Pengembangan E-Modul Hidrolisis Garam Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XI SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpk.v6i1.40707Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas dan praktikalitas e-modul hidrolisis garam berbasis pembelajaran penemuan terbimbing untuk kelas XI SMA/MA. Metode penelitian yang digunakan adalah education design research dengan model Plomp yang terdiri dari tahap pleryminary research, prototyping stage dan assassment phase . Subjek penelitian terdiri dari 8 orang validator, 6 peserta didik pada small group dan 18 peserta didik pada field test. Intsrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas, angket uji praktkalitas dan lembar jawaban siswa pada e-modul. Analisis data dengan menggunakan rumus Aiken's V dan statistik deskriptif. Hasil uji validitas konten diperoleh nilai rata-rata Aiken's V sebesar 0,93. Hasil uji validitas konstruk dan validitas ahli media diperoleh nilai rata-rata Aiken's V sebesar 0,86 dan 0,98. Hasil evaluasi satu-satu menunjukkan e-modul yang menarik, huruf yang jelas dan bahasa yang mudah dipahami. Hasil analisis data pada uji small group di peroleh nilai rata-rata persentasi sebesar 89,94% dan 91,52% pada tahap field test . Data ini dibuktikan dengan kemampuan siswa menjawab soal e-modul pada tahap small group dan field test sebesar 83 dan 85 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa e-modul hidrolisis garam berbabis guided discobery learning untuk kelas XI SMA/MA telah valid dan praktis sehingga dapat diuji efektifitasnya.
References
A. Y. Adhim and B. Jatmiko, “Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Dengan Kegiatan Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Pada Materi Suhu dan Kalor,” J. Inov. Pendidik. Fis., vol. 04, no. 03, pp. 77–82, 2015.
Astalini, Darmaji, W. Kurniawan, K. Anwar, and D. A. Kurniawan, “Effectiveness of Using E-Module and E-Assessment,” vol. 13, no. 9, pp. 21–39, 2019.
A. Aulia and Andromeda, “Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Multirepresentasi dan Virtual Laboratory pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit untuk Kelas X SMA / MA,” vol. 1, no. 2, pp. 94–102, 2019.
B. Oktavia, R. Zainul, Guspatni, and A. Putra, “Pengenalan Dan Pengembangan E-Modul Bagi Guru- Guru,” 2018.
Eggen and Paul Don Kouchak, “Strategi dan Model Pembelajaran,” pp. 35–62, 2012, doi: 10.1007/978-3-658-25233-5_3.
H. Fauzi, I. Farida, Y. Sukmawardani, and F. S. Irwansyah, “The making of e-module based in inquiry on chemical bonding concept with representation ability oriented The making of e-module based in inquiry on chemical bonding concept with representation ability oriented,” 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1402/5/055059.
H. Retnawati, Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitan, Yogyakarta. Yogyakarta: Nuhamedika, 2016.
I. Perdana, F. A., Sarwanto, S., Sukarmin, S., & Sujadi, “Development of e-module combining science process skills and dynamics motion material to increasing critical thinking skills and improve student learning motivation senior high school.,” pp. 2012–2016, 2017, doi: https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i 1.5112.
Kemendikbud, “Panduan Praktis Penyusunan E-modul,” 2017.
N. Purwanto, “Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran,” 2016.
R. E. E. Susanti, “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Cyle 6F-Problem Posing Terhadap Motivasi Belajar Pada Materi Hidrolisis Garam,” pp. 254–261, 2019.
Suryosubroto, “Sitem Pengajaran Dengan Modul,” 2002.
Sukardi, “Evaluasi Pendidikan, Prinsip, dan Operasionalnya,” 2012.
T. Plomp and N. Nieveen, “An Introduction to Educational Design Research,” 2007.
Yerimadesi, Y. Kiram, and Lufri, Buku Model Guided Discovery Learning untuk Pembelajaran Kimia (GDL-PK) SMA. padang: Padang: UNP Press, 2017.
Yerimadesi, Y. Kiram, Lufri, and Festiyed, “Development of guided discovery learning based module on colloidal system topic for senior high school,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1116, no. 4, 2018, doi: 10.1088/1742-6596/1116/4/042044.
Z. A. Wahyuni and Yerimadesi, “Praktikalitas E-Modul Kimia Unsur Berbasis Guided Discovery untuk Siswa Sekolah Menengah Atas,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 3, pp. 680–688, 2021.
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.