KARAKTERISTIK PUISI PILIHAN DALAM GARAPAN MUSIKALISASI PUISI KELOMPOK EKSTRAKURIKULER
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i4.65270Keywords:
ekstrakurikuler, musikalisasi puisi, puisi pilihanAbstract
Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif ysng bertujuan menganalisis karakteristik puisi dalam garapan musikalisasi puisi kelompok ekstrakurikuler SMA Lab Undiksha dan mengkaji interpretasi siswa peserta ekstrakurikuler terhadap puisi pilihan materi musikalisasi puisi. Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Berdasarkan analisis didapati bahwa karakteristik 17 puisi yang diteliti terdiri atas beragam jenis, mulai dari metafisik, deskripsi, diafan, naratif, romansa, stansa, dan larik; serta dibangun oleh struktur fisik dan batin. Diksi dominan menggunakan kata-kata gelisah dan kebingungan, menggunakan kata-kata pertikaian atau kedukaan, diksi romantis, pewayangan. Kata konkret dengan penegasan diksi atau pemilihan kata untuk kerinduan, kepedihan, kematian dan lain sebagainya terlihat dalam puisi pilihan dalam garapan musikalisasi tersebut. Pengimajian menggunakan imaji pendengaran (auditif), imaji penglihatan (visual), imaji peradaban, perasaan, dan sentuhan (taktil). Majas yang digunakan seperti majas metafora, majas repetisi, majas personifikasi, majas eufimisme, majas pleonasme, majas metonimia, majas retorika, majas simile, majas hiperbola, majas alegori. Tema yang digunakan dalam puisi pilihan yakni kehidupan, religi, kesetiaan, perjuangan, percintaan, bumi dan manusia, kedukaan, kegelisahan, kesetiaan, kematian, kesepian dan kesendirian, sosial sahabat, cinta. (2) Interpretasi siswa terhadap tujuh belas puisi dalam garapan musikalisasi puisi kelompok ekstrakurikuler SMA Lab Undiksha sangat beragam, diantaranya adalah percintaan, alam, sosial dan kehidupan. Puisi-puisi pilihan dalam garapan musikalisasi yang dilakukan oleh kelompok ekstra kulikuler SMA Lab Undiksha memberikan kesan yang mampu membuat para siswa belajar penuh terhadap makna-makna puisi di dalamnya agar mampu disampaikan dengan baik saat musikalisasi puisi.
References
Afrileni & M. Harun. 2017. Karakterisitik Puisi Penyair Aceh Dalam Antologi Puisi Lagu Kelu. Master Bahasa, 5(2) , 118-127.
Ananda, S.D. 2013. Studi Estetika Eksperimental: Tanggapan Pembaca Akademik Terhadap Drama ‘Der Zerbrochene Krug’ Karya Heinrich Von Kleist. Skripsi :Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman, FBS, Universitas Negeri Yogyakarta.
Arham, D.M. 2018. Nilai-Nilai dalam Novel Midah Simanis Bergigi Emas Karya Pramoedya Ananta Toer Tinjauan Struktural. Skripsi: Departemen Sastra Indonesia, FIB, Universitas Hasanuddin
Arikunto, S. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: rineka Cipta.
Artika, I Wayan dan Astika, I Made. 2018. Genre Teks. Denpasar: Pustaka Laras
Darmadi, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Herthalia R.A., & Andalas, M.I.. 2019. Diksi dalam Kumpulan Puisi Sarinah Karya Esha Tegar Putra: Kajian Stilistika. Jurnal Sastra Indonesia, 8(2), 157-163.
Irawan, Vika Dian. 2017. “Perpaduan Sastra dan Musik dalam Karya Musikalisasi Puisi Sajak Kecil Tentang Cinta”. Skripsi:Jurusan Musik, FSP, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Irmawati, A. 2019. “Keefektifan Model Experiential Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi Naratif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Dua Pitue Kabupaten Sidrap”.
Juwati. 2017. “Diksi dan Gaya Bahasa Puisi-puisi Kontemporer Karya Sutardji Colzoum Bachri (Sebuah Kajian Stilistik)”.
Khaerunisa dan Muhhamad Nasir. 2018. Penerapan Media Musikalisasi Puisi Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Puisi Siswa X Mipa3 SMAN 87 Jakarta. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2).
Kopaha, Royke B., dkk. 2009. “Musikalisasi Puisi Hatiku Selembar Daun”.
Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:: Rineka Cipta.
Milner, Max. 1992. Freud dan Interpretasi. Jakarta: Intermasa.
Periawan, I.K. Yogi. 2017. Pembinaan dan Proses Kreatif Penciptaan Musikalisasi Puisi oleh Teater Solagracia SMA N 1 Negara. Skripsi: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Universitas Pendidikan Ganesha.
Pradopo, R.D. 1995. “Interpretasi Puisi”.
Rahmawati, S. 2019. (1). 4, 364–374. Resistensi Perempuan Multikultural dalam Karya Sastra Indonesia. Jurnal Mabasan, 3(2), 108-122.
Rahmayanti, Lisa dkk. 2020. Analisis Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1).
Salad, Hamdi. 2015. Panduan Wacana dan Apresiasi Musikalisasi Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Saputra, C.A. 2018. Analisis Struktur Fisik dan Struktur Batin Dalam Lirik Lagu ‘Deadsquad’ Album ‘Horror Vision’ Tahun 2009. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Sanata Dharma.
Septiani, E. dan Sari, N. I. 2021. Analisis Unsur Intrinsik dalam Kumpulan Puisi Goresan Pena Anak Matematika. Jurnal Pujangga, 7(1).
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulkifli dan Marwati. 2016. Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Langgikima Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(1).
Sumaryanto. 2009. Memahami Karya Sastra Bentuk Puisi. Semarang: PT Sindur Press.
Utari, W.O. 2015. “Kemampuan Menulis Puisi Baru Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kabawo. Jurnal Umanika 15(3).
Waluyo, H.J. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fathorrahman Zairazi, I Nengah Suandi, I Nyoman Yasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)