KEMAMPUAN SISWA MENERAPKAN EJAAN DALAM PENULISAN KARANGAN ARGUMENTASI DI KELAS X SMA LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i7.1153Abstrak
KEMAMPUAN SISWA MENERAPKAN EJAAN DALAM PENULISAN KARANGAN ARGUMENTASI DI KELAS X SMA LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA
Oleh
I Putu Suartika, NIM 0912011034
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan siswa menerapkan kaidah pemakaian huruf kapital dalam penulisan karangan argumentasi di kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja, (2) mendeskripsikan kemampuan siswa menerapkan kaidah penulisan kata depan dalam karangan argumentasi di kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja, (3) mendeskripsikan kemampuan siswa menerapkan kaidah penulisan partikel dalam karangan argumentasi di kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja, dan (4) mendeskripsikan kemampuan siswa menerapkan kaidah pemakaian tanda baca dalam penulisan karangan argumentasi di kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja tahun ajaran 2012/2013, sedangkan objek dalam penelitian ini meliputi kemampuan menggunakan huruf kapital, kata depan, partikel dan tanda baca. Data penelitian ini diperoleh dengan metode tes. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa dalam menerapkan kaidah pemakaian huruf kapital memperoleh hasil kurang dengan skor rata-rata 5,5, (2) kemampuan siswa dalam menerapkan kaidah penulisan kata depan memperoleh hasil baik dengan skor rata-rata 8,2, (3) kemampuan siswa dalam menerapkan kaidah penulisan partikel memperoleh hasil amat baik dengan skor rata-rata 9,9, dan (4) kemampuan siswa dalam menerapkan kaidah pemakaian tanda baca memperoleh hasil baik dengan skor rata-rata 7,9.
Kata kunci: ejaan, kemampuan siswa, penulisan karangan argumentasi
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)