PEMANFAATAN APLIKASI NOVELTOON DALAM MENULIS TEKS RESENSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KUTA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i4.69260Keywords:
menulis teks resensi, aplikasi NovelToon, pembelajaran, minat dan keaktifan siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi NovelToon dalam menulis teks resensi, (2) mendeskripsikan hasil menulis teks resensi siswa kelas XI SMAN 1 Kuta Selatan, dan (3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam pembelajaran menulis teks resensi yang memanfaatkan aplikasi NovelToon. subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 1 Kuta Selatan dan seorang guru pengajar bahasa Indonesia kelas XI. Metode pengumpulan data pada penelitian ini ialah mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ialah analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman observasi, pedoman dokumentasi dan wawancara penilaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini berupa (1) aplikasi NovelToon dapat digunakan dalam pembelajaran menulis teks resensi karena mampu meningkatkan minat dan keaktifan siswa, (2) pemanfaaatan aplikasi NovelToon dalam pembelajaran meningkatkan hasil belajar siswa, dibuktikan dari nilai rata-rata siswa sebanyak 83,4 (pengetahuan) dan 82,5 (keterampilan) siswa, (3) kendala yang dihadapi selama pembelajaran menulis teks resensi yang memanfaatkan aplikasi NovelToon ialah kendala pada jaringan internet yang kurang stabil. disimpulkan bahwa aplikasi NovelToon dapat menjadi alternatif bagi guru untuk menjadi media pembelajaran yang mampu menarik perhatian siswa untuk lebih semangat belajar.
References
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran daalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Aria Delvana, Mohammad dan Diena San Fauziya. 2019. Pembelajaran Menulis Teks Resensi Novel dengan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas XI. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(6), 923-934.
Aula, R. 2022. Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Interaktf Bahasa Indonesia di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Selemadeg. Skripsi. Universtas Pendidikan Ganesha: Singaraja.
Dwi, Wahyu. 2021. “Analisis Penggunaan Aplikasi Google Classroom sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa”. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 8 (3): 727 -741.
Faradiba, J. 2022. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. Mathematics Education Journal. 5 (2): 94 – 100.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hani Hanifah, Susu Susanti, dan Aris Setiawan Adji. 2020. Perilaku dan Karakteristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim : Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan. 2(1). Halaman 105-117.
Hermanto, Moh. Dika dan Cahyo Hasanudin. 2022. Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa SMA dengan Memanfaatkan Aplikasi NovelToon. Prosiding Seminar Nasional Daring. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. IKIP PGRI Bojonegoro.
Hermawan, Yessy. 2017. Pembelajaran Mengonstruksi Sebuah Resensi dari Cerita Pendek dengan Menggunakan Media Lectora Inspire di Kelas XI SMAN 17 Bandung Tahun 2016/2017. Skripsi. FKIP: Unpas.
KBBI. 2021. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [online] https://kbbi.web.id/ajar (diakses pada 30 Desember 2021).
KBBI. 2021. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [online] http://kbbi.web.id.narasi (diakses pada 30 Desember 2021).
KBBI. 2022. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [online] http://kbbi.web.id.aplikasi (diakses pada 26 September 2022).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mastiyah, S. 2018. “Analisis Strategi Pembelajaran Sains Dengan Perspektif Psikologi Perkembangan Peserta Didik Kelas V Pada Buku Tematik Tema 8 Sub Tema 3 Memelihara Ekosistem”. Jurnal Mitra Pendidikan 92 (JMP Online). Universitas Islam Negeri Sunan KaliJaga Yogyakarta. / JMP Online, 2(4).
Meilani Nur, Abdussamad dan Djon Lasmono. 2022. Pembelajaran Teks Resensi pada Siswa Kelas XI SMAN 3 Pontianak Tahun Ajaran 2020/2021. Khatulistiwa : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(3). DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53729
Misra. 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Pengumuman melalui Metode Latihan Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Gio Kecamatan Moutong. Jurnal Kreatif Online, 1(2). Tersedia pada http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2670 (diakses pada 01 Januari 2022).
Mulyaningtyas, Rahmawati dan Valentina Ekafebriyanti. 2021. Pemanfaatan NovelToon sebagai Media Pembelajaran Prosa di SMA. Tabasa: Jurnal Bahasa Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 2(2). DOI: https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i2.3938
Murahmanita, Sayni Nasrah dan Trisfayani. 2020. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Teks Resensi Siswa Kelas XI SMKS Ulumuddin Lhokseumawe”. Jurnal Kande, 2(1). DOI: http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v6i1.1653.
Musrini. 2015. Upaya Menumbuhkan Keterampilan Menulis bagi Anak dan Penulis Pemula. Tersedia pada http://repository.unib.ac.id/11130/1/25-Musrini.pdf. (diakses tanggal 01 Januari 2022).
Nalsalina, Windi. 2021. “Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran Fabel Siswa SMPS Laboratorium Undiksha Singaraja”. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah.
Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.
Nur Wahyudin, Septian dkk. 2019. Efektivitas Model Think Talk Write dalam Pembelajaran Menulis Teks Resensi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(5). DOI: http://dx.doi.org/10.22460/p.v2i5p689-700.3427.
Nurrita, T. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Misykat, 3(1).
Pupuh, Fathurrohman dan Sobry Sutikno. 2017. Strategi Belajar Mengajar (Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami). Bandung: Refika Aditama.
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Suandi, dkk. 2018. Keterampilan Berbahasa Indonesia Berorientasi Integritas Nasional dan Harmoni Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.
Tarigan, HG. 2008. Menulis Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wendra, I Wayan. 2021. Buku Ajar Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Undiksha.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Ketut Dika Oka Dewi, Ade Asih Susiari Tantri, Ida Ayu Made Darmayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)