PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTER BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 3 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i2.19923Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MASTERberbantuan mind mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian adalah
Post Test Only Control Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
MIPA SMA Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 yang diambil menggunakkan teknik
cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan tes kemampuan pemecahan
masalah matematika yang diberikan kepada siswa dalam bentuk tes uraian dan
diberikan di akhir penelitian. Data hasil tes kemampuan pemecahan masalah
matematika dianalisis menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf siginifikansi 5%. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa thitung = 3,606938 > ttabel = 1,998341 sehingga 0 H
ditolak. Ini berarti, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang
dibelajarkan dengan model pembelajaran MASTER berbantuan mind mapping lebih
baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan
dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran MASTER berbantuan mind mapping
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Kata kunci: model pembelajaran MASTER, mind mapping, pemecahan masalah
matematika
Downloads
Published
2019-09-03
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.