ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI MERDEKA BELAJAR OLEH GURU BAHASA INDONESIA DI SMP SURAKARTA SEBAGAI AKSELERASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i3.69150Keywords:
kurikulum merdeka, platform merdeka mengajar, guru bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini menganalisis manfaat yang diperoleh oleh guru Bahasa Indonesia SMP di Kota Surakarta melalui penggunaan platform Merdeka Mengajar. Sumber data diperoleh dari guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta, SMP Negeri 2 Surakarta, SMP Negeri 3 Surakarta, SMP Negeri 4 Surakarta, SMP Negeri 6 Surakarta, SMP Negeri 8 Surakarta, SMP Negeri 11 Surakarta, SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, dan SMP Kristen 1 Surakarta. Temuan penelitian ini merinci sejumlah manfaat yang dirasakan oleh guru-guru, termasuk inspirasi dari video berkualitas yang telah divalidasi, pelatihan mandiri yang fleksibel, serta akses ke berbagai sumber daya pendidikan. Selain itu, platform ini mendorong guru untuk mengembangkan karya inovatif dalam pembelajaran dan dokumentasikan hasil karya mereka, termasuk karya siswa, di platform tersebut. Guru juga dapat berbagi karyanya dengan rekan sejawat di seluruh Indonesia dan menerima umpan balik yang berharga. Selain itu, hubungan dengan komunitas guru yang lebih luas dan akses ke sumber daya terbaru dan perangkat ajar menjadi manfaat tambahan yang ditemukan. Platform Merdeka Mengajar memiliki potensi untuk menjadi pusat sumber daya pendidikan yang lebih kuat dan mendukung perkembangan pendidikan di negara ini.
References
Amiroh, F., & Admoko, S. (2020). Tinjauan Terhadap Model-Model Pembelajaran Argumentasi Berbasis TAP Dalam Meningkatkan Keterampilan Argumentasi dan Pemahaman Konsep Fisika Dengan Metode Library Research. Jurnal IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 09(02), 207–214. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/34545
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Assidik, G. K. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital yang Interaktif dan Kekinian. Seminar Nasional SAGA Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 242–246.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( Fokus : Model MBKM Program Studi ). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/591/451
Fathoni, A., Surjono, H. D., Mustadi, A., & Kurniawati, W. (2021). Peran Multimedia Interaktif Bagi Keberhasilan Pembelajaran Sistem Peredaran Darah. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 147–157. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.33931
Fauzi, H. I. R., Saddhono, K., & Rakhmawati, A. (2020). The Ritual “Mantenan Tebu” and Its Role as the Promotion Media of Inherited Indonesian Culture. Proceedings of the 4th International Conference on Arts Language and Culture (ICALC 2019), 421(1), 548–555. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.063
Feriyanto, F. (2022). Strategi Penguatan Literasi Numerasi Matematikan Bagi Peserta Didik pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Gammath, 7(September), 86–94. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/8439/pdf
Gunawan, I. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori&Praktik. Bumi Aksara.
Hasibuan, I. A., & Khairani, A. I. (2021). Hegemoni Bahasa Milenealisasi Pada Slogan Demonstrasi: Analisis Wacana Kritis. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 9–16. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4294
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Inderasari, E., Arum Hapsari, D., Yufarlina Rosita, F., & Ulya, C. (2021). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Iklan Layanan Masyarakat Bijak Bersosial Media di Radio Kota Surakarta. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 508–528. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara
Ketaren, A., Rahman, F., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Simanjuntak, R. (2022). Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar pada Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 10340–10343. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10030/7653
Leksono, R. P., & Kosasih, L. (2020). Analisis pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua di sekolah Pattanakarn Ying Sueksa Thailand. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing ( JBIPA ), 2(1), 22–27. http://jurnal.machung.ac.id/index.php/klausa/article/view/564
Mansyur, A. R. (2021). Wawasan Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership) dan Konsep Guru Penggerak. Education and Learning Journal, 2(2), 101. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.113
Mundia, K., & Heru, S. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900–912. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478
Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Ayu, S., & Umar, M. (2020). The Implementation of Character Education Integrated To Curriculum and Learning Methods During Covid-19 Pandemic. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164.
Patilima, S. (2021). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(8), 228–236.
Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430.
