PEMBELAJARAN NOMINA PADA SISWA SEKOLAH DASAR (KAJIAN LINGUISTIK TRADISIONAL)

LEARNING NOUNS IN PRIMARY SCHOOL STUDENTS (TRADITIONAL LINGUISTIC STUDY)

Authors

  • Ade Asih Susiari Tantri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Made Darmayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Putrayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suandi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.70627

Keywords:

linguistik tradisional, nomina, pembelajaran

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan hakikat linguistik tradisional dan pembelajaran nomina di sekolah dasar yang dikaji berdasarkan teori linguistik tradisional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri 1 Banjar Jawa. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kata benda atau nomina dilaksanakan pada jenjang sekolah dasar dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. Peserta didik kelas 2 SD Negeri 1 Banjar Jawa bisa menemukan kosa kata pada teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia melalui teks tulis, lisan, dan visual sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran.

Author Biography

Ade Asih Susiari Tantri, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Alex. 2018. Linguistik Umum. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswel. Jhon W. 2014. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaer, Abdul. 2010. Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Data sekolah.net. 2023. SD Negeri 1 Singaraja: Data Sekolah. https://data.sekolah-kita.net/sekolah/SD%20NEGERI%201%20BANJAR%20JAWA_1009.

Desmirasari, R., & Oktavia, Y. 2022. “Pentingnya Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi”. Alinea (Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran), 2 (1), 201-206. https://doi.org/https://doi.org/10.58218/alinea.v2i1.172.

Harahap, Nursapia. 2020. Penelitian Kualitatif. Sumatera Utara: Walashri Publishing.

Harimansyah, G. 2021. “Prospek Pengembangan Linguistik dan Potensi Karier Linguis”. Linguistik Indonesia, 39 (2), 183-195. https://ojs.linguistik-indonesia.org.

Haris, Herdiansyah. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Kuntarto, E. 2017. Telaah linguistik untuk Guru Bahasa. Universitas Jambi.

Lubis, S., & Siregar, B. U. 1985. Pengantar Linguistik Umum. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Malawat, I. 2015. “Studi Komparatif: Aliran Linguistik Tradisional dan Linguistik Struktural”. Kibas Cendrawasih, 12 (1), 35-52. https://kibascenderawasih.kemdikbud.go.id/index.php/kibas/article/view/187/161.

Muliastuti, L. 2014. Bahasa dan Linguistik. Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4729/3/PBIN4101-M1.pdf.

Mulyono, Abdurahman. 2013. “Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar”. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Purnamasari, A., & Hartono, W. J. 2023. “Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi”. Jotika Journal in Education, 2 (2), 57-64. https://doi.org/https://doi.org/10.56445/jje.v2i2.84.

Rijal Fadli, Muhammad. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif”. Humanika, 21 (1), 33-54.

Rudi Firmansyah. 2019. “Perubahan Sosial Ekonomi Pekerja Sentra Industri Batik Di Desa Kunir Kidul Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang”. Jurnal Pekerjaan Sosial, 2 (2), 168-173.

Samiaji Sarosa. 2021. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Shaheen, M. N. U. K., & Kayani, M. N. 2015. “Improving Students’ Achievement in Biology using 7E Instructional Model: An Experimental Study”. Mediterranean Journal of Social Science, 6 (4), 471-481.

Siminto. 2013. Pengantar Lungistik. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Sukmadinata. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syukri, M, dkk. 2013. “Pendidikan STEM dalam Entrepreneurial Science Thinking “EScIT: Satu Perkongsian Pengalaman dari UKM untuk Aceh”. Aceh Development International Confefence 2013.

Ubaidillah. 2021. Teori-Teori Linguistik. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Redaksi.

Ulfah, S. M., & Kamal, M. 2020. “Linguistik Klasik dan Modern”. Jurnal Bina Ilmu, 2 (2), 166-171. http://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/118/106.

Wildan. 2022. Traditional English Grammar and Beyond N. F. Blake. Tekstual, Faculty of Cultural Sciences, Unkhair. 20 (1), 79.

Yanda, D. P., & Ramadhanti, D. 2018. Perkembangan Kajian Linguistik: Bidang Tata Bahasa. STKIP PGRI Sumbar Press.

Serafica Gischa. 2023. Mengenal Kata Benda, Fungsi, dan Bentuknya. https://www.kompas.com/skola/read/2023/08/23/203000969/mengenal-kata-benda-fungsi-dan-bentuknya?page=all.

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles