STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN CERITA RAKYAT PADA KANAL “KEJARCITA” SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI
STRUCTURE AND LANGUAGE RULES OF FOLK STORIES ON THE "KEJARCITA" CHANNEL AND THEIR RELEVANCE TO LEARNING TO WRITE FANTASY STORY TEXTS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.78089Keywords:
cerita fantasi, cerita rakyat, kaidah kebahasaan, strukturAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan cerita rakyat yang terdapat pada kanal YouTube “Kejarcita” serta relevansinya terhadap pembelajaran menulis teks cerita fantasi di SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah cerita rakyat yang terdapat pada kanal YouTube “Kejarcita” sedangkan objek dalam penelitian ini adalah struktur dan kaidah kebahasaan cerita rakyat. Data dikumpulkan menggunakan metode simak catat dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari segi struktur, cerita rakyat yang diunggah pada kanal YouTube “Kejarcita” telah mengandung struktur berupa orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Kemudian, dari segi kebahasaan telah mengandung kaidah kebahasaan berupa kata urutan waktu, kata kerja, kata sifat, kata sandang, sudut pandang tokoh ketiga, dan dialog. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar keterampilan menulis teks cerita fantasi di SMP.
References
Dewi, Kadek Siska Yulia. 2023. Analisis Siniar “Dongeng Anak Masa Kini” sebagai Materi Ajar dalam Pembelajaran Cerita Fantasi di SMP Kelas VII. Skripsi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Fadila, A. 2020. Struktur dan Nilai-Nilai Cerita Rakyat Kabupaten Cirebon dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar di SMA. Jurnal Tuturan, 9 (1), 40-45.
Hamidi. 2004. Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Press.
Harsiati. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Edisi Revisi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hikmat, Mahi M. 2011. Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Indriani, Made Sri. 2019. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Penggunaan Video Cerita. Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya. 14 (02), 56-64.
Jauhari, Heri. 2018. Folklor Bahan Kajian Ilmu Budaya, Sastra, dan Sejarah. Bandung: Yrama Widya.
Kosasih & E. Kurniawan. 2018. Jenis-jenis Teks, Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.
Laila, Nur Alfiah & Nini Ibrahim. 2021. Stuktur dan Kaidah Kebahasaan Cerita Rakyat dalam BSE Bahasa Indonesia Kelas X SMA Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 11 (4), 395-402.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV. Pustaka Setia.
Mahsun. 2013. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ma’uusara, Siti. 2020. Penggunaan Media YouTube pada Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII MTs Negeri 13 Jakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Meliana, Dinda. 2022. Struktur dan Kaidah Kebahasaan Opini Pada Media Massa Online Jawapos.com serta Relevansinya terhadap Pembelajaran Menulis Teks Editorial. Skripsi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Nindiyani. 2019. Analisis, Bentuk, Fungsi, Makna, dan Nilai Cerita Rakyat Usman Berkat pada Masyarakat Blagar Kabupaten Alor (Kajian Linguistik Kebudayaan). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,, 1 (2), 74-86.
Niranjani, Ni Ketut Suliavitri. 2022. Analisis Kanal “Dongeng Kita” sebagai Bahan Materi Teks Cerita Fabel Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripsi. Singaraja: Undiksha.
Sadikin, Asep Ganda. 2016. Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Saputra, Mochammad Ronaldy Aji. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan Addie Model. Jurnal IKA Undiksha, 11 (1).
Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tafonao, Talizaro. 2018. “Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa”. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2 (2), 103-114.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20, Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3.
Wahyuddin, W. 2016. Kemampuan Menentukan Isi Cerita Rakyat Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Raha. Jurnal Bastra, 1 (01), 1-21.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Nyoman Diaz Tripramesti, Ni Made Sri Indriani, Ade Asih Susiari Tantri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)