ANALISIS KUALITAS BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP/MTS KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i3.57216Keywords:
BSNP, kualitas buku teks, kurikulum 2013Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas buku teks bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dari aspek isi, penyajian materi, dan kebahasaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil penelitian ini adalah (1) dari segi kualitas isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendapat persentase 92,85%, dengan kategori sangat layak, (2) dari segi kualitas penyajian materi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendapat persentase 92,82 dengan kategori sangat layak, (3) dan kualitas kebahasaan Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendapat persentase 87,5 dengan kategori sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa berdasarkan standar BSNP buku teks bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki kualitas yang sangat layak baik dari segi kualitas isi, penyajian materi, maupun kebahasaan
References
Abdulah S., & Susilo., & Mulawarman, W. G. (2022). Analisis Kelayakan Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Diglosia, 5(3), DOI: https://www.diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/433/216
Anindyarini, Atikah., & Sumarwati., & Waluyo, Budi., & Hastuti, Sri., & Mujiyanto, Yant. (2019). “Strategi Menghidupkan Budaya Literasi melalui Dongeng”. Prosiding disampaikan dalam senadimas unistri, Surakarta: September 2019.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Rina Dewi., & Suwandi, Sarwiji., & Waluyo, Budi. (2017). Kelayakan Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Ekspresi Diri dan Akademik. Jurnal Basastra, 5(2), DOI: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/11579
Giyanti., & Afifah, Nur Retno., & Wulandari, Riya Ayu Dewi. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Sintaksis Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jurnal Wacana, 3(1), DOI: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/bind/article/view/12959/1292
Hamid, Mustofa Adi. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Hardani, H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Imanah, Nur Aini Azmi., & Artawan, Gede., & Wisudariani, Ni Made Rai. (2019). Analisis Kualitas Buku Teks Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI terbitan Erlangga. Jurnal JPBS, 9(1), DOI: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/20256/pdf
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VII Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kusuma, Dewi. (2018). Analisis keterbacaan Buku Teks Fisika SMK kelas XI. Jurnal JPFS, 1(1), DOI: http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/59/10
Muslich, Masnur. (2010). Text Book Writing (Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks). Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Mustafa, Fadhil Akram., & Nursalam. (2021). Analisis Kualitas Buku Teks Matematika SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2017 Berdasarkan Pendekatan Saintifik. Alauddin Journal of Mathematics Education, 3(2), DOI: https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ajme/article/view/25365
Nisja, Indriani. (2018). Kesesuaian Buku Teks Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas X dengan Kurikulum 2013. Jurnal Gramatika, 4(1), DOI: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=579237&val=8170&title=KESESUAIAN%20BUKU%20TEKS%20BAHASA%20DAN%20SASTRA%20INDONESIA%20KELAS%20X%20DENGAN%20KURIKULUM%202013
Nurrita, Temi. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), DOI : https://core.ac.uk/download/pdf/268180802.pdf
Rahman, Yurni., & Atjalau Cutri. (2019). Pembudayaan Literasi Kritis [Cultivation of Critical Literacy]. Jurnal Pedagogi, 8(2), DOI: https://pedagogia.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/1453
Sari, Erlina., & Aprinawati, Iis., & Ananda, Rizki. (2021). Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edumaspul, 5(2), DOI: https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/2036
Sriasih, Sang Ayu Putu. (2012). Telaah Buku Teks. Modul (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA, CV.
Tarigan, Henry Guntur., & Tarigan, Djago. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Utari, Titin., & Nurmiwati. (2021). Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII (Sebuah Kajian Kualitas). Jurnal Ilmiah Telaah, 6(1), DOI: http://journal.ummat.ac.id/index.php/telaah/article/view/3867
Wulandari, Gita., & Indriani, Made Sri., & Nurjaya, Gede. (2021). Analisis Kelayakan Isi Materi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XII Terbitan Kemdikbud Edisi Revisi 2018. Journal of Digital Learning and Education, 1(3), DOI: https://journal.moripublishing.com/index.php/jdle/article/view/254/65
Yunus, Hamzah., & Alam, Heldyn Vanni. (2015). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Yogyakarta: PENERBIT DEEPUBLISH.
Wendra, I Wayan. 2021. Buku Ajar Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposal Penelitian, Skripsi, dan Artikel). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Yunus, Hamzah., & Alam, Heldyn Vanni. (2015). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Yogyakarta: PENERBIT DEEPUBLISH.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Luh Putu Weda Satyawati, Sang Ayu Putu Sriasih, Ida Ayu Made Darmayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)