PENGARUH PENGGUNAAN MAJALAH DINDING SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS PUISI SISWA KELAS X DI SMA N 1 SERIRIT
THE INFLUENCE OF USE OF WALL MAGAZINES AS A PUBLICATION MEDIA ON THE LEARNING OUTCOMES OF WRITING POETRY OF CLASS X STUDENTS AT SMA N 1 SERIRIT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.76153Keywords:
mading, puisi, eksperimenAbstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas X di SMA N 1 Seririt setelah menggunakan mading sebagai media publikasi serta menganalisis pengaruh yang diberikan oleh penggunaan mading sebagai media publikasi terhadap hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas X di SMA N 1 Seririt. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian post-test only design group. Hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas eksperimen (X2) menunjukkan mean sebesar 68.22, median sebesar 69.10, standar deviasi sebesar 8.751, varians sebesar 76.582, nilai minimum sebesar 55, serta nilai maximum sebesar 95. Perbandingan kedua rata-rata kelas menunjukkan adanya perbedaan sebesar 3,184 dengan nilai rata-rata siswa di kelas kontrol (X2) ialah 65,04 dan kelas eksperimen (X1) ialah 68,22. Perbedaan ini menunjukkan terdapat pengaruh yang diberikan melalui penerapan mading sebagai sarana publikasi hasil karya menulis puisi siswa.
References
Bursan, Ilham Zuhidayat. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Bulukumba Kabupaten Bulukumba melalui Strategi Pembelajaran Sugestopedia. Jurnal Pena, 1 (1).
Cintya Nurika Irma, et. All. Integration of Social Media As a Source of Poetry Appreciation Learning Information for High School Students. ICHSS, 1 (1).
Djaali. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Emeralda, Raisa Tiara, Edy Suryanto, & Ani Rakhmawati. 2019. Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Menulis Puisi dengan Media Audio Visual pada Siswa SMK. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3 (1). 74-86.
Kurniasih, Nia. 2021. Model Induktif dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMK Dharma Pertiwi Kab. Bandung Barat. Wistara Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2 (2), 102-111.
Linda RM. Gurning. 2021.Penerapan Visual pada Instagram sebagai Media Daya Tarik Kaum Milenial terhadap Puisi. Magenta :Official Journal STMK Trisakti, 5 (01):748-767.
Mudlofir, Ali & Rusydiyah, Evi Fatimatur. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Naufalia Aswan, Afina & Lutfhi Aulia, Nurul. 2019. Pembelajaran Menulis Puisi melalui Media Sosial Instagram sebagai Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Prosiding Sembasa: Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Tiga Kementerian, “Penelitian Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya sebagai Upaya Pembinaan dan Pengembangan Bahasa”. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung, 21 dan 22 November 2019.
Putri, Niza Nurdia ,& Siti Rukiyah. 2021. Keefektifan Media Wattpad dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMK Setia Darma Palembang. KREDO Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5 (1):381-394.
Putro Widyoko, S Eko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rahayu,Sri. 2015. Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Puisi dengan Media Gambar pada Siswa Menengah Pertama. Kajian Linguistik dan Sastra, 27 (2), 126-133.
Shaffer, Michael Lane. 2019. Impacting Student Motivation: Reasons for Not Eliminating Extracurricular Activities. Journal of Physical Education Recreation & Dance, 90(7). 8-14.
Somadana, Wayan. 2021. Implementasi Teknik Beriur Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11 (1).
Sriasih, Sang Ayu Putu, & Wisudariani, Ni Made Rai. 2024. Telaah Buku Teks. Denpasar:Pustaka Larasan.
Siti Hamsanah, Hamdah Fitriani, Dwi Hudhana, Winda & Erlangga Sanyoto, Dhipa. 2019. Efektifitas Media Sosial dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Tangerang, 9 (1).
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin. 2017. Psikologi Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Umroh, Tri Wahyuni Hidayatul. 2022. Pemanfaatan Aplikasi Instagram sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi . Prosiding : Senada (Seminar Nasional Daring) Membangun Insan Cendekia di Era society 5.0 Melalui Inovasi Pembelajaran, 595-600
Wicaksono, Andri, M. 2014. Pengkajian Prosa Fiksi (Edisi Revisi). Yogyakarta: Grundhawaca.
Widarmanto, Tjajono. 2017. Pengantar Jurnalistik:Panduan Awal Penulis dan Jurnalis. Yogyakarta: Araska Publisher.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Luh Sri Asih Jayani, Sang Ayu Putu Sriasih, Ni Made Rai Wisudariani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)