PENGARUH TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI

Authors

  • Pramugita Widayan Universitas Jambi
  • Harry Soedarto Harjono Universitas Jambi
  • Rustam Universitas Jambi
  • Andiopenta Purba Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i4.73146

Keywords:

media pembelajaran, menulis, teks prosedur, Tiktok

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur di SMP Negeri 5 Muaro Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan pendekatan kuantitatif. Hasil menunjukkan ada perbedaan rata-rata gain skor pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, di mana kelas eksperimen memperoleh rata-rata skor sebesar 0,4500 sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata gain skor sebesar 0,1657.  Hasil tabel t-test or equality of means didapat nilai signifikansi (2-tailed) antara gain skor kelas eksperimen dan kelas kontrol sebasar 0,000 ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) yang diperoleh dari gain skor kelas eksperimen dan kelas kontrol lebih kecil dari 0,05. Temuan ini menyuratkan penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Muaro Jambi.

References

Andriani, R., & Kartika, D. (2019). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Berita di SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Jurnal Manajmen Pendidikan, 14(2), 162-170.

Anggraini, A. K., Sujarwoko, & Agan, S. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Berbasis Online Pada Siswa Kelas X SMK Al Huda Kediri Tahun Ajaran 2020/2021. Semdikjar 4: Seminar Pendidikan dan Pembelajaran, 4, 319-326.

Arafat, H., Mukhlis, & Suyoto. (2023). Pemanfaatan Video Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Menulis Teks. Cendekia: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 3(2), 129-137.

Astuti, E., & Andrini, S. (2021). Intensitas Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Pweilaku Imitasi Remaja. Komunikologi, 18(2), 134-142.

Basiran, M. (1999). Apakah Yang Dituntut GBPP Bahasa Indonesia Kurikulum 1994? Yogyakarta: Depublikasi.

Dewi, A. A. (2022). Penggunaan Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Epistima, 2(3), 12-13.

Fauziyah, N., & dkk. (2022). Penggunaan Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pederta Didik Di Era Globalisasi Digital. Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, 7(4), 181-193.

Fitri, S. W., Wikanengsih, & Rostikawati, Y. (2022). Analisis Respon Siswa Terhadap Penggunaan Video Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa SMP. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 77-86.

Husnayaini, A., Muhyi, D. M., & Suratiningsih, M. (2023). Pebelajaran Menulis Teks Cerita Inspiratif Berbantuan Media Audio Visual Tiktok Pada Peserta Didik Kelas IX Di SMP AL-Ihsan Cimencrang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 4189-4197.

Kristiani, K. W., Sriasih, S. A., & Astika, I. M. (2015). Penerapan Metode Demonstrasi Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Teks Prosedur Pada Siswa Kelas VIII A1 SMP Negeri 3 Sawan. e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1-12. doi:https://doi.org/10.23887/jjpbs.v3i1.6601

Kustadi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep Dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Dekolah Dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran. An-Nida', 37(1), 27-35.

Manihuruk, R., Sari, S., Siagian, D., Sinaga, S., & Septrian, H. (2022). Peningkatan Kompetensi Siswa Dalam Menulis Teks Prosedur Melalui Aplikasi Tiktok Di SMK Negeri 9 Medan. Bahas, 33(4), 285-291.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upayah Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95-105.

Pujioni, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal Of Christian Education, 2(1), 1-19. doi:10.46445/djce.v2i1.396

Putri, E. N. (2022). Ekalasi Daya Tarik Media Pembelajaran Teks Prosedur Berbasis Konten Video Pendek Pada Sosial Media Tiktok. Esketika, 4(1), 10-14.

Resmini, N., & Juanda, D. (2007). Pendidikan Bahasa Dan Sastra Kelas Tinggi. Bandung: UPI Press.

Rusmini. (2018). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Segri Kabupaten Pangep. Universitas Makassar. Makassar: Skripsi (Tidak diterbitkan).

Sa'diyah, H. (2017). mproving Students’ Ability in Writing Descriptive Texts Through a Picture Series- Aided Learning Strategy. The English Teacher, 40(1993), 164-182.

Susetyo, & Noermanzah. (2020). Kemampuan dan Kesulian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Bengkulu Dalam Menulis Proposal Penelitian Skripsi. Simplari Bisa: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 32, 182-201.

Utomo, A. F., & Suhartono. (2023). Pengaruh Akun TikTok @Novelpedia Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Menulis Surat Priadi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ngadiluwih. Bapala, 10(4), 310-317.

Downloads

Published

2023-12-30

Issue

Section

Articles