KARAKTERISTIK PUISI PILIHAN DALAM GARAPAN MUSIKALISASI PUISI KELOMPOK EKSTRAKURIKULER

Authors

  • Fathorrahman Zairazi Universitas pendidikan ganesha
  • I Nengah Suandi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Yasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i4.65270

Keywords:

ekstrakurikuler, musikalisasi puisi, puisi pilihan

Abstract

Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif ysng bertujuan menganalisis karakteristik puisi dalam garapan musikalisasi puisi kelompok ekstrakurikuler SMA Lab Undiksha dan mengkaji interpretasi siswa peserta ekstrakurikuler terhadap puisi pilihan materi musikalisasi puisi. Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Berdasarkan analisis didapati bahwa karakteristik 17 puisi yang diteliti terdiri atas beragam jenis, mulai dari metafisik, deskripsi, diafan, naratif, romansa, stansa, dan larik; serta dibangun oleh struktur fisik dan batin. Diksi dominan menggunakan kata-kata gelisah dan kebingungan, menggunakan kata-kata pertikaian atau kedukaan, diksi romantis, pewayangan. Kata konkret dengan penegasan diksi atau pemilihan kata untuk kerinduan, kepedihan, kematian dan lain sebagainya terlihat dalam puisi pilihan dalam garapan musikalisasi tersebut. Pengimajian menggunakan imaji pendengaran (auditif), imaji penglihatan (visual), imaji peradaban, perasaan, dan sentuhan (taktil). Majas yang digunakan seperti majas metafora, majas repetisi, majas personifikasi, majas eufimisme, majas pleonasme, majas metonimia, majas retorika, majas simile,  majas hiperbola, majas alegori. Tema yang digunakan dalam puisi pilihan yakni kehidupan, religi, kesetiaan, perjuangan, percintaan, bumi dan manusia, kedukaan, kegelisahan, kesetiaan, kematian, kesepian dan kesendirian, sosial sahabat, cinta. (2) Interpretasi siswa terhadap tujuh belas puisi dalam garapan musikalisasi puisi kelompok ekstrakurikuler SMA Lab Undiksha sangat beragam, diantaranya adalah percintaan, alam, sosial dan kehidupan. Puisi-puisi pilihan dalam garapan musikalisasi yang dilakukan oleh kelompok ekstra kulikuler SMA Lab Undiksha memberikan kesan yang mampu membuat para siswa belajar penuh terhadap makna-makna puisi di dalamnya agar mampu disampaikan dengan baik saat musikalisasi puisi.

References

Afrileni & M. Harun. 2017. Karakterisitik Puisi Penyair Aceh Dalam Antologi Puisi Lagu Kelu. Master Bahasa, 5(2) , 118-127.

Ananda, S.D. 2013. Studi Estetika Eksperimental: Tanggapan Pembaca Akademik Terhadap Drama ‘Der Zerbrochene Krug’ Karya Heinrich Von Kleist. Skripsi :Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman, FBS, Universitas Negeri Yogyakarta.

Arham, D.M. 2018. Nilai-Nilai dalam Novel Midah Simanis Bergigi Emas Karya Pramoedya Ananta Toer Tinjauan Struktural. Skripsi: Departemen Sastra Indonesia, FIB, Universitas Hasanuddin

Arikunto, S. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: rineka Cipta.

Artika, I Wayan dan Astika, I Made. 2018. Genre Teks. Denpasar: Pustaka Laras

Darmadi, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Herthalia R.A., & Andalas, M.I.. 2019. Diksi dalam Kumpulan Puisi Sarinah Karya Esha Tegar Putra: Kajian Stilistika. Jurnal Sastra Indonesia, 8(2), 157-163.

Irawan, Vika Dian. 2017. “Perpaduan Sastra dan Musik dalam Karya Musikalisasi Puisi Sajak Kecil Tentang Cinta”. Skripsi:Jurusan Musik, FSP, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Irmawati, A. 2019. “Keefektifan Model Experiential Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi Naratif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Dua Pitue Kabupaten Sidrap”.

Juwati. 2017. “Diksi dan Gaya Bahasa Puisi-puisi Kontemporer Karya Sutardji Colzoum Bachri (Sebuah Kajian Stilistik)”.

Khaerunisa dan Muhhamad Nasir. 2018. Penerapan Media Musikalisasi Puisi Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Puisi Siswa X Mipa3 SMAN 87 Jakarta. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2).

Kopaha, Royke B., dkk. 2009. “Musikalisasi Puisi Hatiku Selembar Daun”.

Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:: Rineka Cipta.

Milner, Max. 1992. Freud dan Interpretasi. Jakarta: Intermasa.

Periawan, I.K. Yogi. 2017. Pembinaan dan Proses Kreatif Penciptaan Musikalisasi Puisi oleh Teater Solagracia SMA N 1 Negara. Skripsi: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Universitas Pendidikan Ganesha.

Pradopo, R.D. 1995. “Interpretasi Puisi”.

Rahmawati, S. 2019. (1). 4, 364–374. Resistensi Perempuan Multikultural dalam Karya Sastra Indonesia. Jurnal Mabasan, 3(2), 108-122.

Rahmayanti, Lisa dkk. 2020. Analisis Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1).

Salad, Hamdi. 2015. Panduan Wacana dan Apresiasi Musikalisasi Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saputra, C.A. 2018. Analisis Struktur Fisik dan Struktur Batin Dalam Lirik Lagu ‘Deadsquad’ Album ‘Horror Vision’ Tahun 2009. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Sanata Dharma.

Septiani, E. dan Sari, N. I. 2021. Analisis Unsur Intrinsik dalam Kumpulan Puisi Goresan Pena Anak Matematika. Jurnal Pujangga, 7(1).

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulkifli dan Marwati. 2016. Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Langgikima Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(1).

Sumaryanto. 2009. Memahami Karya Sastra Bentuk Puisi. Semarang: PT Sindur Press.

Utari, W.O. 2015. “Kemampuan Menulis Puisi Baru Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kabawo. Jurnal Umanika 15(3).

Waluyo, H.J. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles