PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE BERBANTUAN MASALAH TERBUKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i2.19909Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalahmatematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran
IMPROVE berbantuan masalah terbuka lebih baik daripada kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jenis
penelitian ini adalah ekperimen semu dengan desain penelitian post test only control
group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP
Laboratorium Undiksha tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 99 siswa. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel
penelitian sebanyak 49 siswa. Data kemampuan pemecahan masalah siswa
dikumpulkan melalui tes uraian yang diberikan kepada siswa di akhir penelitian. Ratarata
nilai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan
dengan model pembelajaran IMPROVE berbantuan masalah terbuka adalah 66,16
dan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang
mengikuti pembelajaran konvensional adalah 54. Analisis data menggunakan uji-t
satu ekor yaitu ekor kanan, dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa nilai thitung=4,125 lebih dari ttabel=2,011. Nilai statistik ini memiliki
makna bahwa kemampuan pemecahan matematika siswa mengikuti pembelajaran
dengan model pembelajaran IMPROVE berbantuan masalah terbuka lebih baik
daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti
pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran IMPROVE berbantuan masalah terbuka memiliki pengaruh positif
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, model pembelajaran IMPROVE,
masalah terbuka
Downloads
Published
2019-09-03
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.