PENGEMBANGAN MODUL STATISTIKA DENGAN ASESMEN BERBASIS CP UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpf.v12i2.53083Abstract
Penelitian dan Pengembangan ini difokuskan untuk mengembangkan modul statistika dengan asesmen formatif barbasis capain pembelajaran (CP). Modul dikembangkan menggunakan tahapan: studi pendahuluan, pembuatan prototipe modul, validasi, uji coba, dan pelaporan, yang diadopsi dari model pengembangan Borg and Gall. Modul dikatakan valid berdasarkan penilaian validator; dikatakan praktis berdasarkan hasil angket respon dosen dan mahasiswa; dan dikatakan efektif berdasarkan hasil ujicoba. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul memenuhi kevalidan dengan rata-rata 4,6 dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon dosen memenuhi kriteria kepraktisan dengan rata-rata 4,8 berkategori sangat valid. Hasil angket respon mahasiswa memenuhi kriteria kepraktisan dengan rata-rata 4,09 berkategori sangat valid. Sedangkan hasil kuesioner self-efficacy dan tes hasil belajar mahasiswa memenuhi kriteria keefektifan yang ditunjukkan dari hasil nilai rata-rata hasil belajar 80.3 dan nilai rata-rata self-efficacy 73,3 masing-masing berkategori tinggi. Berdasarkan ketiga hasil tersebut menunjukkan bahwa modul statistika dengan asesmen formatif berbasis CP memenuhi ketiga kriteria tersebut, yaitu: valid, praktis, dan efektif.
Kata kunci: modul, self-efficacy, hasil belajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.