PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA KELAS XI IPA 2
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpf.v14i2.85098Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) pada materi fluida di kelas XI IPA 2. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 21 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Data diperoleh melalui pretest dan posttest yang mengukur hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model SOLE. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah penerapan model SOLE. Nilai rata-rata pretest adalah 23,48, sedangkan nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 63,19. Uji t (paired sample t-test) menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest siswa setelah penerapan model SOLE. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran Self Organized Learning Environments terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida di kelas XI IPA 2, dapat disimpulkan bahwa penerapan model SOLE terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Pengaruh ini ditunjukkan oleh adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran SOLE.
Kata kunci: self organized learning environments (sole), hasil belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Algianto Asi, Dewa Gede Eka Setiawan, Ritin Uloli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.