PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN BLOG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS RESENSI SISWA KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 2 SEMARAPURA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i1.64874Keywords:
blog, model flipped classroom, menulis, teks resensiAbstract
Penerapan model Flipped Classroom berbantuan Blog, diterapkan dikarenakan penggunaan model pembelajaran problem based learning belum maksimal. Tujuan penelitian ini, yaitu: mendeskripsikan pelaksanaan penerapan model Flipped Classroom berbantuan Blog, kemampuan siswa menulis teks resensi, dan respons siswa terhadap penerapan model Flipped Classroom berbantuan Blog dalam pembelajaran menulis teks resensi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas XI MIPA 3. Objek penelitian, yaitu penerapan model Flipped Classroom berbantuan Blog, kemampuan siswa menulis teks resensi, dan respons siswa terhadap penerapan model Flipped Classroom berbantuan Blog. Rancangan penelitiannya, yaitu refleksi awal, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, portofolio, penugasan, dan kuesioner. Analisis data dengan metode deskriptif kualitatif, teknik analisis kuantitatif, dan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Flipped Classroom berbantuan Blog dapat dilakukan dalam tiga kegiatan yaitu: kegiatan Prakelas, kegiatan Di Kelas, dan kegiatan Di Luar Kelas dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis teks resensi, kemampuan siswa menulis teks resensi mengalami peningkatan setelah diterapkan model Flipped Classroom berbantuan Blog, dan respons siswa tergolong “sangat baik” terhadap penerapan model Flipped Classroom berbantuan Blog dalam pembelajaran menulis teks resensi.
References
Agustina, Eka Sofia. 2017. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Representasi Kurikulum 2013.” Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra., 8 (1), 84–99.
Anggreni, Rosita Dwi dan Khaerunnisa. 2021. “Penerapan Model Flipped Classroom Berbantuan Kahoot dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi”. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 8 (2), 141-151.
Arianti, Fitria Febri dkk. 2020. “Flipped Classroom dan Aplikasi Schoology: Analisis Keterampilan Menulis Teks Biografi”. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(2), 165 – 187.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Artika, I Wayan dan I Made Astika. 2018. Genre Teks: Pembuka Wawasan Kritis Pembelajaran Berbasis Teks di Sekolah. Cetakan Pertama. Denpasar: Pustaka Larasan.
Bhakti, Yoga Budi dkk. 2020. Konsep, Teori, dan Praktek Flipped Clasroom. Sumatera Barat: Mitra Cendekia Media.
Darlena, Emi dkk. 2022. “Pembelajaran Menulis Iklan melalui Media Blog pada Siswa Kelas VIII-A SMPN 1 Ngluyu Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk”. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1 (2), 166 – 177.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Harahap, Rosmawaty. 2021. “Pengaruh Media Blog (Jurnal Online) terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA N 1 Rantau Prapat”. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 95-101.
Herliana, Lia. 2017. “Penggunaan Media Blog dengan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa”. Loa, 12(2), 108-120.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Melibatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniawan, Wasis. 2021. Penerapan Model Flipped Classroom meningkatkan keterampilan berbicara Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Tematik Daring SD Negeri Gabus 01 Tahun Pelajaran 2020/202q. Kastara Karya: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2), 97-104.
Mujahidah, Rofikoh dkk., 2019. “Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Menggunakan Edmodo sebagai Platform Blended Learning”. Prosiding Seminar Nasional: Pendidikan STKIP Kusuma Negara., 10(2), 1 – 10.
Nareswari, Fidya Eka Putri. 2018. “Pengaruh Penerapan Strategi Flipped Classroom terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Tokoh pada Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Gerung”. Jurnal: Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, FKIP, Universitas Mataram. http://eprints.unram.ac.id/5083/1/JURNAL.pdf (Diakses 12 Januari 2023).
Ramadania. F. 2016. “Konsep Bahasa Berbasis Teks Pada Buku Ajar Kurikulum 2013”. Stilistika Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1 (2), 224 - 237.
Septiningrum, Eka Setya dkk. 2021. “Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Model Flipped Classroom di SDN 01 Sidomulyo”. JIPS: Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 2 (1), 117-126.
Sutisna, M. Ridwan dkk. 2019. Pengembangan Blended Learning dengan Model Flipped Classroom. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 120-134.
Syafiudin. 2022. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Deskriptif pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Kelas VII-B SMPN 2 Kramatwatu”. Jurnal Ilmiah, 3 (3), 112-122.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. . Jakarta: Balai Pustaka.
Wendra, I Wayan. 2021. Buku Ajar Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposal Penelitian, Skripsi dan Artikel). Singaraja: Undiksha.
Widayati, Mukti dkk. 2019. “Hubungan Kebiasaan Menyimak Berita dan Membaca Berita dengan Kemampuan Menulis Berita di Media blog pada siswa Kelas X MA Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2018/2019”. Jurnal Pendidikan, 28 (3), 273-280.
Yogyantoro, Angger. 2016. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Diorama Siswa Kelas IV.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 38 Tahun ke-5 2016, 5 (38), 1 (10).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sang Ayu Nyoman Pujayanti, Gde Artawan, I Nyoman Yasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)