PENGGUNAAN VIDEO YOUTUBE KONTEN KREATOR (JEROME POLIN) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI TEKS BIOGRAFI KELAS X A PERHOTELAN SMK N 1 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i1.65143Keywords:
biografi, media, teks, video, youtubeAbstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan. Penggunaan video YouTube konten kreator (Jerome Polin) sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya kaidah kebahasaan dalam teks biografi menggunakan media pembelajaran video YouTube konten kreator (Jerome Polin). Tanggapan guru dan siswa dalam penggunaan video YouTube konten kreator (Jerome Polin) sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya kaidah kebahasaan dalam teks biografi di SMK Negeri 1 Singaraja. Objek penelitian ini adalah penggunaan media YouTube konten kreator (Jerome Polin) sebagai media dalam pembelajaran teks biografi khususnya mengenai kebahasaaan. Pada penelitian ini metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penggunaan media video youtube konten kreator “Jerome Polin” dalam pembelajaran kaidah kebahasaan teks biografi berjalan dengan cukup baik 2) Pembelajaran kaidah kebahasaan dalam teks biografi menggunakan media video youtube konten kreator Jerome Polin cenderung meningkatkan niat, ketertarikan, serta pemahaman siswa dalam kaidah kebahasaan 3) Guru menilai video youtube konten kreator Jerome Polin sangat membantu dalam meningkatkan atensi dan perhatian siswa untuk fokus pada materi yang disampaikan kepada siswa oleh guru utamanya pada kaidah kebahasaan.
References
Adib, M. 2011. Filsafat Ilmu: Onto-Logi, Epistemologi, Aksiologi, Dan Logika Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Agus Suradika, Andi Ahmad Gunadi, & Sastra Aditya Jaya. 2020. ”Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Kelas III Sekolah Dasar Islam An – Nizomiyah”. Jurnal UMJ. 161. 1-10.
Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VI, Penerbit PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Baskoro, A.2009. Panduan Praktis Searching di Internet. Jakarta: PT Trans Media.
Fuad, Zulfikar. 2012. The Secret of Biography: Rahasia Menulis Biografi Ala Ramadhan K.H. Jakarta: Akademi Permata.
Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5670/6/BAB%20III.pdf. Diakses 10 Maret 2021.
Hakim, Iqbal. 2020. “Data Kualitatif dan Kuantitatif: Pengertian, Perbedaan, serta Contohnya” https://insanpelajar.com/data-kualitatif-dan-kuantitatif/ . Diakses 10 Maret 2021.
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta:Pustaka Ilmu.
Harnani, S. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. 7 Juli. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa- pandemi-covid-19. Diakses 10 Maret 2021.
Indriyanti. 2021. Efektivitas Youtube Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Mata Pelajaran PPKN pada Masa Pandemi Covid-19. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik. 1 (1).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa (Bahasa Indonesia). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri No. 01/KB/2021, No. 516 Tahun 2020, No. HK.03.01/Menkes/363/2020, dan No. 440-882 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di masa Covid-19 Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Lofland dan Lofland. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Luhsasi, Dwi Iga. & Sadjiarto, Arief. 2017. Youtube: Trobosan Media Pembelajaran Ekonomi Bagi Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 5 (2), 219-229.
Majid, Abdul. 2011. Pembelajaran. Bandung: Rosadakarya Perencanaan Remaja.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Nur, E. L. 2017. Pengembangan Media Youtube Dalam Pembelajaran Matematika (Suatu Penelitian Di SMK Kesehatan Bakti Nusntara Gorontalo). JPs: Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 2(2).
Oktaviana, et.al. 2022. Efektifitas Media Youtube dalam Pembelajaran Puisi Rakyat Kelas VII SMPN 18 Kota Jambi. Jurnal Onoma, 8 (2).
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. 2020. Analisa Pemanfaatn Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh. 4(2), 30–36.
Pambudi, Rakhmat Dwi. 2021. Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Equilibria Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 6 (2).
Risqa Ulandari, Abd. Rahman & Zulfikar Busrah. 2021. Youtube Sebegai Media Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 19 (1).
Rosenberg, M.J. 2001. E-Learning: Strategies For Delivering Knowledge In The Digital Age. New York: McGraw-Hill. Diakses 22 April 2021.
Sianipar, A. P. 2013. Pemanfaatan Youtube di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi Flow, 2(3), 1–10. retrieved from https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/9930/4418. Diakses 10 Maret 2021.
Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Albeta.
Sunyono. 2011. Teknik Wawancara (Interview) dalam Penelitian Kualitatif. Makalah: Disampaikan dalam Seminar Nasional.
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Rosadakarya Remaja.
Tanjung, Muhammad Rusdi. 2021. Video Chanel Youtube Sebagai Media Baru Pembelajaran Creative Art. Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 6 (2).
Wahyuningsih, Dian & Rakhmat Makmur. 2017. E-learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika Bandung. Diakses 22 April 2021.
Wardah & Muh Jamil Reza. 2020. Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Youtube sebagai Media Konten Video Kreatif. Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO). 3(1). 39-46.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ketut Ayu Suriantini Dewi, Kadek Wirahyuni, I Putu Mas Dewantara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)