Deskripsi Strategi Pembelajaran Peta Konsep (Concept Mapping): Upaya Pengembangan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP Mutiara Singaraja Tahun Pelajaran 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpf.v2i1.5550Abstract
Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran peta konsep yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran yang diterapkan oleh guru IPA dalam upaya mengembangkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPA di kelas VII SMP Mutiara Singaraja. Subjek penelitian ini adalah seorang guru IPA yang mengajar kelas VII dan 39 siswa kelas VII SMP Mutiara Singaraja tahun pelajaran 2014/2015, dan objek penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran peta konsep, faktor-faktor penghambat yang ditemui guru, upaya guru dalam mengatasi faktor penghambat, dan pemahaman konsep siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru IPA sesuai dengan standar Permendiknas, yaitu: menyiapkan silabus, RPP, materi ajar, LKS,dan peta konsep. (2) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru IPA dengan strategi pembelajaran peta konsep sudah sepenuhnya menerapkan rancangan pembelajaran yang telah disusun meliputi pendahuluan, kegiatan inti; presentasi abstraksi dan proposisi aplikasi, dan penutup. (3) penilaian yang dilakukan oleh guru IPA merupakan penilaian komperhensif yang diperoleh dari nilai peta konsep siswa, tes, dan nilai sikap. (4) faktor penghambat yang ditemui guru bersumber dari internal diri siswa, seperti malasnya siswa untuk membaca, adanya perbedaan kemampuan siswa serta situasi kelas yang kurang kondusif. (5) upaya guru IPA dalam mengatasi faktor penghambat tersebut adalah memberikan tugas menulis tugas yang sama secara berulang-ulang dalam jumlah tertentu kepada siswa yang malas dan menuntun siswa untuk menemukan konsep kunci. (6) nilai pemahaman konsep siswa berdasarkan hasil tes essay, yaitu pada materi zat & wujudnya sebanyak 28 siswa tuntas mencapai nilai KKM dengan KK 71,79% dan 11 siswa belum tuntas dengan KK 28,21%. Sedangkan pada hasil tes essay Pemuaian sebanyak 25 siswa tuntas mencapai nilai KKM dengan KK 64,11% dan 14 siswa belum tuntas dengan ,KK 35.89%. Hasil-hasil tersebut mengindikasikan bahwa strategi pembelajaran peta konsep yang diterapkan oleh guru IPA di kelas VII SMP Mutiara Singaraja dapat mengembangkan pemahaman konsep IPA siswa dalam pembelajaran IPA.Kata Kunci : strategi pembelajaran peta konsep (concept mapping), pemahaman konsep IPA
This descriptive study aimed at describing the concept map learning strategies which include planning, implementation, and assessment of learning implemented by the science teachers in effort to develop the student’s concept understanding in physics teaching learning at class VII of SMP Mutiara Singaraja. This subject of this research were a science teacher who teaches at seventh grade and 39 students of class VII of SMP Mutiara Singaraja in academic year 2014/2015, while the object of this research included planning, implementation, and assessment of learning using concept map learning strategy, inhibiting factors, the teachers’ efforts to overcome the inhibiting factors, and the student’s concept understanding. Data were collected through observation, interviews, documentation, and test. The results show that (1) The learning plan done by the science teacher has been in accordance with the Permendiknas standard, namely: preparing the syllabus, lesson plans, teaching materials, worksheets, and concept maps. (2) The implementation of the learning undertaken by science teacher with concept map learning strategy has already fully implemented the lesson plan arranged which includes the introduction, the core activities; presentation of abstract and application proposition, and closing. (3) Assessment carried out by the science teacher is a comprehensive assessment obtained from the student’s concept map score, tests, and attitude score. (4) Inhibiting factors encountered by the teacher come from the internal of student itself, such as the laziness of the students to read, the difference in the ability of students, and the not conducive classroom situations. (5) The attempt of science teacher to overcome the obstacle factors is by giving a repetitive writing task with the same task in a certain amount to the lazy students and guiding the students to find a key concept. (6) the value of understanding the concept of students based on the results of the test essay, namely the material substance and its form as many as 28 students completed reached a value of KKM with KK 71.79% and 11 students have not finished with KK 28.21%. While of the essay test material Expansion results of 25 students completed reach a value of KKM with KK 64.11% and 14 students not finished with KK 35.89%. These results indicate that the concept map learning strategy applied by a science teacher in class VII of SMP Mutiara Singaraja can develop an understanding of the student’s science concept in learning science.
keyword : learning strategy map concept (concept mapping), understanding the concept science of student
Published
2015-07-28
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.