PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII-1 SMP LABORATORIUM UNDIKSHA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i2.19903Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan model pembelajaran process oriented guidedinquiry learning (POGIL) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan (2)
tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran POGIL. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP
Laboratorium Undiksha sebanyak 26 siswa pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Data
komunikasi matematis siswa dikumpulkan menggunakan tes komunikasi matematis dan tanggapan
siswa dikumpulkan menggunakan angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan
rata-rata nilai dari 43,59 pada refleksi awal terus meningkat dari siklus ke siklus menjadi 83,33 pada
siklus III dari nilai maksimal 100. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 7,69% pada
refleksi awal menjadi 84,62% pada siklus III. Rata-rata skor tanggapan siswa telah berada dalam
kategori positif. Peningkatan pada setiap siklus terjadi karena guru lebih menekankan pada: (1)
penggalian informasi secara aktif oleh siswa dengan menyelesaikan permasalahan pada kegiatan
eksplorasi, (2) menganalisa informasi yang telah diperoleh serta mengevaluasi ide dan gagasan
berdasarkan informasi, (3) memperbanyak latihan soal sehingga siswa banyak berlatih dalam
mengekspresikan dan menuliskan ide yang mereka miliki menggunakan notasi matematika, (4)
menayangkan video yang berkaitan dengan manfaat dari materi yang dipelajari untuk memotivasi siswa.
Kata kunci: POGIL, Kemampuan Komunikasi Matematis, Tanggapan.
Downloads
Published
2019-09-03
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.