PEMANFAATAN THE LITTLE MUSEUM ANAK AGUNG PANDJI TISNA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SASTRA
USE OF THE LITTLE MUSEUM CHILDREN AGUNG PANDJI TISNA AS A SOURCE FOR LEARNING LITERATURE
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.64385Keywords:
museum, pemanfaatan, koleksiAbstract
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi koleksi The Little Museum Anak Agung Pandji Tisna sebagai sumber belajar sastra, pemanfaatan The Little Museum Anak Agung Pandji Tisna sebagai sumber belajar sastra, dan kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan The Little Museum Anak Agung Pandji Tisna sebagai sumber belajar sastra. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa, pengelola museum, pengunjung museum, guru bahasa Indonesia, dan dosen bahasa Indonesia. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Tahap analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa The Little Museum Anak Agung Pandji Tisna memiliki koleksi yang bersinambungan dengan pembelajaran sastra. Museum ini memiliki 1986 koleksi, di antaranya terdapat 453 koleksi yang relevan, yang dapat digunakan sebagai sumber belajar sastra. Adapun pemanfaatan The Little Museum Anak Agung Pandji Tisna sebagai sumber belajar sastra dengan cara melakukan studi-studi khusus yang dilakukan suatu instansi pendidikan dengan mengunjungi museum Anak Agung Pandji Tisna. Kendala yang ditemukan, yaitu kurangnya pendanaan pada museum yang menjadi permasalahan utama dan kurangnya SDM sehingga museum tidak beroperasi dengan baik.
References
Adempe, R.Y. 2015. Tinjauan Sosiologis terhadap Novel Detik Terakhir Karya Alberthiene Endah. Skripsi. Fakultas Ilmu Budaya Manado, Universitas Sam Ratulangi.
Alamsyah, B. 2016. Pemanfaatan Museum Isdiman sebagai Sumber Belajar Pembelajaran IPS Sejarah bagi Siswa Kelas VII M Ma’arif Nyatnyono Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.
Armiyanti, Laely, Dede Wahyu Firdaus. 2020. "Belajar Sejarah di Museum: Optimalisasi Layanan Edukasi Berbasis Pendekatan Partisipatori". Jurnal Artefak, Volume 7, (2), 82-86.
Artika, I Wayan. 2015. "Teori dalam Pengajaran Sastra". Prasi, Volume 10, (19), 18-25.
Asmara, Dedi. 2019. "Peran Museum dalam Pembelajaran Sejarah". Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, Volume 2, (01), 11-20.
Astuti, A. D. 2019. Pemanfaatan Museum Ranggawarsita sebagai Sumber Belajar Sejarah bagi Siswa SMA Negeri di Kota Semarang Tahun 2017/2018. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.
Ernawati, Zeni, dkk. 2017. "Kajian Psikologi Wanita Tokoh Utama Novel Air Mata Tuhan Karya Aguk Irawan M.N.". Publika Budaya, Volume 5, (02), 102-108.
Evitasari, Okta, dkk. 2021. "Pemanfaatan Fungsi Museum sebagai Sumber Belajar Sejarah dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis". Jurnal Estoria, Volume 1, (01), 44-47.
Fransori, Arinah, dkk. 2022. "Adaptasi Pembelajaran Sastra di Sekolah pada Era New Normal". Jurnal Pendidikan dan Konseling, Volume 4, (04), 2378-2386.
Harianti, M. 2020. Mwnelaah Pembelajaran Sastra Yang (kembali) Belajar Merdeka di Era Merdeka Belajar. Tesis. Konfrensi Ilmiah Pendidikan, Universitas Pekalongan.
Harsono. 2014. "Pembentukan Karakter melalui Pembelajaran Sastra". INTERAKSI, Volume 9, (01), 1-5.
Mahbub, A. 2021. Pemanfaatan Museum Bank Indonesia sebagai Media dan Sumber Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mursidi, A. 2009. Pemanfaatan Museum Belambangan sebagai Sumber Belajar Sejarah. Tesis. Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Oktaviani, Evita Dwi, dkk. 2020. "Pemanfaatan Museum Keprajuritan Indonesia sebagai Sumber Belajar Sejarah". Jurnal Pendidikan Sejarah, Volume 9, (02), 154-157.
Prasetyo, Danang, dkk. 2021. "Pemanfaatan Museum sebagai Objek Wisata Edukasi". Jurnal Ilmiah, Volume 15, (01), 1-11.
S, Samsinar. 2019. "Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran". Jurnal Kependidikan, Volume 13, (02), 194-203.
Setiawan, Budhi. 2021. "Optimalisasi Peran Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai Wahana Pembentukan Karakter Peserta Didik dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)". Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Daerah, Volume 1, (01), 67-72.
Sirait, E. S. 2017. Pemanfaatan Museum Misi Muntilan sebagai Sumber Belajar Sejarah. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Slamet, Y, B, M. 2018. "Fungsi dan Peran Karya Sastra dari Masa ke Masa". Jurnal PRAXIS, Volume 1 (01), 24-17.
Sugiarti. 2016. "Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Sekolah". Makalah disampaikan dalam Seminar Regional Kerjasama Kemitraan Bidang Kebahasaan dan Kesastraan Balai Bahasa Jawa Timur. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNiversitas Muhammadiyah Malang, 13 Agustus 2016.
Sukiman. 2021. "Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik". Jurnal Konsepsi, Volume 10, (01), 18-26.
Sukiman. 2019. "Pemertahanan Kearifan Lokal melalui Pemanfaatan sebagai Sumber Pembelajaran Sastra". Jurnal Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, Volume 1, (02), 141-145.
Yunus, Fahrizal. 2021. Museum Bali di Kota Denpasar, Bali (Latar Belakang Sejarah, Koleksi, dan Potensinya sebagai Sumber Belajar di SMA)". Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Ganesha.
Yusuf A, Maulana, Nurzengky Ibrahim, Kurniawati. 2018. "Pemanfaatan Museum Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah". Jurnal Visipena, Volume 9, (02), 215-216.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ira Rahmawati, Ni Made Rai Wisudariani, Ida Ayu Made Darmayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)