Putra, L. D., & Filianti. (2022). Pemanfaatan Canva For Education Sebagai Media Pembelajaran Kreatif dan kolaboratif untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 125–138. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6315
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Rohim, F., & Wardini, I. (2023). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Bagi Sekolah Pelaksana Kurikulum Merdeka. Pengabdian Cendekia, 1(1), 18–20. https://journal.iaima.ac.id/pengabdian-cendekia/article/view/63
Rosmawati, E. (2021). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Proses. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(1), 381–394. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/mude
Safira, A. N., Rakhmawati, A., & Wardana, M. A. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran di Kelas VII SMP Negeri 2 Batang. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 22(2), 123–136. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/article/view/31591/15381
Sanusi, Rohimmat, S., & Munthahanah. (2022). Diseminasi Platform Merdeka Mengajar untuk Guru SMA Negeri 6 Kota Serang. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v4i2.2035
Sari, A. S. L., Pramesti, C., Suryanti, & Suliana, R. (2022). Sosialisasi Platform Merdeka Mengajar sebagai Wadah Belajar dan Berkreasi Guru. Jurnal Penamas Adi Buana, 6(01), 63–72. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/penamas/article/view/6105/4178
Sholihah, R. N., Hamdani, N. A., & Suherman, E. (2023). Efektivitas Pendidikan dan Pelatihan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Terhadap Peningkatan Kreativitas dan Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Al-Muaddib: Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 200–211. https://jurnal.staim-probolinggo.ac.id/Muaddib/article/view/699
Siregar, H. D. P. (2020). Dilema Pembelajaran Online: Antara Efektifitas Dan Tantangan. Mimbar Agama Budaya, 37(2), 57–63. https://doi.org/10.15408/mimbar.v37i2.18918
Sugiyarta SL, Ardhi Prabowo, Tsabit A. Ahmad, & Aji Purwinarko M.B. S. (2020). Identifikasi Kemampuan Guru Sebagai Guru Penggerak di Karesidenan Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 6(2), 215–221. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/26919/10900
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional : Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.
Susilawati, E., & Sarifuddin, S. (2021). Internalization of Pancasila Values in Learning through Implementation of Pancasila Student Profile with “ Merdeka Mengajar ” Platform. Jurnal Teknodik, 25(2), 155–168. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/897/500
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85
Suwandi, S., Sudaryanto, M., Wardani, N. E., Zulianto, S., Ulya, C., & Setiyoningsih, T. (2021). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(1), 31–44. https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.35457
Syahroni, A. W. (2019). Aplikasi Penentuan Kategori dan Fungsi Sintaksis Kalimat Bahasa Indonesia. Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, 1, 14–20. https://www.jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/article/view/1537
Ulum, M., Astika, I. M., & Darmayanti, I. A. M. (2022). Penggunaan Aplikasi Tiktok dalam Pembelajaran Bahasa Indonesai Baku dan Nonbaku di Kelas X IPA 3 MAN Karangasem. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(3), 259–266. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/40021/26123
Ulya, C., & Wardani, N. E. (2020). Nilai Pendidikan Antikorupsi dalam Puisi Karya Ahmad Mustofa Bisri. Indonesian Language Education and Literature, 5(2), 147. https://doi.org/10.24235/ileal.v5i2.5302
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Wardana, M. A. W., Rizqina, A. A., Salsabilah, A. N., Handayani, D. A. P., Dewi, M., & Ulya, C. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva dengan Model Microblogging sebagai Pembelajaran Teks Prosedur Tingkat SMP. Jurnal Nalar Pendidikan, 10(1), 71–79. https://doi.org/10.26858/jnp.v10i1.
Wardana, M. A. W., Sumarwati, S., & Setiawan, B. (2022). Implications of The Minimum Competency Assessment (AKM) on The Literature Motivation Of Students Of SMP PGRI 2 Wates, Blitar Regency. Kolokium Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 10(2), 92–111. https://doi.org/10.24036/kolokium.v10i2.531
Wibowo, D. H., Sarajar, D. K., & Jacobus, E. (2022). Peningkatan Kemampuan Identifikasi dan Asesmen pada Guru Kelas Sekolah Dasar Inklusi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 2874–2884. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/9188/pdf
Wulandari, R. S., & Hendriani, W. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 143. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3152
Wulansari, K., Zulianto, S., & Ulya, C. (2021). Pengetahuan Guru Tentang Konsep Wirausaha Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(2), 241–248. https://jurnal.uns.ac.id/Basastra/article/view/52824
Yulis, D. W., Lestari, D. A., Fahmi, D., Rezeki, E. T., Mukhlis, M., & Riau, U. I. (2022). Analisis Kelayakan Bahasa Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum 2013 Terbitan Kemendikbud. Sajak: Jurnal Sastra, Bahasa, Dan Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1), 137–147. https://journal.uir.ac.id/index.php/sajak/article/view/8812
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Aditya Wisnu Wardana, Dara Panca Indra, Chafit Ulya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)