Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal HOTS Asam Basa Berdasarkan Prosedur Newman
Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal HOTS Asam Basa Berdasarkan Prosedur Newman
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpk.v7i2.61845Abstract
Kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik perlu dianalisa lebih lanjut dengan mengklasifikasikan kesalahan tersebut pada kategori tertentu untuk diarahkan pada perbaikan kesalahan yang lebih spesifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase dan penyebab kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik MAN 1 Pekanbaru dalam menyelesaikan soal HOTS asam basa berdasarkan prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan soal tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 9% peserta didik mengalami kesalahan membaca, 45,67% peserta didik mengalami kesalahan memahami masalah, 34,33% peserta didik mengalami kesalahan transformasi, 38,33% peserta didik mengalami kesalahan keterampilan proses, dan 43,67% peserta didik mengalami kesalahan penulisan jawaban akhir. Hal ini menunjukkan masih terdapat kesulitan yang menyebabkan peserta didik mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal HOTS asam basa.
Kata kunci: Analisis Kesalahan, Asam Basa, Prosedur Newman
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.