PENGGUNAAN METODE PEMBERIAN TUGAS RUMAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MENULIS PUISI DI KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i3.64414Keywords:
hasil belajar siswa, materi menulis puisi, metode pemberian tugas rumahAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pemberian tugas rumah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menulis puisi kelas VIII A di SMP Negeri 1 Klakah, hasil belajar siswa kelas VIII A pada materi puisi dengan metode pemberian tugas rumah, kendala-kendala yang dihadapi pada pelaksanaan metode pemberian tugas rumah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menulis puisi kelas VIII A SMP Negeri 1 Klakah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII A. Objek dalam penelitian adalah penggunaan metode pemberian tugas dalam meningkatkan hasil belajar pada materi menulis puisi di kelas VIII A SMP Negeri 1 Klakah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket serta dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan metode pemberian tugas dalam materi menulis puisi telah mengikuti prosedur metode pemberian tugas, (2) hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa menggunakan metode pemberian tugas rumah mengalami peningkatan yang signifikan atau lebih tinggi dengan skor rata-rata 85,5 dibanding sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan metode pemberian tugas rumah nilai skor rata-rata hanya 56. Peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A diketahui dari skor rata-rata yang mengalami peningkatan 29,5 doleh peneiti bahwa pada pernyataan pertama yang mengalami kendala sebanyak 38,9%, pada pernyataan kedua yang mengalami kendala sebesar 55,6%, pernyatan ketiga sebesar 27,8%, keempat sebanyak 16,7%, hingga pada pernyataan kelima yang mengalami kendala sebanyak 33,3%. Selain itu berdasarkan hasil wawancara, kendala juga dialami oleh guru dengan uraian sebagai berikut: guru sulit mengonrol siswa, sulit menilai dan sulit menyesuaikan penugasan dengan materi pelajaran.
References
Abuddin, N. (2009). Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Aditya, Y. A. 2016. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”. Jurnal SAP. 1, 165-174.
Ali, M. 2020. “Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di Sekolah Dasar”. Pernik Jurnal. 21 (1), 35-44.
Alfath, K., dan Raharjo, F. F. 2019. Teknik Pengolahan Hasil Asesmen Teknik Pengolahan dengan Menggunakan Pendekatan Acuan Patokan (PAP). Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam. 8(1), 1-28.
Asima, H. W. 2022. Penggunaan Saluran Youtube Ruang Bahasa I.D dalam Pembelajaran Teks Surat Kelas VII UPT SMP Negeri 3 Ponggok. Prodi PBSI, Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) Singaraja.
Erni. 2018. “Pemberian Pekerjaan Rumah (PR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kimia di Kelas XII Mekanisasi Pertanian SMK Negeri 1 Pasir Penyu Tahun Pelajaran 2016/2017”. Jurnal Pendidikan Tembusai. 2 (6), 1903-1915.
Hermawan, R., dan Wicaksono, V. D. 2021. Analisis Penanaman Nilai-nilai Pancasila Melalui Metode Penugasan Pada Pembelajaran PPKN Secara Daring Kelas V SDN Balasklumprik 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 9 (7), 2861-2870.
Hidayatussholihah, N. 2022. Strategi Guru dalam Pengenalan Membaca Permulaan untuk Anak Usia 5-6 Tahun di RA Amaliya. Prodi PIAUD, Universitas Islam Negeri Mataram.
Margono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Marzuki, D. I. 2022. Efektivitas Pemberian Tugas Online di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Pada Tema 1 Subtema 2 Kelas VI SD Negeri 01 Megang Sakti. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sriwijaya.
Mubarok, M. I., dan Untari, M. F. 2022. Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring dalam Muatan Pelajaran Bahasa Jawa Kelas II Siswa SDN 01 Purwoharjo Kabupaten Pemalang. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran. 16 (1), 10-13.
Mubarok, M. 2020. Implementasi Metode Resitasi dalam Pembelajaran PAI di SMKN 29 Blok M Jakarta. Prodi PAI, Institut Peguruan Tinggi Ilmu Al Quran Jakarta.
Ningsih, E. P. 2020. Pengaruh Metode Pemberian Tugas dalam Model Pembelajaran Sentra Terhadap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Al Aqsho Kota Jambi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Universitas Jambi.
Rizky, R. L. 2017. Pengaruh Metode Pemberian tugas dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK YWKA Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 Studi Akuntansi. Fakultas Pendidikan dan Keguruan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
Slameto, Drs. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syafruddin, M. W. 2022. Pengaruh banyaknya pemberian tugas pekerjaan rumah (PR) terhadap konsentrasi belajar siswa kelas VI SD Islam Baitul Hikmah Batam Kepulauan Riau. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Indonesia.
Wahid, M. 2018. Efektifitas pemberian tugas rumah terhadap prestasi belajar matematika kelas IV SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar.
Wahyuni, E. 2010. Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dan Prestasi Belajar Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Kompetensi Kelistrikan Otomotif Pada Siswa Kelas XI TKrb SMKN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Wendra, I. W. 2019. Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposal Penelitian, Skripsi, dan Artikel). Singaraja: Undiksha.
Purwati, D. 2020. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Berbasis Potensi Lokal (Panduan Menulis Naskah Drama dengan Mudah). Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rofikatul Azizah , I Made Sutama, I Made Yasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)