PENGARUH METODE LEARN TO THINK (LTT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpf.v1i1.3279Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara kelompok siswa yang belajar menggunakan metode LTT dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan metode direct instruction. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seririt tahun pelajaran 2013/2014, yang terdiri atas 283 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 73 orang siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan Anava satu jalur. Sebagai tindak lanjut dari Anava, digunakan Least Significant Difference (LSD) untuk menguji signifikansi perbedaan skor rata-rata tiap kelompok perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar menggunakan metode LTT dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan metode direct instruction (F = 59,098; p<0,05) dengan LSD = 0,052; Δµ = 0,195. Kelompok siswa yang belajar dengan metode LTT menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan metode direct instruction.Kata Kunci : Kata-kata kunci: metode Learn To Think (LTT), metode direct instruction, kemampuan berpikir kreatif.
This research aimed at analizing the differences of creative thinking ability between group of students who studied by using LTT method and group of students who studied by using direct instruction method. The kind of this research was quasi experiment with pretest-posttest nonequivalent control group design. The population of this research was eighth grade students of SMP Negeri 1 Seririt in the academic year 2013/2014 which consisted of 283 students. The total sample in this research was 73 students which was chosen by using random sampling techniques. The data were analyzed by using descriptive statistics and one-way Anava. For further analyses to test the significance of average score difference of each treatment group, Least Significant Difference (LSD) was used. The result of the analyses shows that there are differences in creative thinking ability between group of students who study with LTT method and group of students who study with direct instruction method ((F = 59,098; p<0,05) with LSD = 0,052; Δµ = 0,195. The group of students who study with LTT method shows that the enhancement of creative thinking ability is better than the group of students who study with direct instruction method.
keyword : Key words: Learn To Think (LTT) method, direct instruction method, creative thinking ability.
Published
2014-07-11
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.