PROBLEMATIKA DAN STRATEGI PENGAJARAN BIPA BAGI PEMELAJAR MULTILINGUAL DI ASSALIHIYAH SCHOOL PATTANI THAILAND
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i3.68015Keywords:
BIPA, pemelajar multilIngual, problematika, strategi BIPAAbstract
Terlepas dari kegiatan pembelajaran yang mengedepankan hasil, sejatinya dalam hal tersebut pasti memiliki problematika tersendiri dalam prosesnya dan dipengaruhi oleh strategi pembelajaran untuk mengatasinya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi problematika dan strategi pengajaranan BIPA bagi pemelajar multilingual di Assalihiyah School Pattani, Thailand. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mengkaji mengenai bagaimana kegiatan pembelajaran BIPA berlangsung dalam lingkungan asli pemelajar dengan metode pengumpulan data observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang muncul dalam kegiatan pembelajaran adalah perbedaan latar belakang sosial budaya dan politik dengan menggunakan strategi pemilihan materi secara seksama melalui pengetahuan negara dan daerah pemelajar BIPA. Problematika berupa adanya pemelajar yang kurang menguasai huruf alfabet dengan strategi penerapan model belajar teman sejawat atau peer learning, dan kurangnya motivasi pemelajar dalam kegiatan pembelajaran dengan strategi berupa melakukan pembelajaran berbasis Contectual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan komponen constructivism dan learning community. Hasil dari strategi yang telah diterapkan adalah banyak pemelajar yang mampu untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dan mampu untuk bekerja sama antar pemelajar untuk bertukar informasi dan pengetahuan. Pada penelitian selanjutnya diharapkan untuk membahas secara lebih menyeluruh mengenai problematika pengajaran BIPA beserta strategi yang diberikan.
References
Al Imron, Y. (2022). Impelentasi Algoritma Fisher Yates Shuffle Untuk Pengacakan Soal Dan Jawaban Pada Aplikasi Pengenalan Materi Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Ponorogo.
Andriyanto, O. D., Hardika, M., Yulianto, B., Subandiyah, H., & Tjahjono, T. (2021). Tantangan dan Strategi Pembelajaran BIPA bagi Pembelajar Anak-anak di Sekolah Satuan Pendidikan Kerjsama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2).
Aswan. (2023). Permainan Truth Or Dare Berbantuan Spin The Wheel: Strategi Pembelajaran Berbicara untuk Pemelajar Bipa Korea Selatan. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 7(1).
Darihastining, S., Mislikhah, ST., & Fauzi, N.B. (2022). Problematika Pembelajaran BIPA: Analisis Kesalahan Berbahasa pada Pesan SMS Ekspatriat PT Cheal Jedang Indonesia. Prosiding Konferensi. UIN KHAS Jember.
Depdiknas. (2002). pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL). Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dirga, R. N. (2018). Problematika Pemelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) di Timor Leste. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Kusmiatun, A. (2018). Tantangan dan Strategi Pemelajaran BIPA Bermuatan Nilai Karakter Profertik. Prosiding Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia.
Kurniawan., Ambarawati, D., Batubara, D. H., Hernina., & Larasati. (2019). Pelaksanaan Program BIPA dan Hasil Pembelajarannya. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, 1(1).
Lenaini, Ika. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Jurnal HISTORIS, 6(1).
Lestari, N. M. C. P., Sutama, I. M., & Utama, I. D. G. B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Visual bagi Pebelajar BIPA Pemula di Undiksha. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1).
Listyaningsih, & Widayati, W. (2016). Pengembangan Materi Pembelajaran BIPA Bermuatan Budaya Bagi Penutur Asing Tingkat Menengah. Communicating Across Cultures: The Role of Learning and Teaching of Language and Literature In the Era of ASEAN Economic Community (AEC). ITS PRESS
Luvytasari, H. (2020). Strategi Mengajarkan BIPA di Hanoi, Vietnam Periode Februari-Juli 2020 pada Saat Pandemi Korona. Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan Pengajar BIPA (PITABIPA), 5(-).
Maharany, E. R. (2020). Pengembangan Silabus Pengajaran BIPA Berbasis Teks. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 10(1).
Mardiah. (2015). Metode Permainan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Mitra PGMI, 1(1).
Mastiyah, S. (2018). Analisis Strategi Pembelajaran Sains Dengan Perspektif Psikologi Perkembangan Peserta Didik Kelas V Pada Buku Tematik Tema 8 Sub Tema 3 Memelihara Ekosistem. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(4).
Mekarisce, Arnild A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(3).
Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Lampung: Fakta Press IAIN Raden Intan Lampung.
Miles, M.B., Huberman, A.M. and Saldana, J. (2014) Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage, London.
Mooduto, E. P., & Didipu, H. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Peserta Didik BIPA. Jembura Journal of Linguistic and Literature, 3(2).
Muchsin. (2016). Model Pengembangan Learning Community dalam Pembelajaran Bahasa Inggris terhadap Peningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 9(1).
Mussaif, M. M. (2020). Program BIPA di Era Newnormal: Tantangan Pengembangan. Prodising Seminar Internasional Semar BIPA 3. Universitas Muria Kudus.
Ningrum, R. K., Waluyo, H. J., & Winarno, R. (2017). BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) sebagai Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia. Proceedings Education and Language International Conference, 1(1).
Ningsih, L & Widayati, W. (2016). Pengembangan Materi Pembelajaran BIPA Bermuatan Budaya Bagi Penutur Asing Tingkat Menengah. In: Communicating Across Cultures: The Role of Learning and Teaching of Language and Literature In the Era of ASEAN Economic Community (AEC). ITS PRESS.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.
Nurasman, M.S., Idris, N, S., & Damaianti, V. S. (2020). Model Pembelajaran Membaca BIPA Berbasis CTL bagi Pemelajar BIPA Jerman Jenjang Pemula. Seminar Internasional Riksa Bahasa. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1322.
Nurhayati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Teman Sejawat (Peer Tutoring) dalam Pembelajaran Materi Ikatan Kimia Kelas X SMAN 1 Trumon. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Banda Aceh.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0”. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.
Satwika, Y. W., Laksmiwati, H., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan Model Promblematika Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 3(1).
Shofia, N. K., & Suyitno, I. (2020). Problematika Belajar Bahasa Indonesia Mahasiswa Asing. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 4(2).
Utami, S. (2017). Menciptakan Joyful Learning Teaching dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 19(1).
Zamahsari, G. K., A. H. Roffi’uddin., & Widodo H. S. (2019). Implementasi Scaffolding dalam Pembelajaran BIPA di Kelas Pemula. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1).
Zulfahmi, H. B. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan Model Pembelajaran Tutorial. Jurnal Tarbiyah AAl-Awlad, 6(2).
Zed, Mestika. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan (cetakan kelima). Jakarta: Yayasan Obor.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wakhidatus Salma, Maulfi Syaiful Rizal , Machrus Abadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)