Microblog dan Mobile Learning: Inovasi Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Creativity Skill

Main Article Content

Kusuma Dewi
Kristin Indahwati
Lusi Febrianti

Abstract

Kreativitas adalah keterampilan yang penting dimiliki siswa dalam mencapai kesuksesan pembelajaran abad 21. Keterampilan ini dapat dicapai melalui pemanfaatan microblog. Microblog menumbuhkan minat dan mempersiapkan siswa menjadi kreator dalam kehidupan sehari-hari. Pemanfaatan microblog di era digital dapat melalui penerapan mobile learning. Mobile learning mendukung pembentukan keterampilan siswa melalui perangkat mobile. Penelitian ini bertujuan untuk mengajukan inovasi metode pembelajaran daring untuk mencapai kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Malang. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu mobile learning dengan platform Google Meet dan Google Classroom. Selain itu penelitian ini menggunakan learning tools yaitu Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan microblog dalam pembelajaran mobile learning dapat membantu pencapaian kreativitas siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil ketuntasan belajar siswa yang mencapai angka 79% dengan rata-rata nilai yang diperoleh adalah 87,7 dari nilai ketuntasan produk. Inovasi pembelajaran proyek melalui microblog ini dapat menjadi alternatif pembelajaran online.

Article Details

Section
Articles

References

Al-Maroof, R.S., et al. (2020): Fear from COVID-19 and technology adoption: the impact of Google Meet during Coronavirus pandemic. Interactive Learning Environments, 1-16.

Aripin, I. (2018). Konsep Dan Aplikasi Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bio Educatio, 3(1), 1-9.

Bexheti, L. A., Ismaili, B. E., & Cico, B. H. (2014). An analysis of social media usage in teaching and learning: The case of SEEU. In Proceedings of the 2014 International Conference on Circuits, Systems, Signal Processing, Communications and Computers (pp. 90-94).

Calimag, J. a N. N. V, Miguel, P. A. G., Conde, R. S., & Aquino, L. B. (2014). Ubiquitous Learning Environment Using Android Mobile Application. International Journal of Research in Engineering and Technology, 2(2), 119–128.

Collard, P., & Looney, J. (2014). Nurturing creativity in education. European Journal of Education, 49(3), 348–364. https://doi.org/10.1111/ejed.12090.

Darmawan, D. (2013). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Darmawan, D. (2016). Mobile Learning Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Dewi, K., Pratisia, T., & Putra, A. K. (2021). Implementasi pemanfaatan google classroom, google meet, dan instagram dalam proses pembelajaran online menuju abad 21. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 533-541.

Dixon, K.V., Sanders, A., & Putman, R.S. (2018). Using Microblogging as a Social Media Tool for Discussions in Higher Education Classrooms. The Journal of Social Media in Society Spring 7(1), 339–365.

Ebner M, Lienhardt C, Rohs M, et al. (2010). Microblogs in higher education – a chance to facilitate informal and process-oriented learning? Computers & Education, 55(1), 92–100.

Grosseck, G., & Holotescu, C. (2010). Microblogging multimedia-based teaching methods best practices with Cirip. eu. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(2), 2151-2155.

Guo, J., & Woulfin, S. (2016). Twenty-first century creativity: An investigation of how the partnership for 21st century instructional framework reflects the principles of creativity. Roeper Review, 38(3), 153–161. https://doi.org/10.1080/02783193.2016.1183741.

Hernández-Torrano, D., & Ibrayeva, L. (2020). Creativity and education: A bibliometric mapping of the research literature (1975–2019). Thinking Skills and Creativity, 35, 100625. https://doi. org/10.1016/j.tsc.2019.100625.

Hsu, Yu-Chang & Ching, Yu-Hui. (2012). Mobile Microblogging: Using Twitter and Mobile Devices in an Online Course to Promote Learning in Authentic Contexts. The International Review of Research in Open and Distance Learning, 13(4), 211–227.

Juniartimi, NME Rasna, IW. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet dalam Keterampilan Menyimak dan Berbicara untuk Pembelajaran Bahasa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133¬–141.

Laksono, E.I., dkk. (2019). Students’ Perception Towards the Application of Social Media Instagram as an Instructional Media. PROJEK: Professional Journal of English Education, 2(4), 421–428.

Pernantah, P.S., dkk. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Meet dalam Menunjang Keefektifan Belajar Daring Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Pekanbaru. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 45–50. http://pedagogi.ppj.unp.ac.id/

Qomariah, S., & Nursobah, S. L. (2019). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom untuk pembelajaran di Era Revolusi 4.0. SINDIMAS, 1(1), 227-231.

Sánchez-Prieto, J. C., Olmos-Migueláñez, S., & García-Peñalvo, F. J. 2016. "Informal tools in formal contexts: Development of a model to assess the acceptance of mobile technologies among teachers." Computers in Human Behavior 55, 519–528. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.07.002.

Sawitri, D. (2020). Penggunaan google meet untuk work from home di era pandemic coronavirus disease 2019 (COVID-19). Jurnal Prioritas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 13–21. http://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/161.

Setyawan, A., dkk. (2020). Effects of the Google Meet Assisted Method of Learning on Building Student Knowledge and Learning Outcomes. Universal Journal of Educational Research, 8(9), 3924-3936. DOI: 10.13189/ujer.2020.080917.

Septantiningtyas, N., Juhji, J., Sutarman, A., Rahman, A., & Sa’adah, N. (2021, February). Implementation of Google Meet Application in the Learning of Basic Science in the Covid-19 Pandemic Period of Student Learning Interests. In Journal of Physics: Conference Series, 1779(1), (p. 012068). IOP Publishing.

Sholikah., dkk. (2019). The Use of Instagram as a Media to Teach Students’ Writing Recount Text. PROMINENT Journal, 2(2), 148–159.

Syaifuddin. (2013). Microblogging Sebagai Pembentuk Personal Branding (Analisis Isi Microblogging Dalam Membentuk Personal Branding Akun Twitter Fahira Idris). JMA 18(2), 116–139.

Tamimuddin H, M. (2007). Pengenalan Media Pembelajaran Berbasis Mobile (Mobile Learning). (online) tersedia di http://p4tkmatematika.org/

Wicaksono, M. D. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dalam Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran IPSKelas VIII. Inspirasi (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial), 17(1).

Yeh, Y. C., Rega, E. M., & Chen, S. Y. (2019). Enhancing creativity through aesthetics-integrated com-puter-based training: The effectiveness of a FACE approach and exploration of moderators. Comput- ers & Education, 139, 48–64. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.05.007.

Yunus, A.A & Syafi’i, A. (2020). Google Classroom as Learning Platform in Teaching Writing. British, Jurnal Bahasa dan Sastra Inggris, 9(1), 48–64.

Zhang, L. 2013. Mobile phone technology engagement in EFL classroom. International Conference on Software and Computer Science (ICSECS), 171–173.

Zhang, Z., Liu, Y., & Sha, l. (2016). The Use of Microblog, Social Support, and Depression: A Study of Chinese College Students. International Journal of School and Cognitive Psychology, 3(1), 1–5. DOI: 10.4172/2469-9837.1000164.