ANALISIS KEBUTUHAN MATA KULIAH BAHASA INDONESIA PROGRAM STUDI D-3 PERHOTELAN BERDASARKAN OUT COME-BASED EDUCATION
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i4.69839Keywords:
analisis kebutuhan, bahasa Indonesia, outcome-based educationAbstract
Pembelajaran harus mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang berorientasi outcome-based education. Pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia di Program Studi Perhotelan belum sesuai dengan SN Dikti. Penelitian ini bertujuan melakukan analisis kebutuhan mahasiswa dengan konteks zaman, perkembangan ilmu dan teknologi, serta kebutuhan di dunia usaha dan dunia industri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Peneliti bertindak sebagai human instrument untuk mendapatkan data melalui wawancara, studi dokumen, dan focus group discussion. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Objek dalam penelitian ini yaitu kebutuhan berupa sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan khusus bagi lulusan D-3 perhotelan. Penelitian ini menghasilkan sub-capaian pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia yang sudah sesuai dengan pendekatan OBE, SN Dikti, tantangan zaman seperti rendahnya literasi, kebutuhan revolusi industri 4.0 seperti higher thinking skiil, critical tinking, creative, communication, dan colaboration, serta mampu menjawab masalah kesantunan dan etika dalam berbahasa.
References
Adhiyasa, D., & Berlian, I. (2022, November 18). UNESCO: Minat Baca Buku di Indonesia Urutan ke 60 dari 61. Viva.Co.Id. https://www.viva.co.id/gaya-hidup/inspirasi-unik/1545379-unesco-minat-baca-buku-di-indonesia-urutan-ke-60-dari-61-negara
Agustini, P. (2023). Indeks Literasi Digital Indonesia Kembali Meningkat Tahun 2022. Aptika.Kominfo.Go.Id. https://aptika.kominfo.go.id/2023/02/indeks-literasi-digital-indonesia-kembali-meningkat-tahun-2022/
Akmal, M. (2022). Kurangnya Literasi di Indonesia. Kumparan.Com/. https://kumparan.com/muhammad-akmal-1671002666930664381/kurangnya-literasi-di-indonesia-1zRD3UhcGVe/1
Craig Lambert. (2010). A task-based needs analysis: Putting principles into practice. Language Teaching Research, 14(1), 99–120. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1362168809346520
Damayanti, N. (2022). Analisis Tingkat Kejenuhan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial (JIPSI), I(1), 5. https://doi.org/https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i1.14
Danar. (2022, September 4). Era Digital, Kesantunan Berbahasa Terkikis. Krjogja.Com. https://www.krjogja.com/kampus/1242467993/era-digital-kesantunan-berbahasa-terkikis
Firman. (2022). Need Analysis of Indonesian Teaching Materials at Islamic Religious Universities. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1–9. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.3781
Helaluddin. (2018). Analisis Kebutuhan Dalam Redesain Silabus (RPS) Mata Kuliah Bahasa Indonesia. JURNAL GRAMATIKA: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 85–103. https://doi.org/10.22202/JG.2018.V4i1.2464
Herawati, L. (2021). Penguatan Karakter Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Nuances of Indonesian Language, 1(2), 114–123. https://doi.org/10.51817/nila.v1i2.54
Hidayat, R., Tiyas, A., & Romadani, F. (2023). Pembiasaan Kesantunan Berbahasa Bahasa Indonesia pada Anak Usia Dini. 5(1), 1–13. https://doi.org/10.32585/klitika.v2i2.3715
Jack C. Richards. (2010). Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge University Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/CBO9780511667220
Junaidi, A. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (S. S. Kusumawardani (ed.); IV). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kasih, A. P. (2021, November 9). 80 Persen Mahasiswa Tidak Bekerja Sesuai Jurusan Kuliah. Kompas.Com. https://www.kompas.com/edu/read/2021/11/09/095731171/80-persen-mahasiswa-tidak-bekerja-sesuai-jurusan-kuliah?page=all
Kemenristekdikti. (2015). Lampiran Permenristekdikti No 44 Thn 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. 59–77.
Li-Shih Huang. (2010). Seeing eye to eye? The academic writing needs of graduate and undergraduate students from students’ and instructors’ perspectives. Language Teaching Research, 14(4), 517–539. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1362168810375372
Li, J. (2014). Needs Analysis: An Effective Way in Business English Curriculum Design. Theory and Practice in Language Studies, 4(9), 1869–1874. https://doi.org/10.4304/tpls.4.9.1869-1874
Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Rizki, A., Ilmi, M., Nugroho, W., Leuwol, N. V, Muh, A., & Saputra, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 06(01), 2689–2698. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3304
Nesi, A., Su, Y. R., & Pristiwati, R. (2022). Redesign of Indonesian Language Textbooks Based on Student Needs Analysis. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2369–2380. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1611
NF, D. (2021). Taksonomi Bloom: Model Dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/160/taksonomi-bloom-model-dalam-merumuskan-tujuan-pembelajaran
Nikensari, S. I., Suparno, & Putri, Y. E. (2019). Pemetaan Literasi Data, Literasi Teknologi, dan Literasi Manusia pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0. http://repository.fe.unj.ac.id/10216/10/10 JURNAL PEMETAAN LITERASI DATA%2C LITERASI TEKNOLOGI%2C DAN LITERASI MANUSIA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI KOPERASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.pdf
Nur Aziza Ismawati, & Syahri Ramadhanti. (2022). Penerapan Artifical Intelligence Dalam Mendukug Pembelajaran Di Era Digital. PROSIDING SEMINAR NASIONAL BATCH 1 Nasib Pendidikan Karakter Di Masa Pembelajaran Daring Dalam Bingkai Merdeka Belajar, Amal Insani Foundation, 158–166. http://prosiding.amalinsani.org/index.php/semnas/article/view/18/28
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Saifuddin, F., & Ardiansyah, L. D. S. (2021). Analisis Kebutuhan (Need Analysis) Mata Kuliah Bahasa Inggris Terhadap Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 3(2), 106–111. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/149%0Ahttps://journal.rekarta.co.id/index.php/jrip/article/download/149/308
Sari, Y. I. H., Wienanda, W. K., & Nugraheni, N. E. (2020). Needs analysis to develop teaching materials at Vocational College UGM. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(2), 138–149. https://doi.org/10.21831/jpv.v10i2.27934
Seels, B., & Glasgow, Z. (1990). Exercises in Instructional Design (Columbus). Merrill Pub. Co.
Solihin, L., Utama, B., Pratiwi, I., & Novirina. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. In L. Solihin (Ed.), Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (1st ed., Issue 2). Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/13033/1/Puslitjakdikbud_Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Alfabeta.
Wuryanto, H., & Abduh, M. (2022). Mengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi. Gurudikdas.Kemdikbud.Go.Id. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/mengkaji-kembali-hasil-pisa-sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--untuk-peningkatan-kompetensi-li
Yulientinah, D. S., Juwita, R., & Resdiana, W. (2020). Identifikasi Analisis Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Inggris (Non Program Studi Bahasa Inggris) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Khusus/ English For Specific Purposes (ESP) Di Program Studi D4 Akuntansi Keuangan Politeknik Pos Indonesia. Competitive, 15(1), 1–11. https://doi.org/10.36618/competitive.v15i1.625
Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15–20. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4022
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rahmat Hidayat, Widya Tri Utomo, Yeni Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)