Hubungan antara Motivasi Belajar dan Sikap Ilmiah Dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i2.28688Abstract
penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar fisika siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara motivasi belajar dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan metode kuantitatif korelasional. sampel dalam penelitian ini berjumlah 205 orang siswa. Data motivasi belajar dan sikap ilmiah siswa dikumpulkan menggunakan kuesioner, dan data prestasi belajar fisika siswa dikumpulkan menggunakan tes prestasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar yang dapat dilihat dari persamaan regresi menunjukkan arah positif Y = 35,99 + 0,05X1 + 0,07X2 dan hubungan yang signifikan dilihat dari Fhitung > Ftabel (5,11 > 3,04). Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 2 Denpasar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.