PEMBELAJARAN NOMINA PADA SISWA SEKOLAH DASAR (KAJIAN LINGUISTIK TRADISIONAL)
LEARNING NOUNS IN PRIMARY SCHOOL STUDENTS (TRADITIONAL LINGUISTIC STUDY)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.70627Keywords:
linguistik tradisional, nomina, pembelajaranAbstract
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan hakikat linguistik tradisional dan pembelajaran nomina di sekolah dasar yang dikaji berdasarkan teori linguistik tradisional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri 1 Banjar Jawa. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kata benda atau nomina dilaksanakan pada jenjang sekolah dasar dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. Peserta didik kelas 2 SD Negeri 1 Banjar Jawa bisa menemukan kosa kata pada teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia melalui teks tulis, lisan, dan visual sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran.
References
Alex. 2018. Linguistik Umum. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswel. Jhon W. 2014. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chaer, Abdul. 2010. Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Data sekolah.net. 2023. SD Negeri 1 Singaraja: Data Sekolah. https://data.sekolah-kita.net/sekolah/SD%20NEGERI%201%20BANJAR%20JAWA_1009.
Desmirasari, R., & Oktavia, Y. 2022. “Pentingnya Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi”. Alinea (Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran), 2 (1), 201-206. https://doi.org/https://doi.org/10.58218/alinea.v2i1.172.
Harahap, Nursapia. 2020. Penelitian Kualitatif. Sumatera Utara: Walashri Publishing.
Harimansyah, G. 2021. “Prospek Pengembangan Linguistik dan Potensi Karier Linguis”. Linguistik Indonesia, 39 (2), 183-195. https://ojs.linguistik-indonesia.org.
Haris, Herdiansyah. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Kuntarto, E. 2017. Telaah linguistik untuk Guru Bahasa. Universitas Jambi.
Lubis, S., & Siregar, B. U. 1985. Pengantar Linguistik Umum. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Malawat, I. 2015. “Studi Komparatif: Aliran Linguistik Tradisional dan Linguistik Struktural”. Kibas Cendrawasih, 12 (1), 35-52. https://kibascenderawasih.kemdikbud.go.id/index.php/kibas/article/view/187/161.
Muliastuti, L. 2014. Bahasa dan Linguistik. Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4729/3/PBIN4101-M1.pdf.
Mulyono, Abdurahman. 2013. “Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar”. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Purnamasari, A., & Hartono, W. J. 2023. “Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi”. Jotika Journal in Education, 2 (2), 57-64. https://doi.org/https://doi.org/10.56445/jje.v2i2.84.
Rijal Fadli, Muhammad. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif”. Humanika, 21 (1), 33-54.
Rudi Firmansyah. 2019. “Perubahan Sosial Ekonomi Pekerja Sentra Industri Batik Di Desa Kunir Kidul Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang”. Jurnal Pekerjaan Sosial, 2 (2), 168-173.
Samiaji Sarosa. 2021. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: PT. Kanisius.
Shaheen, M. N. U. K., & Kayani, M. N. 2015. “Improving Students’ Achievement in Biology using 7E Instructional Model: An Experimental Study”. Mediterranean Journal of Social Science, 6 (4), 471-481.
Siminto. 2013. Pengantar Lungistik. Semarang: Cipta Prima Nusantara.
Sukmadinata. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syukri, M, dkk. 2013. “Pendidikan STEM dalam Entrepreneurial Science Thinking “EScIT: Satu Perkongsian Pengalaman dari UKM untuk Aceh”. Aceh Development International Confefence 2013.
Ubaidillah. 2021. Teori-Teori Linguistik. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Redaksi.
Ulfah, S. M., & Kamal, M. 2020. “Linguistik Klasik dan Modern”. Jurnal Bina Ilmu, 2 (2), 166-171. http://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/118/106.
Wildan. 2022. Traditional English Grammar and Beyond N. F. Blake. Tekstual, Faculty of Cultural Sciences, Unkhair. 20 (1), 79.
Yanda, D. P., & Ramadhanti, D. 2018. Perkembangan Kajian Linguistik: Bidang Tata Bahasa. STKIP PGRI Sumbar Press.
Serafica Gischa. 2023. Mengenal Kata Benda, Fungsi, dan Bentuknya. https://www.kompas.com/skola/read/2023/08/23/203000969/mengenal-kata-benda-fungsi-dan-bentuknya?page=all.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ade Asih Susiari Tantri, Ida Ayu Made Darmayanti, Ida Bagus Putrayasa, I Nengah Suandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)