STRUKTUR DAN KEBAHASAAN VIDEO TOKOH PADA KANAL “KESULTANAN NUSANTARA” SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI
STRUCTURE AND LANGUAGE OF VIDEOS OF CHARACTERS ON THE "KESULTANAN NUSANTARA" CHANNEL AND THEIR RELEVANCE TO THE LEARNING OF BIOGRAPHICAL TEXTS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.77582Keywords:
struktur, teks biografi, unsur kebahasaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur teks biografi dalam video tokoh pada kanal “Kesultanan Nusantara”, unsur kebahasaan teks biografi dalam video tokoh pada kanal “Kesultanan Nusantara”, dan relevansi video tokoh pada kanal “Kesultanan Nusantara” terhadap pembelajaran teks biografi. Subjek penelitian ini adalah delapan video tokoh yang terdapat dalam kanal “Kesultanan Nusantara”. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa metode simak dengan teknik catat dan metode dokumentasi, yang selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedelapan video sampel memiliki struktur yang sama dengan struktur teks biografi, yaitu memiliki orientasi, kejadian penting, dan reorientasi. Kedelapan video sampel juga memiliki unsur kebahasaan yang sama dengan unsur kebahasaan teks biografi, yaitu menggunakan kata ganti, kata kerja material, kata sifat, kata kerja pasif, kata kerja aktivitas mental, dan kata penanda urutan waktu. Video tokoh pada kanal “Kesultanan Nusantara” juga memiliki relevansi dengan Capaian Pembelajaran dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran teks biografi di kelas X.
References
Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.
Adilla, Ridha. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Teks Biografi Menggunakan Aplikasi Prezi untuk Siswa SMA Kelas X. Tesis. FKIP Unila.
Adiningsih, dkk. 2023. “Kemampuan Memproduksi Teks Biografi Siswa Kelas X SMKN 2 Kuripan”. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1572-1580.
Annur, Cindy Mutia. 2023. “10 Negara dengan Jumlah Pengguna YouTube Terbanyak di Dunia (Januari 2023)”. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/28/pengguna-youtube-di-indonesia-peringkat-keempat-terbanyak-di-dunia-pada-awal-2023 (diakses 27 Mei 2023).
Ariani, Ni Kadek dkk. 2021. “Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43-52.
Ario, Foy. 2020. “Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia”. https://repositori.kemdikbud.go.id/19396/1/Kelas%20X_Bahasa%20Indonesia_KD%203.15.pdf (diakses 27 Juli 2023).
Aulia, Fadillah Tri dan Sefi. 2021. Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Cahyani, Inna Risky. 2020. “Pemanfaatan Media Animasi 3D di SMA”. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 57-68.
Diantari, Ni Putu Liana Randika. “Analisis Kanal BooktubeID sebagai Media Pembelajaran Teks Resensi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(4), 445-458.
Eliza, Siti Nur dkk. 2021. “Analisis Struktur dan Unsur Kebahasaan pada Teks Biografi Nadiem Makarim serta Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas X SMA Tahun 2021”. Jurnal Pendidikan Riset dan Konseptual, 5(4), 588-596.
Hafidulloh dkk. 2021. Manajemen Guru: Meningkatkan Disiplin dan Kinerja Guru. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.
Harahap, Fathyah Ulfa. 2023. “Efektifitas Metode Kunjung Karya terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Pematangsiantar”. Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 3(4), 162-173.
Hermansyah dkk. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dalam Pembelajaran Teks Biografi”. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 6(1), 379-383.
Hidayat, Deny Riyan. 2020. Pengembangan Modul Teks Biografi Berbasis Kesetaraan Gender. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP UM Surabaya.
Irpan, Muhamad. 2021. Analisis Aspek Makna dan Kebahasaan Teks Biografi dalam Buku Kumpulan Teks Biografi Biografi Para Ilmuwan Muslim Karya Wahyu Murtiningsih sebagai Alternatif Bahan Ajar di SMA Kelas X. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Unsil.
Jurianto, Izzah Putri. 2023. “Mengenal Kata Kerja Mental: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kalimat”. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6783254/mengenal-kata-kerja-mental-pengertian-fungsi-dan-contoh-kalimat (diakses 22 Februari 2024).
Kosasih, E dan Hari Wibowo. 2020. Materi Utama Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Bandung: UPI Press.
Kurniawati, Cicik. 2019. Berbagai Jenis Teks. Bandung: Pakar Raya.
Mahdalena. 2023. “Analisis Teks Biografi Karya Siswa Kelas X IBB2 SMA N 1 Tejakula”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(3), 353-359.
Mardiastuti, Aditya. 2022. “Kata Kerja Pasif: Pengertian, Jenis, dan Contohnya”. https://www.detik.com/jabar/berita/d-6260448/kata-kerja-pasif-pengertian-jenis-dan-contohnya (diakses 15 Februari 2024).
Mayasari, Annisa dkk. 2021. “Pengaruh Media Visual pada Materi Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik”. Jurnal Tahasinia, 2(2), 173-179.
Ningsih, Diana Sri Wahyuni. 2022. Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Autentik Berbantuan Aplikasi Edmodo pada Materi Teks Biografi untuk Siswa Kelas X SMA Swasta Melati. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP UISU.
Nurfadhillah, Septy. 2021. Media Pembelajaran. Bandung: CV Jejak, Anggota IKAPI.
Rahayu, Imaniah Kusuma dkk. 2022. “Biografi Sastrawan Lokal dalam Pembelajaran Teks Biografi untuk Peserta Didik SMA”. Jurnal Sinestesia, 12(2), 739-746.
Rizal, Diman Muhammad Imami. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Thik Talk Write terhadap Kemampuan Menganalisis Aspek Makna dan Kebahasaan serta Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi (Eksperimen pada Siswa Kelas X MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP UNSIL.
Sa’diah, Aminatus dkk. 2023. “Analisis Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Audiovisual Berupa Video Animasi pada Materi Optik Geometri”. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 9(1), 27-31.
Sari dkk. 2019. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Melalui Model Think Talk Write pada Peserta Didik Kelas X IPA 2 SMAN 09 Malang”. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 65-76.
Suryadi, Ahmad. 2020. Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid II. Sukabumi: CV Jejak, anggota IKAPI.
Sukmayanti. 2021. “Video YouTube Kreasi Guru: Sebuah Inovasi Menghadapi Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh”. Jurnal Estetika. 3(1), 24-32.
Wahyuni, Fitri dkk. 2020. “Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Raya”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(11), 1-8.
Wahyuni, Neneng dan Wirda Linda. 2021. “Penguasaan PUEBI dan Keterkaitannya dengan Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa SMA”. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 1(2), 86-92.
Wibawa, Ida Bagus Mas Permana. 2019. “Analisis Struktur dan Kebahasaan Buku Mohammad Hatta dan Relevansinya dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi di Kelas X Kurikulum 2013”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2), 300-312.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Kadek Ray Putri Yunitha Candra Dewi, Ade Asih Susiari Tantri, Made Sri Indriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)