PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA, KOLABORASI, DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK VIII E SMP DIAN HARAPAN JAKARTA

Authors

  • Sri Kristiyani Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i2.67388

Keywords:

kolaborasi, komunikasi, literasi

Abstract

Literasi membaca, kolaborasi, dan komunikasi merupakan kemampuan yang perlu dikuasai dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks pada Kurikulum 2013. Namun, ketiga kompetensi tersebut belum dikuasai oleh peserta didik, bahkan hasilnya cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan literasi membaca, kolaborasi, dan komunikasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PJBL) pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan PTK yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tahapan perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi terhadap 27 peserta didik VIII E. Instrumen penelitian menggunakan rubrik untuk mengukur kemampuan literasi membaca, kolaborasi, dan komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan pada ketiga kemampuan tersebut. Nilai rata-rata kemampuan literasi membaca pada siklus satu adalah 71,3, lalu siklus dua menjadi 80,3, dan siklus tiga menjadi 90,2. Nilai rata-rata kemampuan kolaborasi pada siklus satu adalah 70,3, lalu siklus dua menjadi 83,2, dan siklus tiga menjadi 90,2. Nilai rata-rata kemampuan komunikasi pada siklus satu adalah 68,4, lalu siklus dua menjadi 81,6, dan siklus tiga menjadi 87,7. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek melalui PTK mampu mengembangkan kemampuan  literasi membaca, kolaborasi, dan komunikasi peserta didik VIII E SMP Dian Harapan.

References

Amalia, F. E., Minarti, E. D., & Afrilianto, M. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa SMA Kartika XIX-4 Kelas X IPS dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 189-196.

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., & Prihamdani, D. (2022). Implementasi Peranan Bahasa Indonesia sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan pada Kurikulum 2013. Jurnal Sekolah Dasar, 7(1), 29-40.

Baharuddin, M. R., A, F., & Nasir, F. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Assesmen Kompetensi Minimum Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 105-111.

Bulu, V. R., & Tanggur, F. (2021). The Effectiveness of STEM-Based PjBL on Student’s Critical Thinking Skills and Collaborative Attitude. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 219-228.

Halimah, L., & Marwati, I. (2021). Project Based learning untuk Pembelajaran Abad 21. Bandung: Refika.

Handayani, D. F. (2021). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi .

Kemdikbud, P. W. (2019, Desember Selasa). kemdikbud.go.id. Retrieved Juli Selasa, 2022, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Kunandar. (2018). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Depok: PT Rajagrafindo Persada .

Llorent, V. J., González-Gómez, A. L., Farrington, D. P., & Zych, I. (2022). Improving Literacy Competence and Social and Emotional Competencies in Primary Education Through Cooperative Project-Based Learning. Psicothema, 34(1), 102-109.

Mahsun. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Depok: PT Rajagrafindo Persada .

Nurjanah, W., Musadad, A. A., & Purwanta, H. (2022). Pembelajaran Sejarah Jarak Jauh Berbasis IT dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21 di Era Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Atas. Klaten: Lakeisha.

Riskayanti, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis, Komunikasi, Kolaborasi, dan Kreativitas melalui Model Pembelajaran Project Based Learning di SMA Negeri 1 Seteluk. Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(2), 19-26.

Romadhoni, E., Wiharna, O., & Mubarak, I. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 228-234.

Saragih, E. N. (2021). Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Sutrisna, T., Aziz, W. A., Sidiq, A. A., Hanafiah, & Wahidin, D. (2023). Pengaruh Program Literasi WJLRC terhadap Pemahaman Membaca Siswa. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(1), 59-68.

Suwandi, S. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Inovatif untuk Mewujudkan Pembelajar Literat dan Humanis di Era Digital. Sandibasa 1, 1(1), 27-44.

Suyanto. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis, Berkomunikasi, Berkolaborasi, dan Kreativitas pada Matriks melalui Kriptografi Menggunakan PjBL-STEM. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 216-225.

Tildjuir, Y., Tampang, B. L., & Sangi, N. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Listrik. Jurnal Edunitro, 1(2), 27-34.

Triana, D., Anggraito, Y. U., & Ridlo, S. (2020). Effectiveness of Environmental Change Learning Tools Based on STEM-PjBLTowards 4CSkills of Students. Journal of Innovative Science Education, 9(2), 181–187.

Yuniawatika, Manggala, I. S., Nofitasari, N., & Rahmasari, F. D. (2021). Karakter Peduli dan Kompetensi Abad 21 di Sekolah Dasar. Madiun: CV Bayfa Cendekia Indonesia.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles