PENGARUH STRATEGI CONCRETE REPRESENTATIONAL ABSTRACT (CRA) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 DAWAN

Authors

  • N. K Sri Widya Lestari
  • Gede Suweken Jurusan Matematika
  • I Wayan Puja Astawa Jurusan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i2.19893

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa
yang mengikuti pembelajaran dengan strategi Concrete Representational Abstract (CRA)
lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran
dengan strategi pembelajaran konvensional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VII SMP Negeri 3 Dawan tahun 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VII A sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VII C sebagai kelompok kontrol.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post-test Only Control
Group Design. Data tes pemahaman konsep matematika siswa dianalisis dengan
menggunakan uji-t satu arah dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji hipotesis
menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti
pembelajaran dengan strategi Concrete Representational Abstract (CRA) lebih baik
daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan
strategi pembelajaran konvensional (thitung (2,9418) > ttabel (1,9996)). Dengan demikian,
penerapan strategi Concrete Representational Abstract (CRA) memberikan pengaruh
positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa.
Kata kunci: Concrete Representational Abstract (CRA), pemahaman konsep
matematika

Downloads

Published

2019-09-03

Issue

Section

Articles