ANALISIS MAKNA KONTEKSTUAL IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DALAM KANAL KEMENKES RI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS IKLAN KELAS VIII SMP

Authors

  • Tatik Endang Ayu Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Made Darmayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sri Indriani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i3.68947

Keywords:

iklan layanan masyarakat, makna kontekstual, teks iklan

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan makna kontekstual yang terkandung dalam video iklan layanan masyarakat dalam kanal Youtube Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI dan mendeskripsikan relevansi video iklan layanan masyarakat dalam kanal Youtube Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI sebagai bahan ajar teks iklan di kelas VIII SMP. Subjek dalam penelitian ini adalah iklan layanan masyarakat di kanal Youtube Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI, sedangkan makna kontekstual pada iklan layanan masyarakat di kanal Youtube Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI dan relevansinya terhadap pembelajaran teks iklan kelas VIII SMP adalah objek penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan, antara lain: identifikasi data, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sejumlah 16 iklan layanan masyarakat milik Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI edisi April 2022- April 2023 memiliki makna kontekstual masing-masing dan iklan layanan masyarakat tersebut memenuhi kriteria teks iklan sehingga memiliki relevansi terhadap pembelajaran teks iklan kelas VIII SMP. Selain itu, iklan layanan masyarakat dalam kanal Youtube Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI dapat digunakan sebagai bahan ajar pada materi teks iklan kelas VIII SMP.

References

A’dhawiah, I. R., Sudrayat, Y., & Afif, R. T.. 2023. “Perencanaan Desain Karakter untuk Serial Animasi 2D Vertikal Iklan Layanan Masyarakat Mengenai Dampak Adiksi Tiktok terhadap Remaja”. E-Proceeding of Art & Design. 10 (2), 1-22. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/19837. diakses pada 3 Oktober 2023.

Aminuddin. (2016). Semantik Pengantar Studi tentang Makna. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Andriani & Husni. (2021). “Makna Kontekstual Bahasa Iklan Rokok di Televisi”. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 1(2), 205-214. https://www.dmi-journals.org/deiktis/article/view/192 .

Anggraini, Y., Prasetyaningsih, S., & Antoni, C. (2018). “Analisis dan Implementasi Motion Grafis Iklan Layanan Masyarakat (ILM) dengan Metode Semiotika Peirce”. Ekspresi dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 64-81. https://ejournal.upnvj.ac.id/JEP/article/view/444

Asriati, D.W. (2018). Analisis Makna Kontekstual pada Iklan Niaga di Harian Waspada Medan. Skripsi. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10539. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.

Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, N. P. S. S. (2021). Analisis Bahasa Persuasif dalam Caption Endorsement Selebgram dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Teks Iklan di SMP. Skripsi (tidak diterbitkan). Universitas Pendidikan Ganesha.

Firmansyah, K.. 2022. Analisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan Esai Media Mojok.co. Skripsi (tidak diterbitkan). Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Hidayat, A. A. (2006). Filsafat Bahasa Mengungkap Hakikat Bahasa, Makna, dan Tanda. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Juniar, N. T. (2013). “Analisis Makna Kontekstual pada Iklan Niaga di Harian Analisa Medan”. Jurnal Sasindo (Program Studi Sastra Indonesia FBS Unimed). 3(1). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/sasindo/article/view/1602 .

Latief, H. dan Yusiatie Utud. (2015). Siaran Televisi Non-Drama Kreatif, Produksi, Public Relations, dan Iklan. Jakarta: Kencana.

Parera, J. D. (2004). Teori Semantik. Jakarta: Erlangga.

Pratiwi, S. A., & Hidayat, D. (2020). “Iklan Layanan Masyarakat COVID-19 di Media Sosial dan Perilaku Masyarakat di Jawa Barat”. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(2), 71-80. https://komunikologi.esaunggul.ac.id/index.php/KM/article/view/2_49.

Pujiatna, T., Jaja, J., & Diana, A. K. (2019). “Analisis Makna Kontekstual pada Iklan Televisi”. Indonesian Language Education and Literature, 5(1), 17-32. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/3 578

Ramdoni, F., Meliasanti, F., & Setiawan, H. (2021). “Analisis Diksi dan Gaya Bahasa Iklan Layanan Masyarakat Divisi Humas Polri serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar Tingkat SMP”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3852-3865. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1325

Samosir, D. K., Nurhayati, I. K., & Mualana, S. (2016). “Hegemoni Bahasa Inggris dalam Slogan Perguruan Tinggi (Analisis Wacana Kritis Fairclough pada Slogan Dua Universitas Swasta di Kota Bandung)”. Jurnal Sosioteknologi, 15(1), 124-135. https://www.researchgate.net/profile/Iis-Kurnia/publication/307529330_HEGEMONI_PENGGUNAAN_BAHASA_INGGRIS_DALAM_SLOGAN_PERGURUAN_TINGGI_ANALISIS_WACANA_KRITIS_FAIRCLOUGH_PADA_SLOGAN_DUA_UNIVERSITAS_SWASTA_DI_KOTA_BANDUNG/links/588628c24585150dde4a92fd/HEGEMONI-PENGGUNAAN-BAHASA-INGGRIS-DALAM-SLOGAN-PERGURUAN-TINGGI-ANALISIS-WACANA-KRITIS-FAIRCLOUGH-PADA-SLOGAN-DUA-UNIVERSITAS-SWASTA-DI-KOTA-BANDUNG.pdf .

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian yang Bersifat: Ekploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif). Bandung: Alfabeta.

Suryanti, S. (2018). “Makna Kontekstual Bahasa Iklan Rokok di Televisi”. Asas: Jurnal Sastra, 7(1), 49-61. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs/article/view/9484 .

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles