ANALISIS SINIAR “DONGENG ANAK MASA KINI” SEBAGAI MEDIA AJAR DALAM PEMBELAJARAN CERITA FANTASI DI SMP KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i2.68740Keywords:
media pembelajaran, siniar, teks fantasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan struktur cerita fantasi dalam siniar “Dongeng Anak Masa Kini”; kaidah kebahasaan cerita fantasi dalam siniar “Dongeng Anak Masa Kini”; dan relevansi siniar “Dongeng Anak Masa Kini” terhadap pembelajaran cerita fantasi di SMP kelas VII. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa metode simak dengan teknik catat dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur cerita fantasi dalam siniar “Dongeng Anak Masa Kini” memiliki kesesuaian dengan struktur pembangun teks cerita fantasi, yakni terdiri dari orientasi, komplikasi, dan resolusi; kaidah kebahasaan cerita fantasi dalam siniar “Dongeng Anak Masa Kini” memenuhi kriteria yang mencirikan kaidah kebahasaan suatu teks cerita fantasi, yakni menggunakan kata ganti dan nama orang, kata mencerap pancaindra, kata kiasan, majas sarkasme, kata hubung waktu, ungkapan keterkejutan, kalimat langsung, dan kalimat tidak langsung; dan siniar “Dongeng Anak Masa Kini” memiliki relevansi terhadap pembelajaran cerita fantasi di SMP kelas VII, sehingga media ini layak diterapkan dalam pembelajaran tersebut.
References
Arifin. 2021. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi dengan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 4 Kendari Kota Kendari”. Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran, 2(3), 176−185.
Aswan, dkk. 2021. “Perbandingan Pronomina Persona Bahasa Indonesia dengan Bahasa Malaysia: Tinjauan Semantis”. Jurnal Diksi, 29(2), 195−204.
Batlawi, Nursia dan Firman Hamid. 2022. “Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik SMP Negeri 3 Kota Ternate”. Jurnal JBES: Journal of Biology Education and Science, 2(2), 128−134.
Fatonah, Khusnul dan Alfian. 2020. “Keterampilan Mendongeng Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Esa Unggul di Media Sosial Youtube”. Jurnal Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin, 3, 56−65.
Fitriah, dkk. 2021. “Kemampuan Menulis Teks Fabel Aspek Kaidah Kebahasaan dan Penggunaan Kalimat Langsung pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Masbagik”. Jurnal Kopula, 3(1), 41−51.
Gunawan dan Asnil. 2019. Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Jakarta: Rajawali Pers.
Hanifah, Hani dkk. 2020. “Perilaku dan Karakteristik Peserta Didik berdasarkan Tujuan Pembelajaran”. Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 105−117.
Harmawati, 2016. “Kemampuan Menganalisis Struktur Fabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Baebunta Kabupaten Luwu Utara”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(2), 1−14.
Harsiati, Titik dkk. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kristanto, Andi. 2016. Media Pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Sutabaya.
Laila, Dahratul. 2020. “Inovasi Perangkat Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Podcast”. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI) – 3. Universitas Negeri Medan.
Laila, Nur Alifah dan Nini Ibrahim. 2021. “Struktur dan Kaidah Kebahasaan Cerita Rakyat dalam BSE Bahasa Indonesia Kelas X Sma Tahun Pelajaran 2020/2021”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(4), 395– 402.
Niranjani, I Ketut Suliavitri dkk. 2022. “Analisis Kanal Dongeng Kita sebagai Materi Teks Cerita Fabel pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP”. Jurnal Sandibasa 1: Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 326−338.
Novita, Erina dan Nursaid. 2020. “Struktur, Unsur, dan Tipe Teks dalam Teks Cerita Fantasi Karya Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang”. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(3), 55−68.
Rahman, Taufiqur. 2018. Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Jawa Tengah: CV Pilar Nusantara.
Ray, Sukma Adelina. 2019. “Analisis Jenis-Jenis Metafora dalam Surat Kabar: Kajian Semantik”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 146−150.
Rozak, Abdul dkk. 2020. “Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Cerita Fantasi dalam Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2011 Karya Various dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Siswa SMP/MTs Kelas VII”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 15−26.
Rumanti, N.P.Y. dkk. 2021. “Analisis Gaya Bahasa Kumpulan Cerpen Sagra Karya Oka Rusmini dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(1), 119−129.
Safitri, Laras dkk. 2023. “Analisis Kalimat Teks Anekdot pada Buku Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum Merdeka”. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 396−414.
Saragih, Amoy Krismawati dkk. 2021. “Hubungan Imajinasi dengan Karya Sastra Novel”. Jurnal Sastra, 10(2), 100−110.
Subarna, Rakhma dkk. 2021. Bahasa Indonesia SMP/Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan.
Sultan, Muhammad Asrul dkk. 2020. “Media Podcast terhadap Kemampuan Menyimak”. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(1), 40−45.
Sumirah, dkk. 2022. “Flipped Classroom pada WhatsApp dan Colour Note Menulis Cerita Fantasi Masa Pandemi”. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(1), 28−37.
Turnip, Evita dan M. Joharis Lubis. 2022. “Korelasi Penguasaan Pengetahuan Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Narasi (Cerita Imajinasi) dengan Kemampuan Menyajikan Cerita Imajinasi secara Tertulis oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Pembelajaran 2021/2022”. Jurnal Bahasa, 11, Edisi Juni, 138−148.
Usman, Nindiyani A. 2019. “Analisis, Bentuk, Fungsi, Makna dan Nilai Cerita Rakyat Usman Berkat pada Masyarakat Blagar Kabupaten Alor (Kajian Linguistik Kebudayaan)”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 74−86.
Yahya, Yindri dkk. 2018. “Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu”. Jurnal Ilmiah Korpus, 2(3), 350−355.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kadek Siska Yulia Dewi, Sang Ayu Putu Sriasih, I Wayan Wendra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)