PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT
APPLICATION OF DIFFERENTIATION LEARNING MODELS TO IMPROVE STUDENTS' SPEAKING SKILLS IN LEARNING ANECDOTE TEXTS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.76561Keywords:
keterampilan berbicara, model pembelajaran berdiferensiasi, teks anekdotAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengkaji penerapan model pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas dan mengevaluasi respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran teks anekdot. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa di kelas kelas tahun ajaran 2023/2024. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan, model pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran teks anekdot meliputi diferensiasi pada komponen isi/konten, proses, produk, serta lingkungan belajar. Peningkatan hasil belajar terjadi pada siklus I dan siklus II, nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74,2 (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 80 (baik). Terdapat peningkatan sebesar 4,8%. Skor rata-rata respons siswa pada siklus I sebesar 81,9 (positif) dan pada siklus II sebesar 83,2 (positif) mengalami peningkatan sebanyak 1,3%. Secara umum respons siswa terhadap pembelajaran teks anekdot tergolong positif. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa masing-masing siswa memiliki karakteristik yang berbeda yang harus difasilitasi melalui pembelajaran berdiferensiasi.
References
Aulia, Fadillah Tri dan Sefi Indra Gumilar. 2021. Cerdas Jegas Berbahasa dan Bersastra Indonesia (untuk SMA/SMK Kelas X). Jawa Barat: CV Arya Duta.
Anindito Aditomo, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristek 2022. “Capaian Pembelajaran Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka”. SK BSKAP 008/H/KR/2022 Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka (paud.id) 8. CP Bahasa Indonesia.pdf (kemdikbud.go.id)
Bayumi, 2021. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi. Yogyakarta: Deepublish (CV Budi Utama).
Dwiyono, Yudo. 2021. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Depublish (CV Budi Utama).https://www.google.co.id/books/edition/Perkembangan_Peserta_Di dik/sbxFEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=karakteristik+masa+remaja&pg=PA 52&printsec=frontcover.
Evi, 2023. Aplikasi Kurikulum Merdeka: Fenomena Learning Loss Pada Pembelajaran Kimia. Bandung: Media Sains Indonesia.
Himmah, F. I dan Nursiwi Nugraheni. 2023. “Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi”. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Volume 4, Nomor 1. Tersedia pada https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/jrpd/article/view/16045/pdf .
Iskandar, Sofyan, 2023. “Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 4882-4890. Tersedia pada https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/6489/5411/12274 .
Jayanti, M. I, 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Richard I. Arends dan Kilcher: Konsep, Strategi, dan Optimalisasi Potensi Belajar Siswa”. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar el-Muhbib, 6(2), Tersedia pada http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/1215/761 .
Kamus Besar Bahasa Indonesia 2023. https://kbbi.web.id/diferensiasi. Diakses tanggal 04 Juli 2023.
Mariati Purba, dkk. 2021. Naskah Akademik Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar. Jakarta: Kemendikbud Ristek Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/03/Buku-Nasmik- ISBN.pdf.
Mirzachaerulsyah, Edwin. 2023. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi pada SMA Negeri di Pontianak)”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 9 (2), 1-6. Tersedia pada
https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/2983.
Mustika, Ika. 2023. “Pemanfaatan Cyberlink PowerDirector pada Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi”. Jurnal Indonesia Language Education and Literature (ILE&L). 8 (2), 333-346. Tersedia pada https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/1127 .
Riyanto, S dan Aglis A. H. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish (CV Budi Utama).
Rony. 2020. Potret Perkembangan Kurikulum Indonesia dari Masa ke Masa (Sejak Kurikulum tahun 1947 hingga sekarang). MPI Unisba.
Ruang Kolaborasi (Merdeka Belajar). “Capaian Pembelajaran”. Capaian Pembelajaran – Ruang Kolaborasi Mengajar Merdeka (kemdikbud.go.id)
Singalingging, Ropin. 2022. Guru Penggerak dalam Paradigma Pembelajaran Kurikulum Merdeka (Menciptakan Pembelajaran Sesuai Kebutuhan Anak). Bandung: Tata Akbar.
Sugianto. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi: Antara Manfaat dan Tantangan”. https://bgpsumsel.kemdikbud.go.id/pembelajaran- berdiferensiasi-antara-manfaat-dan-tantangannya/#:~:text=Untuk%20itulah%20maka%20pembelajaran%20berdifer ensiasi,berprestasi%20dengan%20yang%20tidak%20berprestasi.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Kemendikbud. 2022. Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Buku saku tanya jawab kurikulum merdeka - Repositori Institusi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemdikbud.go.id).
Khoirurrijal, 2022. Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Tedy, 2022. Penerapan Strategi dan Model Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar. Bandung: Media Sains Indonesia.
Unu, R. 2022. “Merdeka Belajar dan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instructions)”. Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/catatan-gp/merdeka- belajar-dan-pembelajaran-berdiferensiasi-differentiated-instructions/
Wahyuni, A. S, 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis”. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1). Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia pada
https://sinta.kemdikbud.go.id/affiliations/profile/509/?view=garuda#.
Wendra, I Wayan. 2021. Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposal Skripsi dan Artikel). Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.
Wisudariani, 2022. Model Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kelas Inklusi di SD Negeri 2 Bangkala Buleleng. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.
Widiastuti, Yuanita, 2023. “Implementasi dan Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Teks Anekdot untuk Siswa SMA”. Jurnal Semantik 12(1). http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/3488/1526 .
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dwi Bayu Mustika, Ida Ayu Made Darmayanti, Ni Made Rai Wisudariani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)