Pengembangan Butir Soal Literasi Kimia pada Materi Benzena dan Turunannya Kelas XII SMA/MA

Authors

  • Intan Nurul Qoyyimah
  • Eka Yusmaita

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v6i1.40717

Keywords:

Butir Soal Literasi Kimia, MER, Model Rasch

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan butir soal literasi kimia pada materi benzena dan turunannya yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan literasi peserta didik, Pengembangan butir soal literasi kimia pada penelitian ini dengan mengkolaborasikan dua kerangka berfikir, yaitu aspek-aspek literasi kimia yang dikembangkan oleh Shawrtz, dan kerangka level literasi kimia yang dikembangkan oleh Bybee.  Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain Model of Educational Recontruction (MER). Pengujian validitas konten dilakukan oleh oleh lima validator dan akan dianalisis menggunakan model Rasch dengan aplikasi winsteps. Hasil analisis validitas konten/isi pada penelitian ini menunjukkan hasil persetujuan (exact agrrements) sebesar 73,5% dan perkiraan hasil persetujuan sebesar 72,2%. Hasil analisis butir soal literasi kimia memiliki kategori valid dan memiliki nilai reliabilitas 0,96

Published

2022-02-17

Issue

Section

Articles