IMPLEMENTASI LESSON STUDY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 6 PEMPATAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i4.65253Keywords:
lesson study, hasil belajar siswa, sekolah dasar, pembelajaran bahasa indonesiaAbstract
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti menyatakan bahwa assesmen kompetensi minimum (AKM) literasi dan numerasi siswa kelas IV SD Negeri 6 pempatan memerlukan interferensi khusus karena hasil yang diperoleh sangat rendah khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi lesson study dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 6 Pempatan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Metode analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 6 Pempatan dinyatakan meningkat. Hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu rata-rata hasil belajar meningkat sebesar 40, daya serap meningkat sebesar 40% dan ketuntasan belajar meningkat sebesar 55% dari siklus I ke siklus II setelah mengimplementasikan lesson study dan menerapkan kegiatan diferensiasi. Maka dari itu, impelementasi lesson study dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan kepada sekolah dan guru-guru di SD Negeri 6 Pempatan untuk mengimplementasikan kegiatan lesson study pada mata pelajaran dan dikelas yang lain sehingga hasil belajar siswa kian meningkat
References
Alhikmah, Rezkiatu Novia, Yenita Roza, and Maimunah Maimunah. 2021. Analisis Kesulitan Guru Matematika SMP Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(1): 655–69.
Amanda, Andryan Vania, Febria Indah Lestari, Ranisha Dian Insani, and Febrina Dafit. 2022. “JPDK : Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Research & Learning in Primary Education Integratif Diferensiasi Penerapan Membaca.” 4: 53–58.
Ananda, V, M Mawardi, and ... 2022. “Analisis Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas Ii Sdn Petir 4 Kota Tangerang.” Jurnal Elementary: Kajian … 5(2): 129–33. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/8760%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/download/8760/pdf.
Ernawati, Ernawati, and Rini Safitri. 2018. “Analisis Kesulitan Guru Dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kota Banda Aceh.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 5(2): 50–58.
Hadi, Wisman, Elly Prihasti Wuriyani, Achmad Yuhdi, and Reny Agustina. 2022. “Desain Pembelajaran Diferensiasi Bermuatan Problem Based Learning ( Pbl ) Mendukung Critical Thinking Skill Siswa Pada Era Kenormalan Baru Pascapandemi Covid-19 A . PENDAHULUAN Diterapkannya Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Dan Menengah Di Indonesia Mengub.” 11(1): 56–68.
Herman, Tatang. 2012. “Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Melalui Lesson Study.” Jurnal Pendidikan 13(1): 56–63.
Hubermen, Miles. 2014. “Model Analisis Interaktif Miles and Huberman.” Jurnal Metodologi Riset Universitas Bina Pamlembang: 1–27.
Junaid, Rusdiana, and Muhammad Rusli Baharuddin. 2020. “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui PKM Lesson Study.” To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(2): 122.
Kelas, D I, and X I P A Man. 2022. “BAHASA INDONESIA BAKU DAN NONBAKU.” 12: 259–66.
Kusuma, I Komang Nada et al. 2023. “Lesson Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.” 7(2): 192–200.
Made, Pande, Denny Sanjaya, I Nengah Suandi, and I Wayan Wendra. 2022. “Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smk Negeri 1 Singaraja Pada Masa Pandemi Covid 19.” 12: 252–58.
Masana, Ketut. 2022. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD.” 6(2): 153–59.
Monawati, et al. 2016. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Study Pada Penjumlahan Pecahan Di Kelas Iv Sdn Lamsayeun.” Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora) 3(4): 12–21.
Murtiani, Ahmad Fauzan, and Dan Ratna Wulan. 2012. “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Berbasis Lesson Study Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika Di Smp Negeri Kota Padang.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 1: 1–21. http://ejournal.unp.ac.id.
Noviarni. 2016. “Mengatasi Ragam Kesulitan Mahasiswa Dalam.” Lemma II(2): 115–28.
Numertayasa, I Wayan, I Komang Nada, Ni Putu, and Eni Astuti. 2022. “Profil Pelajar Pancasila Development of Strengthening Character Education Syllabus Based on Pancasila Student Profiles.” 5(2): 97–108.
Pantiwati, Yuni. 2015. “Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Lesson Study Untuk Meningkatkan Metakognitif.” Jurnal Bioedukatika 3(1): 27.
Pembelajaran, Kualitas. 2008. “Motivator , Fasilitator,.” 5: 1–10.
Pembelajaran, Meningkatkan Kualitas, Oleh Ananda, and Hadi Elyas. 2018. “Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” (April).
Purnomo, Eko Andy. 2014. “Implementasi Lesson Study Untuk Meningkatkan Kualitas.” Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang: 11–17.
Putri, Idra, Atmazaki, and Syahrul R. 2013. “Pelaksnaan Lesson Study Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII.5 MTs N Lubuk Buaya Padang.” Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran 1(1): 108–17. ejournal.unp.ac.id/index.php/bsp/article/download/5031/3983%0A%0A.
Ria, Halma Zanaratul, and Mukhibat Mukhibat. 2020. “{Strategi} {Diferensiasi} {Dalam} {Pengembangan} {Madrasah} {Inspiratif} {Di} {Man} 2 {Ponorogo}.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 1(2): 175–88. http://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/16.
Rohim, Dhina Cahya, Septina Rahmawati, and Inggrid Dyah Ganestri. 2021. “Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Varidika 33(1): 54–62.
Safitri, Apriani, Kabiba Kabiba, Nasir Nasir, and Nurlina Nurlina. 2020. “Manajemen Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2): 1209–20.
Santoso, A.M., E. Setyowati, and M Nurmilawati. 2011. “Pembangunan Karakter Melalui Lesson Study Pada Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Keunggulan Lokal.” Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi 8(1): 357--363. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/download/748/416.
Suartama, I Kadek. 2006. “Kualitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Media.” : 56–58.
Susanto, Joko. 2012. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Di Sd.” Journal of Primary Educational 1(2): 71–77.
Tristiantari, Ni Ketut Desia, and I Made Sumantri. 2016. “Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 5(2): 203.
Winarsih, A., and S. Mulyani. 2012. “Peningkatan Profesionalisme Guru IPA Melalui Lesson Study Dalam Pengembangan Model Pembelajaran PBI.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1(1): 43–50.
Wulandari, Bekti, Fatchul Arifin, and Dessy Irmawati. 2015. “Peningkatan Kemampuan Kerjasama Dalam Tim Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) 1(1): 9–16.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Putu Eni Astuti, I Komang Nada Kusuma, Ni Luh Wilantari, I Wayan Numertayasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)