KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Authors

  • Kd Agus Ariadi .
  • Prof. Dr.I Wayan Suastra,M.Pd .
  • Dr. A.A.Istri Agung Rai Sudiatmika,M.P .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v2i1.5942

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan pengelolaan kelas sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data penelitian adalah fakta dan hubungan antara fenomena terkait keterampilan pengelolaan kelas, motivasi belajar, dan prestasi belajar siswa. Instrumen utama adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukung berupa angket motivasi belajar dan tes prestasi belajar. Analisis data yang dilakukan dengan langkah kerja adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan pengelolaan kelas yang diterapkan oleh guru fisika mampu memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa
Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Pembelajaran Fisika

This study aimed at describing the classroom management skill as an effort to improve students’ learning motivation and achievement. The method used in this study was qualitative. Data of this study was the facts and relationship between the phenomena which related to the classroom management skills, learning motivation, and student achievement. The main instruments were the researcher itself and supporting instruments such as learning motivation questionnaires and learning achievement test. Data analysis followed by working steps was data reduction, data presentation, data verification, and data validity test. The results of the study indicate that the class room management skills applied by a physics teacher is able to provide a positive impact towards learning motivation and student’s achievement.
keyword : Classroom Management, Learning Motivation, Achievement, Learning Physics

Published

2015-08-12

Issue

Section

Articles