PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENUJU ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0 DI PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i3.70610Keywords:
bahasa Indonesia, problematika, revolusi industri 5.0Abstract
Penelitian kepustakaan ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematikan pembelajaran Bahasa Indonesia menuju era Revolusi Industri 5.0 di perguruan tinggi. Pengumpulan data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan library research (studi kepustakaan). Teknik analsis data pada artikel ilmiah ini menggunakan teori Miles dan Huberman seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian kepustakaan ini menunjukkan 4 poin problematika pembelajaran bahasa Indonesia menuju era Revolusi Industri 5.0 di perguruan tinggi yaitu mengenai: pengaruh global terhadap pluringual; peran bahasa dan sastra dalam pembangunan bangsa; dampak era Revolusi Industri 4.0 (era sebelumnya) terhadap perkembangan Bahasa Indonesia; serta kedudukan Bahasa Indonesia menuju Revolusi Industri 5.0 terhadap mahasiswa sebagai generasi milenial. Hal tersebut, hendaknya menjadi bahan evaluasi dalam penggunaan Bahasa Indonesia pada era Revolusi Industri 4.0 di tingkat perguruan tinggi yang harus terus dibina dan dikembangkan sehingga mahasiswa dapat memahami benar jati diri Bahasa Indonesia yang merupakan ciri bangsa Indonesia di era Revolusi Industri selanjutnya. Tidak hanya menjadi ciri Bangsa Indonesia namun, Bahasa Indonesia dapat menjadi bahasa kebanggan bagi bangsa Indonesia dalam pergaulan sehari-hari maupun antar bangsa pada era Revolusi Industri 5.0.
References
Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Ahmadi, F. 2017. Guru SD di Era Digital (Pendekatan, Media, Inovasi). Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Alimudin, Z. (2019). Era Masyarakat 5.0 Guru Harus Lebih Inovatif dalam Mengajar. Retrieved Mei 18, 2019, From https://www.Timesindonesia.Co.Id/Read/214466/20190518/165259/Zulfikar-Alimuddin-Era-Masyarakat-50-Guru-Harus-Lebih-Inovatif-Dalam-Mengajar.
Aoun, J. (2017). Robot-Proof: Higher Education In The Age Of Artificial Intelligence. Us: Mit Press.
Assapari, M. M. (2014). Eksistensi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional dan Perkembangannya di Era Globalisasi. PRASI, 9(18), 31-41.
Bhakti, C. U. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning dalam Meningkatkan Critical Thinking Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Universitas As. Universitas Ahmad Dahlan Rosiding Seminar Nasional Pendidikan, 85-94.
Daulay, A. R. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan Penerimaan Peserta Didik Baru (Siap Ppdb) Online dalam Rangka Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan di SMA Negeri 2 Tanjungmorawa. Repositori Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.
Faruqi, U. A. (2019). Survey Paper: Future Service In Industry 5.0. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 67-79.
Fitriana, Fane Trisna dan Melia Dwi R. (2022). Eksistensi MKDU Bahasa Indonesia terhadap Generasi Milenial di Era Industri Digital 4.0 (Pasca Pandemi Covid-19). Jubindo, 7(3), 1-7.
Ghiffar, M. A. N., Eliza N. Cucu, K., Caraka P. B. 2018. Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning dalam Meningkatkan Critical Thinking Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Pangkep: STKIP Andi Matappa.
Hayasi, H. S. (2017). International Standardization for Smarter Society In The Field of Measurement, Control And Automation. Annual Conference Of The Society of Instrument And Control Eng.
Ibda, F. A. H. 2018. Media Literasi Sekolah: Teori dan Praktik. 1st ed. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Kemdikbud. (2017). Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama: Materi Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013.
Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.
Marsudi, M. (2008). Eksistensi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan. Jurnal Sosial Humaniora. 1(2),176.
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Munanda, A. (2019). Dunia Pendidikan Menuju Revolusi Industri 5.0. Retrieved Januari 21, 2019, From https://www.Biem.Co/Read/2019/01/21/33919/Tb-Ai-Munandar-Dunia-Pendidikan-Menuju-Revolusi-Industri-5-0/.
Muslich, Masnur dan I Gusti Ngurah Oka. 2010. Perencaan Bahasa pada Era Globalisasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nasucha, Yakub dkk. 2017. Bahasa Indonesia untuk penulisan Karya Tulis Ilmiah (Mata Kuliah Wajib Pengembangan Kepribadian). Yogyakarta: Media Perkasa.
Pusat Kurikulum dan Perbukuan. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan Nasional.
Risdianto, E. (2019). Akademia. Retrieved 07 2019, 19, From https://www.Academia.Edu/38353914/Analisis_Pendidikan_Indonesia_Di_Era_Revolusi_Industri_4.0.pdf.
Roysa, M. 2014. Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 sebagai Penghela Peradaban Bangsa. Semarang: Duta Publishing Indonesia.
Rozak, A. (2018). Perlunya Literasi Baru Menghadapi Era Revolusi 4.0.I Uinjkt.Ac.Id. Retrieved from https://www.uinjkt.ac.id/id/perlunyaliterasi-baru-menghadapi-erarevolusi-industri-4-0/.
Saomah, A. 2017. Implikasi Teori Belajar Terhadap Pendidikan Literasi. Diuduh tanggal 20 November 2023.
Satinem. (2015). Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai Wahana Pembentuk Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa, Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, 320-330. ISBN 978-602-8043-50-2. https://core.ac.uk/download/pdf/35343361/pdf.
Skobelev, P., dan Borovik, Y. S. (2017). On The Way From Industri 4.0 To Industri 5.0: From Digital Manufactureing To Digital Society. International Scientific Research Journal, 307 – 311.
Subakti, H. dan Handayani E. S. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 247-255 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5il.648.
Trilling, Bernie dan Charles Fadel. 2009. 21st Century Skills, Learning for Life in Our Times. San Fransisco: Josey-Bass A Woley Imprint.
Wibawa, S. (2018). Pendidikan Dalam Era Revolusi Industri 4.0 Indonesia.
Wilson, C. (2015). Blended Learning Models & Platforms. Electronic Version. Retrieved 7-30. 2019, From http://www.Teachthought.Com/Technology/6-Blended-Learning-Models-Platforms/DataCheck
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fane Trisna Fitriana, Melia Dwi Renovriska, Esa Apriaditya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)