PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS(HOTS) PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK SISWA SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpk.v6i1.40348Abstract
Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan kemampuan berfikir tingkat tinggi yang dikenalkan kurikulum 2013. HOTS mencangkup beberapa aspek, yaitu: (1) critical thinking and problem solving; (2) creativity; (3) collaboration; dan (4) communication. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan instrumen tes HOTS materi hidrokarbon yang memenuhi aspek HOTS. Penelitian ini menggunakan metode Plomp. Divalidasi oleh 2 orang Dosen Kimia FMIPA UNP dan 4 orang Guru Kimia di Sumatera Barat. Tes ini telah valid secara konten dengan nilai CVR 0.89-1.00. Nilai kappa validitas konstruk yang mencangkup materi, aspek penyajian, aspek bahasa, dan aturan lain secara berturut-turut sebesar 0.88, 0.86, 0.861, dan 0.97. Nilai reliabilitas tes sebesar 0.87 telah diujikan terhadap 32 siswa SMAN 12 Padang.
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.