KEMAMPUAN SISWA MENERAPKAN EJAAN DALAM PENULISAN KARANGAN ARGUMENTASI DI KELAS X SMA LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

Penulis

  • Putu Suartika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i7.1153

Abstrak

KEMAMPUAN SISWA MENERAPKAN EJAAN DALAM PENULISAN KARANGAN ARGUMENTASI DI KELAS X SMA LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

Oleh

I Putu Suartika, NIM 0912011034

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Bahasa dan Seni

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan siswa menerapkan kaidah pemakaian huruf kapital dalam penulisan karangan argumentasi di kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja, (2) mendeskripsikan kemampuan siswa menerapkan kaidah penulisan kata depan dalam karangan argumentasi di kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja, (3) mendeskripsikan kemampuan siswa menerapkan kaidah penulisan partikel dalam karangan argumentasi di kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja, dan (4) mendeskripsikan kemampuan siswa menerapkan kaidah pemakaian tanda baca dalam penulisan karangan argumentasi di kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja tahun ajaran 2012/2013, sedangkan objek dalam penelitian ini meliputi kemampuan menggunakan huruf kapital, kata depan, partikel dan tanda baca. Data penelitian ini diperoleh dengan metode tes. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa dalam menerapkan kaidah pemakaian huruf kapital memperoleh hasil kurang dengan skor rata-rata 5,5, (2) kemampuan siswa dalam menerapkan kaidah penulisan kata depan memperoleh hasil baik dengan skor rata-rata 8,2, (3) kemampuan siswa dalam menerapkan kaidah penulisan partikel memperoleh hasil amat baik dengan skor rata-rata 9,9, dan (4) kemampuan siswa dalam menerapkan kaidah pemakaian tanda baca memperoleh hasil baik dengan skor rata-rata 7,9.

Kata kunci: ejaan, kemampuan siswa, penulisan karangan argumentasi

Diterbitkan

2013-07-25

Terbitan

Bagian

Articles