PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X JURUSAN MIPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpf.v4i2.7849Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran inkuiri bebas dengan siswa yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran langsung pada pembelajaran fisika siswa kelas X Jurusan MIPA. Penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan menggunakan rancangan pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 1 Negara dengan jumlah populasi 288 orang. Penentuan sampel penelitian ditetapkan dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang. Data keterampilan berpikir kritis dianalisis secara deskriptif menggunakan uji t (independent sample t test). Hasil analisis uji t (thitung=8,655>ttabel =1,994;p<0,05) menunjukkan bahwa variabel independen yang diuji berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri bebas dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Berdasarkan temuan tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri bebas berpengaruh terdapat keterampilan berpikir kritis siswa.Kata Kunci : model pembelajaran inkuiri bebas, model pembelajaran langsung, keterampilan berpikir kritis.
This study aimed at analysing the differences between the critical thinking skill between the students who learned by using free inquiry learning model and the students who learned by using the direct instruction learning model on physics learning of class X MIPA (Mathematics and Natural Science) students. This study was a quasi eksperiment with using pretest posttest control group design. The population of the study was all students ( 288 students) of class X MIPA of SMAN 1 Negara. 72 students were selected as the samples by using simple random sampling. Data of critical thinking skill were analyzed by using t-independent test. The result t-independent test (tobserved=8.655> ttable=1.994;p<0.05) which indicate that the tested independent variable positively and significantly influences towards the critical thinking skill. The result shows that there are differences in critical thinking skill of between the students who learn by using free inquiry learning model and the students who learn by using direct instruction learning model. Based on the findings, it can be concluded that the free inquiry learning model gives positive contribution towards the students’ critical thinking skill.
keyword : free Inquiry, direct Instruction, critical thinking skill.
Published
2016-07-25
Issue
Section
Articles
License
 Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.