PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA, KOLABORASI, DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK VIII E SMP DIAN HARAPAN JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i2.67388Keywords:
kolaborasi, komunikasi, literasiAbstract
Literasi membaca, kolaborasi, dan komunikasi merupakan kemampuan yang perlu dikuasai dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks pada Kurikulum 2013. Namun, ketiga kompetensi tersebut belum dikuasai oleh peserta didik, bahkan hasilnya cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan literasi membaca, kolaborasi, dan komunikasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PJBL) pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan PTK yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tahapan perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi terhadap 27 peserta didik VIII E. Instrumen penelitian menggunakan rubrik untuk mengukur kemampuan literasi membaca, kolaborasi, dan komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan pada ketiga kemampuan tersebut. Nilai rata-rata kemampuan literasi membaca pada siklus satu adalah 71,3, lalu siklus dua menjadi 80,3, dan siklus tiga menjadi 90,2. Nilai rata-rata kemampuan kolaborasi pada siklus satu adalah 70,3, lalu siklus dua menjadi 83,2, dan siklus tiga menjadi 90,2. Nilai rata-rata kemampuan komunikasi pada siklus satu adalah 68,4, lalu siklus dua menjadi 81,6, dan siklus tiga menjadi 87,7. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek melalui PTK mampu mengembangkan kemampuan literasi membaca, kolaborasi, dan komunikasi peserta didik VIII E SMP Dian Harapan.
References
Amalia, F. E., Minarti, E. D., & Afrilianto, M. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa SMA Kartika XIX-4 Kelas X IPS dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 189-196.
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., & Prihamdani, D. (2022). Implementasi Peranan Bahasa Indonesia sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan pada Kurikulum 2013. Jurnal Sekolah Dasar, 7(1), 29-40.
Baharuddin, M. R., A, F., & Nasir, F. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Assesmen Kompetensi Minimum Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 105-111.
Bulu, V. R., & Tanggur, F. (2021). The Effectiveness of STEM-Based PjBL on Student’s Critical Thinking Skills and Collaborative Attitude. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 219-228.
Halimah, L., & Marwati, I. (2021). Project Based learning untuk Pembelajaran Abad 21. Bandung: Refika.
Handayani, D. F. (2021). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi .
Kemdikbud, P. W. (2019, Desember Selasa). kemdikbud.go.id. Retrieved Juli Selasa, 2022, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas
Kunandar. (2018). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Depok: PT Rajagrafindo Persada .
Llorent, V. J., González-Gómez, A. L., Farrington, D. P., & Zych, I. (2022). Improving Literacy Competence and Social and Emotional Competencies in Primary Education Through Cooperative Project-Based Learning. Psicothema, 34(1), 102-109.
Mahsun. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Depok: PT Rajagrafindo Persada .
Nurjanah, W., Musadad, A. A., & Purwanta, H. (2022). Pembelajaran Sejarah Jarak Jauh Berbasis IT dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21 di Era Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Atas. Klaten: Lakeisha.
Riskayanti, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis, Komunikasi, Kolaborasi, dan Kreativitas melalui Model Pembelajaran Project Based Learning di SMA Negeri 1 Seteluk. Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(2), 19-26.
Romadhoni, E., Wiharna, O., & Mubarak, I. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 228-234.
Saragih, E. N. (2021). Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Sutrisna, T., Aziz, W. A., Sidiq, A. A., Hanafiah, & Wahidin, D. (2023). Pengaruh Program Literasi WJLRC terhadap Pemahaman Membaca Siswa. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(1), 59-68.
Suwandi, S. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Inovatif untuk Mewujudkan Pembelajar Literat dan Humanis di Era Digital. Sandibasa 1, 1(1), 27-44.
Suyanto. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis, Berkomunikasi, Berkolaborasi, dan Kreativitas pada Matriks melalui Kriptografi Menggunakan PjBL-STEM. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 216-225.
Tildjuir, Y., Tampang, B. L., & Sangi, N. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Listrik. Jurnal Edunitro, 1(2), 27-34.
Triana, D., Anggraito, Y. U., & Ridlo, S. (2020). Effectiveness of Environmental Change Learning Tools Based on STEM-PjBLTowards 4CSkills of Students. Journal of Innovative Science Education, 9(2), 181–187.
Yuniawatika, Manggala, I. S., Nofitasari, N., & Rahmasari, F. D. (2021). Karakter Peduli dan Kompetensi Abad 21 di Sekolah Dasar. Madiun: CV Bayfa Cendekia Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sri Kristiyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)