ANALISIS GAYA BAHASA HAI BALI KENKEN DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN TEKS BERITA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i3.68745Keywords:
gaya bahasa, hai bali kenken, teks beritaAbstract
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan ragam gaya bahasa program Hai Bali Kenken, fungsi gaya bahasa Hai Bali Kenken, dan relevansi Hai Bali Kenken dalam pembelajaran teks berita. Subjek penelitian ini adalah Hai Bali Kenken RRI Singaraja, sedangkan objek penelitiannya adalah gaya bahasa acara Hai Bali Kenken serta relevansinya dalam pembelajaran teks berita. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi. Hasil penelitian adalah dari 49 data, gaya bahasa yang banyak ditemukan adalah gaya bahasa perulangan ditemukan tujuh belas data, yakni: aliterasi satu data, dan epizeukis enam belas data. Gaya bahasa petentangan ditemukan enam belas data, yakni: klimaks tiga belas data, litotes dua data, satire satu data. Gaya bahasa retoris ditemukan enam data. Gaya bahasa pertautan, yakni: epitet lima data. Gaya bahasa perbandingan ditemukan empat data, yakni: metafora dua data, dan koreksio dua data. Gaya bahasa antiklimaks satu data. Fungsi gaya bahasa yaitu menegaskan, menekankan, meningkatkan kesan estetika dalam tuturan, menyindir, memaklumi, memperkaya kosa kata, dan menyampaikan kebenaran informasi. Dialog Hai Bali Kenken relevan dengan pembelajaran teks berita sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Hal ini dibuktikan dengan keterkaitan dialog Hai Bali Kenken dengan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran teks berita siswa SMP kelas VIII.
References
Agustin, E. N. dkk. (2020). Gaya Bahasa Klimaks dan Antiklimaks dalam Novel Bulang Cahaya Karya Rida K Liamsi. Jurnal Tuah: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 2(2). 96-106.
Agustin, E. S. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Representasi Kurikulum 2013. Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra. 18(1). 84-99.
Ahmad Zaki, D. Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan. 7(2) 809–820.
Aprilia, Yashinta, Intan, dkk. (2022). Gaya Bahasa Metafora dalam Pemberitaan Pandemi Covid-19. Literasi:Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. 12. (2). 108-115.
Astuti, Alib. dkk. (2023). Gaya Bahasa dalam Kumpulan Cerpen Tak Semanis Senyummu Karya Sirojuth. Jurnal Bahasa dan Sastra. 10(1). 11-19.
Basri, Subianto. (2020). Gaya Bahasa Ustaz Das’Ad Latief dan Ustaz Abdul Somad pada Video Ceramah Di Youtube. Universitas Muhammadiyah Makassar. Skripsi. 1-266.
Dewirohati, Sri. (2020). Analisis Gaya Bahasa pada Puisi Karya Marhalim Zaini. Skripsi. 1-62.
Febriani, Succy. (2019). Gaya Bahasa Retoris dan Kiasan Najwa Shihab dalam Gelar Wicara Mata Najwa di Trans7. 8. (3). 408-414.
Fitri. (2020). Gaya Bahasa Retoris dalam Novel Aruna dan Lidahnya Karya Laksmi Pemuntjak. Jurnal Cakrawala Linguista. 3(2). 98-102.
Hasanah, D.H. dkk. (2019). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa pada Puisi-Puisi Karya Fadli Zon. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 5(1). 13-26.
Hutabarat, Amelia. dkk. (2020). Analisis Gaya Bahasa dalam Novel “Pergi” Karya Tere Liye. Asas:Jurnal Sastra. 9(2). 81-91.
Ilham dan Akhiruddin. (2022). Analisis Gaya Bahasa Retoris dan Gaya Bahasa Kiasan dalam Pidato Nadiem Makariem. Gurindam Journal Bahasa dan Sastra. 2(1). 53-63.
Khusnin, Mukhamad. 2012). Gaya Bahasa Novel Ayat-Ayat Cinta karya Habibirrahman El Shirazy dan Implementasinya terhadap Pengajaran Sastra di SMA. Seloka: Jurnal Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia. 1(1). 45-53.
Lubis, Mina Syanti. ( 2017). Analisis Gaya Bahasa Retoris dalam Pidato Bung Karno. Jurnal Education and Development STKIP Tapanuli Selatan. 6(3). 16-21.
Maydianto, & Ridho, M. R. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sale Dengan Framework Codeigniter Pada Cv Powershop. Jurnal Comasie. 4(2). 50–59.
Mirnawati. (2019). Analisis Gaya Bahasa dalam Penyiaran Radio FM Radio Suara Bone Beradat. Skripsi. 1–127.
Mustafa, Musriani. (2018). Gaya Bahasa Kiasan pada Cerita Pendek Karya Penulis Laki-Laki dengan Karya Penulis Perempuan (Kajian Stilistika). Skripsi. 1-81.
Nasor, M. (2017). Optimalisasi Fungsi Radio Sebagai Media Dakwah. M. Nasor, Optimalisasi Fungsi Radio. 7(1). 105–128.
Pagarra, Hamzah. dkk. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit UNM. 1-113.
Rachmadani, F. D. (2017). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa pada Puisi Karya Siswa SMA di Yogyakarta. Skripsi. 1–179.
Rahayu, Rizky. (2019). Analisis Gaya Bahasa Yang Terdapat pada Lirik Lagu Jikustik dalam Album Seribu Tahun. Skripsi. 1-86.
Rahayu, Alif, Karisma. (2019). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa dalam Novel Aroma Karsa Karya Dewi Lestari dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah. Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Skripsi. 1-104.
Santuso, NFN dan Akhmad Sofyan. (2022). Bentuk dan Fungsi Gaya Bahasa pada Poster Dakwah karya Muslim Designer Community di Facebook. Jurnal Lingue: Bahasa, Budaya, dan Sastra. 4(2). 191-209.
Setiawan, Panji, dan I Dewa Nyoman Sudiana. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. 2(3). 238-247.
Tinambunan, Stevanus, dkk. (2022). Analisis Gaya Bahasaa pada Kumpulan Puisi Chairil Anwar. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Basasasindo. 2(1). 24-29.
Wahyuni, N. (2021). Analisis Gaya Bahasa pada Berita di Koran Harian Radar Selatan Edisi Maret 2021. Skripsi. 1–87.
Widayanti, Dyah Retno. (2019). Gaya Bahasa Literasi dan Asonansi pada Catatan Najwa dan Relevansinya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. 1-17.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Irhas Maulana Asgav, I Nyoman Yasa, I Wayan Wendra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)