T., & Siti S. (2016). Using Authentic Reading Materials from Internet to Enhance the Eighth Grade Students` Reading Comprehension. EFL Education, 3(8), 73-84.
Rofiuddin A., Gatut S., Didin W., Sultan S., Helmi M., Pensri P. (2021).Pengembangan Bahan Ajar BIPA Daring Tingkat Pemula Rendah. Ranah, Jurnal Kajian Bahasa, 10(1), 153-169. DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v10i1.3376
Saddhono, K. (2018). Cultural Elements in the Indonesian Textbooks as a Foreign Language (BIPA) in Indonesia. KnE Social Sciences, 3(9), 126. https://doi.org/10.18502/kss.v3i9.2619
Sari, D. E., & Ansari, K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Bermuatan Budaya Sumatera Utara Berbantuan Media Audio Visual Bagi Tingkat Pemula. Kode: Jurnal Bahasa, 10(1), 138–147.
Sari, R., & Cahyani, D. D. (2020). Pengembangan Buku Ajar Bipa Untuk Tingkat Pemula Berbasis Kebutuhan Pemelajar. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(1), 448-455. https://doi.org/10.31002/ijel.v4i1.3398
Strobel, J., Wang, J., Weber, N. R., & Dyehouse, M. (2013). The Role of Authenticity in Design-Based Learning Environments: The Case of Engineering Education. Computers and Education, 64, 143-152. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.11.026
Suyitno, I., Susanto, G., Kamal, M., & Fawzi, A. (2019). The Cultural and Academic Background of BIPA Learners for Developing Indonesian Learning Materials. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 27(2), 173-186.
Syaiful, I., & Edi S. (2019). The Effectiveness of Using Authentic Text in the Teaching Reading Comprehension. ETERNAL (English Teaching Learning and Research Journal). 4(2), 181-199. DOI: http://dx.doi.org/10.24252/Eternal.V42.2018.A3
Tanwin, S., & Rosliani, R. (2020). The Development of Indonesian Language Teaching Materials for Beginner Level of Foreign Speakers with Local Content. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(3), 1600-1613. https://doi.org/10.33258/birle.v3i3.1250
Utami, D. A., & Rahmawati, L. E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Pemelejar BIPA Tingkat A1. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(2), 277-294. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4747
Utami, R. (2019). Tingkat Keterbacaan Buku Teks Sahabatku Indonesia Terbitan Badan Bahasa untuk Level B1 Berdasarkan Grafik Fry, SMOG dan Autentisitasnya. Laporan Penelitian: Universitas Sanata Dharma. https://repository.usd.ac.id/35847/2/151224087_full.pdf
Widharyanto, B. (2016). Autentisitas di Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta. https://repository.usd.ac.id/10494/1/3280_Makalah+B.+Widharyanto_Autentisitas+di+dalam+Pembelajaran+Bahasa+Indonesia.pdf
Zhang, X., & Mirella L. (2017). Sentence Simplification with Deep Reinforcement Learning. Proceedings of the 2017 Conference on Empirical Methods in Natural Language Processing. Copenhagen, Denmark, September 7–11, 2017. Association for Computational Linguistics. 584-594.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)