BENTUK DAN TEKNIK PERSUASIF EKSPEDISI INDONESIA BIRU PADA KANAL WATCHDOC IMAGE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS PERSUASIF
PERSUASIVE FORMS AND TECHNIQUES OF THE INDONESIAN BIRU EXPEDITION ON THE WATCHDOC IMAGE CHANNEL AND THEIR RELEVANCE TO THE LEARNING OF PERSUASIVE TEXT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.77335Keywords:
bentuk persuasif, Ekspedisi Indonesia Biru, teknik persuasifAbstract
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk bahasa persuasif Ekspedisi Indonesia Biru pada kanal Watchdoc Image, teknik persuasif Ekspedisi Indonesia Biru pada kanal Watchdoc Image, dan relevansi bentuk bahasa dan teknik persuasif Ekspedisi Indonesia Biru pada kanal Watchdoc Image terhadap pembelajaran teks persuasif di SMP. Subjek pada penelitian ini adalah video Ekspedisi Indonesia Biru pada kanal Watchdoc Image. Objek pada penelitian ini adalah bahasa persuasif pada Ekspedisi Indonesia Biru. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ekspedisi Indonesia Biru menggunakan empat macam bentuk bahasa persuasif yang terdiri atas bentuk bahasa persuasif berupa ajakan sebanyak 4 kutipan, bentuk bahasa persuasif berupa anjuran atau saran sebanyak 13 kutipan, bentuk bahasa persuasif berupa perintah sebanyak 3 kutipan, dan bentuk bahasa persuasif berupa penegasan sebanyak 5 kutipan, Ekspedisi Indonesia Biru menggunakan tiga macam teknik persuasif yang terdiri atas teknik persuasif asosiasi sebanyak 6 kutipan, teknik persuasif ganjaran sebanyak 2 kutipan, dan teknik persuasif tataan sebanyak 2 kutipan; dan Ekspedisi Indonesia Biru memiliki relevansi terhadap pembelajaran teks persuasif pada jenjang SMP.
References
Arikunto, S. 2022. Metode Penelitian Suatu Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Aji, Nanda Bayu Prakoso. 2020. Teknik-Teknik Wacana Persuasif dan Gaya Bahasa dalam Laman Instagram Kuliner Cilacap Periode Agustus-September 2019. Skripsi (tidak diterbitkan). Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Muhammadiyah Puwekerto.
Astutik, Rani. 2013. “Analisis Ungkapan Persuasif Dalam Iklan Katalog Oriflame Edisi September dan Oktober 2012”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Bikalawan, Avidya Adna. 2022. Teknik dan Gaya Bahasa Persuasif Pada Iklan Akun Instagram Merek Lokal Minuman Menantea. Jurnal Bapala, 9(4), 68-78.
Dardjowidjojo, Soedjono. 2003. Psikolingustik Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Effendy, Onong Uchjana. (2018). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hamidi. 2004. Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Press.
Hendri, Ezi. 2019. Komunikasi Persuasif: Pendekatan dan Strategi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Husin, Alfiansyah. 2022. Komunikasi Persuasif (Dakwah Quarish Shihab Dalam Channel Youtube Najwa Shihab. Jurnal Kajian Keislaman, 5(1), 39-55.
Junawan, Hendra. 2020. Eksistensi Media Sosial, Yotube, Instagram, dan Whatsapp Di Tengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 4(1), 41-57.
Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Maulina, Fatia dkk. 2018. Penggunaan Bahasa Persuasi Iklan Komersial di Televisi dan implikasinya di SMP. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 6(2) 1-8
Murtiningsih, Wiwik. 2014. “Penggunaan Bahasa Persuasif pada Artikel Majalah Aulia Edisi Oktober-Desember 2013.” Skripsi (tidak diterbitkan). Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenadamedia.
Nasrullah, Rulli. 2021. Manajemen Komunikasi Digital. Jakarta: Kencana Prenadamedia.
Niranjani, Ni Ketut Suliavitri. 2022. Analisis Kanal “Dongeng Kita” sebagai Bahan Materi Teks Cerita Fabel Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripsi. Singaraja: Undiksha
Novita, Dian. 2020. Analisis Bahasa Persuasif Pada Iklan Promosi di Kota Perbaungan. Jurnal Samudra Bahasa, 4(2), 17-35
Nur, Emilsyah. 2021. Peran Media Massa dalam Menghadapi Serbuan Media Online The Role Of Mass Media In Facing Online Media Attacks. Majalah Ilmu Semi Populer Komunikasi Massa, 2(1), 51-64.
Olang, Yusuf, dkk. 2019. Analisis Variasi Kalimat dan Teknik Persuasif Dalam Kampanye Pilkada Tingkat I Tahun 2018 Melalui Media Spanduk. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 73-82.
Putri, Frieda Isyana. 2015. Teknik-teknik Persuaif dalam Media Sosial (Studi Analisis Isi Kualitatif Pada Akun Mentor Parenting Ayah Edy di Youtube). Jurnal Komunikasi, 4(1).
Riyandi, A. D. (2019). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2019.
Suryani, Irma, dkk. (2021). Strategi Eksklusi pada Film Dokumenter The Mahuzes Karya Watchdoc Documentary: Kajian Critical Discourse Analysis Theo Van Leeuwen. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1085-1090.
Utami, Fitroh Tri. 2021. Youtube Sebagai Sumber Informasi Bagi Peserta Didik di Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Sinestesia, 11(1), 78-84.
Wati, Reni Irma. 2023. Teknik Persuasif Pada Iklah Kartu Seluler. Jurnal Bahasa dan Sastra, 10 (1), 67-75.
Wicaksono, L. 2016. Bahasa dalam Komunikasi Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1(2), 9–19.
Zhayoga, I. & Listyarini, I. 2020. Analisis Pengaruh Film Upin dan Ipin Terhadap Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Educational Journal, 3(1), 3–5.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Gede Rai Widana, I Wayan Artika, I Nyoman Sudiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)