PENGARUH VOLUME PENJUALAN MENTE DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP LABA BERSIH PADA UD. AGUNG ESHA TAHUN 2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.3293Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh volume penjualan mente terhadap laba bersih pada UD. Agung Esha tahun 2013, (2) pengaruh biaya operasional terhadap laba bersih pada UD. Agung Esha tahun 2013, dan (3) pengaruh volume penjualan mente dan biaya operasional terhadap laba bersih pada UD. Agung Esha tahun 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah UD. Agung Esha sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah volume penjualan mente, biaya operasional dan laba bersih. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan dianalisis dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa volume penjualan berpengaruh terhadap laba bersih pada UD. Agung Esha tahun 2013. Hal tersebut dilihat dari hasil analisis ttes yang memperlihatkan bahwa nilai thitung = 5.650 > ttabel = 1.81246. Besar pengaruh volume penjualan mente terhadap laba bersih adalah sebesar 0,883. Biaya operasional berpengaruh terhadap laba bersih pada UD. Agung Esha tahun 2013. Hal tersebut dilihat dari hasil analisis ttes yang memperlihatkan bahwa nilai thitung = 3.078 > ttabel = 1.81246. Besar pengaruh biaya operasional terhadap laba bersih adalah sebesar - 0,716. Volume penjualan dan biaya operasional berpengaruh terhadap laba bersih pada UD. Agung Esha tahun 2013. Hal tersebut dilihat dari hasil analisis Ftes yang memperlihatkan bahwa nilai Fhitung = 135.244 > Ftabel = 4,26. Besarnya pengaruh volume penjualan mente dan biaya operasional terhadap laba bersih pada UD. Agung Esha tahun 2013 adalah sebesar 96,8%, sedangkan sisanya sebesar 3,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.Kata Kunci : volume penjualan, biaya operasional, laba bersih
This research aimed to know (1) The profit influence of selling mente in UD. Agung Esha in 2013, (2) The profit influence through operational of selling mente in UD. Agung Esha in 2013, and (3) The influence of selling mente and the cost of operational to the profit income in UD. Agung Esha in 2013. This research is quantitative. The subject of this research is UD. Agung Esha and for the object of this research is the amount of selling mente, the operational cost and the profit income. The data is collected through documentation and analysing through regression linier bifilar. The result of this research is showed that the amount of selling is influential through profit income in UD. Agung Esha 2013. In this case is analysed using ttest that show the value tarithmetic = 5.650 > ttable = 1.81246. The big influence selling mente through profit income is 0.883. The operational cost is influence through profit income in UD. Agung Esha 2013. That is analysed through ttest is show that value tarithmetic = 3.078 > ttable = 1.81246. Big influence operational cost through profit income is - 0,716. The selling amount and operational cost influential through profit income in UD. Agung Esha 2013. In this case, the result of analysing Ftest that show value of Farithmetic = 135.244 > Ftable = 4,26. The influence of selling mente and operational cost through profit income in UD. Agung Esha 2013 is 96,8% while the rest is 3,2% is influence by another factor which is not included in this research.
keyword : selling amount, operational cost, profit income
Published
2014-07-11
Issue
Section
Articles