PROFESIONALISME GURU DALAM PENGIMPLEMENTASIAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA DI KOTA SINGARAJA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis profesionalisme guru
dalam pengimplementasian RPP pada mata pelajaran geografi SMA di
Kota Singaraja, (2) mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru dalam
pengimplementasian RPP pada mata pelajaran geografi SMA di Kota
Singaraja. Rancangan yang digunakan adalah penelitian deskriptif.
Penelitian ini merupakan studi populasi yang dilaksanakan pada empat
SMA Negeri dan dua SMA Swasta di Kota Singaraja. Fokus penelitian ini
adalah profesionalisme guru dalam pengimplementasian RPP pada mata
pelajaran geografi SMA di Kota Singaraja. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, pencatatan dokumen dan
dokumentasi yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru dalam
pengimplementasian RPP pada mata pelajaran geografi SMA di Kota
Singaraja terkategori cukup profesional.
dalam pengimplementasian RPP pada mata pelajaran geografi SMA di
Kota Singaraja, (2) mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru dalam
pengimplementasian RPP pada mata pelajaran geografi SMA di Kota
Singaraja. Rancangan yang digunakan adalah penelitian deskriptif.
Penelitian ini merupakan studi populasi yang dilaksanakan pada empat
SMA Negeri dan dua SMA Swasta di Kota Singaraja. Fokus penelitian ini
adalah profesionalisme guru dalam pengimplementasian RPP pada mata
pelajaran geografi SMA di Kota Singaraja. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, pencatatan dokumen dan
dokumentasi yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru dalam
pengimplementasian RPP pada mata pelajaran geografi SMA di Kota
Singaraja terkategori cukup profesional.
Article Details
Section
Articles