Strategi Pendekatan Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Sepakbola di Kelas X SMA Arinda Palembang

Authors

  • Witer Joel Quispe Taboada Universitas Bina Darma
  • Dewi Septaliza Universitas Bina Darma

Keywords:

Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar, PJOK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar permainan sepakbola kelas X melalui strategi pendekatan interaktif untuk di SMA Arinda Palembang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitin ini dilakukan di SMA Arinda Palembang, dengan subjek penelitian adalah siswa Kelas IV tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 22 siswa, yang terdiri dari 14 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi mengenai pendekatan pembelajaran interaktif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data deskriptif dengan cara menarik kesimpulan dari berbagai data yang sudah dikumpulkan. Analisis data kuantitatif sederhana juga dilakukan untuk menemukan rata-rata hasil belajar siswa. Pada hasil pra siklus ketuntasan belajar siswa adalah 45%, pada siklus I mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 73%, dan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 91%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK materi perkaalian di kelas X di SMA Arinda Palembang.

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Joel Quispe Taboada, W., & Septaliza, D. . (2024). Strategi Pendekatan Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Sepakbola di Kelas X SMA Arinda Palembang. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Undiksha, 15(2), 58–68. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JJPKO/article/view/84373

Issue

Section

Articles