ANALISIS TEKS BIOGRAFI KARYA SISWA KELAS X IBB2 SMA N 1 TEJAKULA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i3.58095Keywords:
teks biografi, kebahasaan, strukturAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebahasaan dan struktur teks biografi karya siswa yang berjudul Analisis Teks Biografi Karya Siswa Kelas X IBB2 SMA N 1 Tejakula. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah teks biografi karya siswa sedangkan objek penelitian ini adalah kaidah kebahasaan dan struktur teks biografi. Data dikumpulkan dengan metode dokumntasi. Analisis data dilakukan dangan kata-kata dan penarikan simpulan. Adapun hasil penelitian, yaitu (1) dari segi kebahasaan, biografi yang dibuat oleh siswa keseluruhan mengandung kebahasaan teks biografi meliputi pronomina, kata kerja, Kata hubung, dan peristiwa, waktu, dan tempat, (2) Teks biografi yang dibuat oleh siswa juga mengandung struktur teks biografi meliputi orientasi, peristiwa atau masalah, dan reorientasi.
References
Armita, Mutiara dkk. (2018). “Kemampuan Siswa Kelas XI SMK Negeri 5 Banda Aceh Menulis Teks Cerita Ulang Biografi”. e-journal Jurusan PBSI, FKIP Unsyiah, Vol. 12, No.1.
A’yun, B.Q. dkk. (2021). “Teknik Evaluasi dalam Pembelajaran Teks Biografi di Kelas X MIA 1 SMA LAB UNDIKSHA”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Eliza, S. dkk. (2021). “Analisis Struktur dan Unsur Kebahasaan pada Teks Biografi Nadiem Makarim serta Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas X SMA Tahun 2021”. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual (halm.4-5).
Fajwah, dkk. (2016). “Intisari Sastra Indonesia”. Bandung : Yrama Widya
Istiqomah. (2015). Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayan. (2017). Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Kemendikbud.
Kementerian Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. “Bahasa Pendidikan dan Indonesia Ekspresi dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Semester 2”. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mas Permana Wibawa, Ida Bagus. (2019). Analisis Struktur dan Kebahasaan Buku Mohammad Hatta Dan Relevansinya dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi di Kelas X Kurikulum 2013. Skripsi (tidak diterbitkan). Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Mulyadi, Yadi. (2016). “Bahasa Indonesia untuk Siswa SMA-MA/SMK-MAK Kelas X”. Bandung: Yrama Widya.
Musrini. (2015). “Upaya Menumbuhkan Keterampilan Menulis bagi Anak dan Penulis Pemula”. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB2015.
Nugraha, Pepih. 2013. “Ranjau Biografi”. Yogyakarta: PT Benteng Pustaka
Nurhadi. (2017). Handbook Of Writing. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Prastowo, Andi. (2016). Metode Penelitian Kualitatif (dalam Perspektif Rancangan Penelitian). Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Rahmadona, Melia dan Mega Putri. (2016). Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok. Bahastra Vol. XXXVI, No.1.
Riyadi, Hasan. (2015). Keefektifan Model Project Based Learning untuk Pembelajaran Menyusun Teks Biografi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Prambanan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sujarweni, V. Winarta. (2018). “Metodologi Penelitian”. Yogyakarta:PT. Pustaka Baru.
Vina Mulya, Septi dkk. (2017). “Pembelajaran Menulis Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMP Global Madani Bandar Lampung” Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Lampung Oktober 2017.
Wendra, I Wayan. (2019). Buku Ajar Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposal Penelitian, Skripsi, dan Artikel). Singaraja: Universitas Pendidkan Ganesha
Zabadi, Fairul dan Sutejo. (2013). Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mahdalena, Made Sri Indriani, I Wayan Artika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)