PENGGUNAAN MEDIA LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA SMP NEGERI 7 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i2.68948Keywords:
media lectora inspire, keterampilan menulis, teks persuasiAbstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan media Lectora Inspire pada siswa kelas VIII; mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan media Lectora Inspire pada siswa kelas VIII; mendeskripsikan respons siswa terhadap penggunaan media Lectora Inspire dalam pembelajaran menulis teks persuasi di kelas VIII D SMP Negeri 7 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket/kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan dekskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran yang tepat dalam penelitian ini ditekankan pada penegasan teknik-teknik penulisan yang kuat, kata-kata persuasif, dan bukti-bukti yang mendukung; Penggunaan media Lectora Inspire juga dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi. Pada pratindakan skor rata-rata klasikal 61,91 (kurang), siklus I memperoleh nilai rata-rata klasikal 70,2 (cukup), sedangkan pada siklus II nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 82 (baik); siswa memberikan tanggapan sangat positif terhadap penggunaan media Lectora Inspire dalam pembelajaran menulis teks persuasi, pada siklus I memperoleh rata-rata 23,3 (sangat positif) sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 23,5 (sangat positif). Diharapkan kepada guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 7 Singaraja agar menerapkan pembelajaran ini sesuai langkah yang ditemukan dalam penelitian.
References
Arba Ina Putri. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Palembang. Skripsi (tidak diterbitkan).: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sriwijaya.
Athiyah, U. 2018. Pengembangan media pembelajaran biologi Semester II Kelas X SMA Berbasis lectora inspire the development of biology learning media of material. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(1), 41–46. : https://doi.org/10.26858/jnp.v6i1.6041.
Bouato, Y. L. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Yang Diintegrasikan Dengan Wondershare Filmora Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam. Jambura Geo Education Journal, 1(2), 71-79. : doi:https://doi.org/10.34312/jgej.v1i2.7131.
Budiyono, B. 2020. Inovasi Pemanfaatan Teknologi sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300.: https://doi.org/10.33394/jk.v9i2.2475.
Deddy, M. 2019. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dewita., T. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Lectora Inspire Dengan Metode Self Directed Learning Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Jetis Bantul”. Skripsi (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta. .
Handayani, d. 2015. Pengaruh Persepsi dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Program Studi Perpajakan untuk Berkarir di Bidang Perpajakan . Jurnal Perpajakan (JEJAK) Vol. 1 No. 1.
Hartanti, D. 2019. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1(1), 78–85: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5631.
Hendra, H. P. 2021. Rancangan Konten Pembelajaran Geografi Pariwisata Berbasis Wisata Pantai Botutonuo berintegrasikan Photography Essay. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 529–536.: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.251.
Ilmi, S. &. 2018. Kelayakan Buku Ajar Berbasis Aktivitas untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Fungi Kelas X SMA. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(3), 555–562.: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/28901.
Jumrawarsi, J. &. 2021. Peran Seorang Guru dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54.: https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628.
Junaidi, J. 2019. Peran Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 3(1), 45–56: https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349.
Kosasih, E. K. 2018. Jenis-Jenis Teks Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.
Kurniawan, A. A. 2017. Pengembangan media pembelajaran menggunakan softwarelectora inspire untuk meningkatkan motivasi Belajar fisika siswa kelas X MAN Purworejo tahun pelajaran 2016 / 2017. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 10(1), 135–140. : https://doi.org/org/10.37729/radiasi.v10i1.187.
Larasati, Putti. 2021. Penggunaan Powtoon Dalam Pembelajaran Teks Persuasi Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Seririt. Skripsi (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha.
Lestari, I. Y. 2021. Pengembangan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Teks Persuasif Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Panjatan. Skripsi (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas, Sarjanawiyata Tamansiswa .
Maharani, A. d. 2016. Respon Siswa Terhadap Umpan Balik Guru saat Pelajaran Bahasa Inggris di SD Saraswati 5 Denpasar. . Jurnal Bakti Saraswati. 5(2):88-92.
Mariezki, R. J. 2021. Pengembangan media e-learning berbasis moodle sebagai suplemen pembelajaran geografi pada materi mitigasi bencana alam. Jambura Geo Education Journal, 2(2), 54–62. : https://doi.org/10.34312/jgej.v2i2.11043.
Nawawi. 2018. Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 . Jakarta Timur: Jurnal IMAJERI. 1(01), 52-62.
Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.
Panjaitan, R. G. 2020. Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 141–151: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Luh Putu Susi Ardiningsih, Kadek Wirahyuni, I Nyoman Yasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)