Hubungan Antara Iklim Kelas dan Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MIA SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpf.v2i1.5671Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) menganalisis hubungan antara iklim kelas dengan motivasi belajar siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Singaraja; 2) menganalisis hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Singaraja; 3) dan menganalisis hubungan antara iklim kelas dan kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Singaraja pada tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian menggunakan metode korelasi dengan jenis penelitian ex-post facto. Sampel sebanyak 100 siswa dipilih dengan menggunakan teknik proposional random sampling dari 134 siswa kelas X MIA di SMA Negeri 2 Singaraja. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan reliabilitas untuk variabel iklim kelas sebesar 0,918, kecerdasan emosional sebesar 0,879, dan motivasi belajar sebesar 0,910. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier sederhana, dan regresi ganda dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat hubungan yang signifikan antara iklim kelas dengan motivasi belajar siswa (F=49,979;p<0,05) dengan sumbangan efektif sebesar 21,90%; 2) terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa (F=21,460;p<0,05) dengan sumbangan efektif sebesar 22,80%; 3) terdapat hubungan yang signifikan antara iklim kelas dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan motivasi belajar siswa (F=39,167;p<0,05) dengan sumbangan efektif sebesar 44,70%.Kata Kunci : iklim kelas, kecerdasan emosional, motivasi belajar
This research aims at: 1) analyzing the relationship between classroom climate and students learning motivation of class X MIA students of SMA Negeri 2 Singaraja; 2) analyzing the relationship between emotional intelligence and student learning motivation of class X MIA students of SMA Negeri 2 Singaraja; and 3) analyzing the relationship among classroom climate and emotional intelligence together with student learning motivation of class X MIA students of SMA Negeri 2 Singaraja.This research used the correlation method with the type of ex-post facto research. Sample, 100 students, were selected by using proportional random sampling technique from 134 students of class X MIA in SMA Negeri 2 Singaraja. Data were collected by using a questionnaire with the reliability of variable classroom climate 0,918, emotional intelligence 0,879, and student learning motivation 0,910. Data analysis used descriptive analyze, simple linear regression and multiple regression two predictors. The results show that: 1) there is a significant relationship between classroom climate with learning motivation (F = 49.979; p<0.05) with the effective contribution 21.90%; 2) there is a significant relationship between emotional intelligence with learning motivation (F = 21.460; p<0.05) with the effective contribution 22.80%; 3) there is a significant relationship among classroom climate and emotional intelligence together with learning motivation (F = 39.167; p<0.05) with the effective contribution 44.70%
keyword : classroom climate, emotional intelligence, learning motivation
Published
2015-07-30
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.