PEMANFAATAN VLOG UNTUK MEMPRODUKSI GENRE TEKS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI SMAS LABORATORIUM UNDIKSHA

Authors

  • Ida Ayu Made Darmayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Nurjaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Ludy Paryatna Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i3.69616

Keywords:

pemanfaatan vlog, genre teks, pembelajaran bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan teknik pemanfaatan vlog untuk memproduksi genre teks (teks prosedur, teks eksplanasi, dan teks ceramah) dan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam pemanfaatan vlog untuk memproduksi genre teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas XI SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas XI SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini penting dilakukan karena siswa cenderung tidak menyukai pembelajaran yang monoton dan pembelajaran yang tidak memanfaatkan media pembelajaran yang menarik serta kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan vlog untuk memproduksi genre teks dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam pemanfaatan vlog untuk memproduksi genre teks (teks prosedur, teks eksplanasi, dan teks ceramah) dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas XI SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja, yaitu guru kurang memiliki keterampilan/keahlian dalam membuat media vlog sendiri untuk digunakan dalam pembelajaran dan gambar vlog yang kurang jelas serta suara yang dihasilkan vlog kadang kecil/susah terdengar oleh siswa.

Kata-kata kunci: pemanfaatan vlog, genre teks, pembelajaran bahasa Indonesia

References

Adam, Steffi dan Muhammad Taufik Syastra. 2015. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam”. Journal Computer Based Information System Journal, 3(2), 78-90. http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/.

Adzandini, Vies Nada. 2018. “Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Video Blog (Vlog) (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X IPS 1SMA YAS Bandung)”. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Sejarah, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Amaliah, Raden Rizky, dkk. 2014. “Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta”. Jurnal UNJ, 10 (2). http://journal.unj.ac.id/.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cahyadi, Ani. 2019. Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Banjarmasin: Laksita Indonesia.

Eka Cahya Lestari, dkk. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Metode Pemberian Tugas dan Resitasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII A Semester Genap SMP Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurnal Kadikma, 6 (2), 79-90. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/1987/1598.

Fernando Panggabean, Mariati Simanjuntak, Mia Florenza, Lastama Sinaga, Sri Rahmadani. 2021. “Analisis Peran Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP”. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia (JPPIPAI), 2 (1), 7-12.

Fitroh Tri Utami dan Miefthaul Zanah. 2021. “Youtube sebagai Sumber Informasi bagi Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Sinestesia, 11 (1), 78-84.

Guru Pendidikan. 2019. Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur, Kaidah, Jenis, Manfaat & Contohnya Lengkap. https://seputarilmu.com/2019/02/teks-eksplanasi.html.

Halliday & Ruqaiya. 1994. Bahasa, Konteks, dan Teks. Aspek-Aspek Bahasa dalam Pandangan Semiotika Sosial.Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ina Magdalena, Alif Fatakhatus Shodikoh, Anis Rachma Pebrianti, Azzahra Wardatul Jannah, Iis Susilawati. 2021. “Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi”. Jurnal Edukasi dan Sains, 3 (2), 312-325.

Isodarus, Praptomo Baryadi. 2017. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks”. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis, 11 (1), 1-11. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/sintesis/article/view/927/731.

Linda Roza Novi dan Sumarti. 2017. “Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMKN 4 Bandar Lampung”. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya), 5 (1), 1-11. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/12260/8758.

Lounard Syaulan Sahelatua, Linda Vitoria, dan Mislinawati. 2018. “Kendala Guru Memanfaatkan Media IT dalam Pembelajaran di SDN 1 Pagar Air Aceh Besar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 (2), 131-140.

Nabila Zakia. 2022. “Pemanfaatan Media Vlog (Video Blog) dalam Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas VIII-4 SMP Islamiyah Sawangan Depok Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Nina Widyaningsih. 2019. “Keefektifan Penggunaan Media Vlog (Video Blogging) dalam Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gamping Tahun Ajaran 2018/2019”. Jurnal Skripta, 5 (1), 12-17.

Priana, Ronny Yudhi Septa. 2017. “Pemanfaatan Vlog sebagai Media Pembelajaran Terintegrasi Tekhnologi Informasi”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 313-316. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/313-316/1719.

Retno, Devita. 2019. 4 Manfaat Teks Prosedur Bagi Pembacanya. https://manfaat.co.id/manfaat-teks-prosedur.

Rizki Wahyuningtyas dan Bambang Suteng Sulasmono. 2020. “Pentingnya Media dalam Pembelajaran guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1). 23-27.

Rose Winda dan Febrina Dafit. 2021. “Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar”. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4 (2), 211-221.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Shinta Agustira dan Rina Rahmi. 2022. “Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tingkat SD”. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4 (1), 72-80.

Siti Aisyah, Evih Noviyanti, dan Triyanto. 2020. “Bahan Ajar sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Salaka, 2 (1), 62-65.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet.

Suherli, dkk. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Susanti, Eka Dian. 2019. “Project Based Learning: Pemanfaatan Vlog dalam Pembelajaran Sejarah untuk Generasi Pro Gadget”. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 13 (1), 84-96.

Tafonao, Talizaro. 2018. “Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa”. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2 (2), 103-114.

Yogyantoro, Angger. 2016. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Diorama Siswa Kelas IV”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (38), 3.570-3.579.

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles