Penerapan Model Pembelajaran Heuristik Vee untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI AP4 SMK Negeri 2 Singaraja.

Authors

  • Ni Komang Riantini
  • I Putu Wisna Ariawan Jurusan Matematika
  • Sariyasa Sariyasa Jurusan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i2.19896

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses peningkatan
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model
pembelajaran Heuristik Vee dan (2) mengetahui tanggapan siswa terhadap
penerapan model pembelajaran Heuristik Vee dalam pembelajaran yang
dilaksanakan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan tiga siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI AP4 SMK
Negeri 2 Singaraja sebanyak 40 orang. Data kemampuan pemahaman
konsep matematika siswa dikumpulkan menggunakan angket. Data yang
telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa persentase banyaknya siswa dengan kemampuan pemahaman
konsep matematika yang berada pada kategori tuntas pada siklus I, siklus II,
dan siklus III berturut-turut yaitu: 25%, 55%, dan 85%. Peningkatan
pemahaman konsep matematika siswa tercapai karena beberapa hal yaitu
siswa aktif dalam bereksplorasi dan bereksperimen, sehingga siswa mampu
menemukan sendiri konsep yang dipelajari dan setiap siswa dibiasakan untuk
mampu mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya sehingga siswa
melakukan diskusi dengan serius. Hal ini berdampak pada peningkatan
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Tanggapan siswa kelas
XI AP4 SMK Negeri 2 Singaraja terhadap penerapan model pembelajaran
Heuristik Vee berada pada kategori positif. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata
skor tanggapan siswa yaitu 62,93%
Kata kunci: model pembelajaran Heuristik Vee, kemampuan pemahaman
konsep matematika

Downloads

Published

2019-09-03

Issue

Section

Articles