Pengembangan Media Pembelajaran Terintegrasi Komik untuk Menunjang Kemampuan Numerik pada Materi Stoikiometri
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpk.v7i2.63452Abstract
Kimia memiliki banyak konsep yang sulit dipahami dengan hanya sekedar membaca teks, namun membutuhkan kemampuan untuk memvisualisasikan struktur atom, molekul, dan reaksi kimia secara 3 dimensi. Sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang menekankan pada konektivitas, keserbagunaan, dan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan numerik pada materi stoikiometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA di MAS Ma’arif 10 Darul Afkar. Pengembangan media pembelajaran terintegrasi komik dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu analisis kebutuhan, perancangan desain, pengembangan produk, uji coba produk, dan revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan dapat menunjang kemampuan numerik siswa pada materi stoikiometri. Selain itu, media pembelajaran ini juga dianggap mudah digunakan dan dapat memotivasi siswa dalam belajar.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Kemampuan Numerik, Stoikiometri
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.